Cara Cek Bantuan BPNT Lewat Hp dengan Mudah

Cara cek bantuan BPNT lewat Hp itu cukup mudah. Pengelola BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai, dalam hal ini pemerintah sudah memberikan sarana informasi yang bisa diakses dengan mudah. Jadi, proses dalam cek bantuan tersebut bisa dilakukan dengan Hp.

Bantuan ini memang menyasar warga yang miskin yang membutuhkan pangan. Program ini dibuat untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus bentuk perlindungan sosial. Biar jelas, ini dia cara cek bantuan BPNT lewat Hp berserta hal – hal lain tentang bantuan tersebut.

Cara Mudah Cek Bantuan BPNT Lewat Hp

Proses untuk memeriksa atau cek bantuan BPNT memang bisa pakai Hp. Dengan melakukan pemeriksaan lewat Hp, segala informasi tentang BPNT bisa dilihat. Berikut ini tata cara mudah dalam memeriksa atau cek bantuan BPNT lewat Hp.

  • Akses halaman website resmi: cekbasnsos.kemensos.go.id
  • Pilih provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan informasi di KTP
  • Masukkan nama sesuai dengan informasi di KTP masing – masing
  • Ketik kode huruf yang muncul sesuai dengan gambar yang tertera
  • Klik tombol ‘cari data’ untuk melihat status penerimaan
  • Jika termasuk penerima, akan muncul informasi nama Anda

Siapa yang Berhak Menerima BPNT?

Informasi penting yang juga harus dipahami adalah siapa saja yang berhak menerima BPNT. Memang ada syarat khusus untuk dapatkan bantuan dari BPNT. Berikut ini penjelasan mengenai siapa saja yang berhak menerima bantuan dari BPNT.

1. Keluarga Tidak Mampu

Salah satu kriteria penerima dari bantuan BPNNT adalah keluarga tidak mampu. Keluarga tak mampu atau miskin akan mendapatkan bantuan langsung pada program BPNT ini. Keluarga yang tak mampu pasti bisa langsung dapatkan program bantuan satu ini.

2. Masyarakat yang Tidak Menerima Gaji Minimal UMR

Masyarakat yang tidak menerima gaji minimal UMR di daerahnya masing – masing juga bisa menerima bantuan dari BPNT. Bantuan ini memang disasarkan juga kepada mereka yang gajinya masih di bawah UMR.

3. Masyarakat yang Sudah Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Masyarakat yang sudah terdaftar di Data Terpady Kesejahteraan Sosial dari Kemensos juga bisa dapatkan BPNT ini. Sistem yang ada di Kemensos memang sudah lengkap datanya mengenai siapa saja yang berhak terima bantuan BPNT ini.

Apa Saja Isi Bantuan dari BPNT?

Hal yang juga jadi pertanyaan berikutnya adalah apa saja isi dari bantuan BPNT. Bantuan ini memang terdiri dari beberapa hal. Berikut ini adalah isi dari bantuan pangan non tunai yang diberikan pemerintah kepada maysarakat yang membutuhkan.

1. Uang Tunai Rp 600 Ribu

Ada dua jenis bantuan yang bisa diperoleh dari program BPNT. Pertama adalah bantuan tunai langsung yang nilainya Rp 600 ribu. Jumlah uang Rp 600 ribu itu akan didapatkan per bulan oleh para penerima yang sudah terdaftar.

2. Uang Tunai Rp 400 Ribu dan 10 kg Beras

Selain uang tunai, penerima juga bisa dapatkan bantuan berupa uang tunai Rp 400 ribu dengan tambahan 10 kg beras. Bantuan uang tunai plus beras ini juga bisa didapatkan setiap bulannya kepada para penerima BPNT yang sudah terdaftar.

Tujuan Utama Program BPNT

Ada sejumlah tujuan utama dari program BPNT. Tentu ada tujuan yang ingin dicapai dari program Kementerian Sosial tersebut. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari dimunculkannya program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT.

1. Memberi Bantuan kepada Warga Membutuhkan

Tujuan utama dari keberadaan program BPNT adalah memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Bantuan kepada warga yang membutuhkan memang jadi target utama untuk dari program Kemensos satu ini.

2. Mengatasi Masalah Kemiskinan

Perlu dipahami juga kalau tujuan dari dimunculkannya program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT adalah atasi masalah kemiskinan. Program ini diharapkan bisa mengatasi sejumlah masalah kemiskinan di Indonesia.

3. Upaya Pemberian Gizi yang Seimbang kepada Warga Membutuhkan

Program ini juga bertujuan untuk memberikan gizi yang seimbang kepada semua warga yang membutuhkan. Usaha untuk memberikan gizi yang baik kepada warga miskin memang jadi sasarannya. Oleh sebab itu, program ini memang dimunculkan.

4. Memenuhi Kebutuhan Pangan Warga Membutuhkan

Pahamilah juga kalau tujuan dari dimunculkannya program Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT adalah memenuhi kebutuhan pangan warga miskin. Bantuan yang didapatkan per bula diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dalam membeli bahan pangan.

FAQ | Cara Cek Bantuan BPNT Lewat Hp

Bantuan BPNT didapatkan berapa bulan sekali?

Bantuan dari BPNT akan didapatkan sebulan sekali.

Berapa Besaran Nilai Bantuan dari program BPNT?

Total nilai bantuan dari BPNT adalah Rp 600 ribu atau Rp 400 ribu dengan beras 10 kg.

Bagaimana Cara Mendaftar BPNT?

Untuk mendapatkan BPNT bisa mengajukan ke kantor kelurahan terdekat.

Artikel Menarik Lainnya: