Cara Cek BPKB Online Jawa Barat Dan Jawa Timur (Mudah)

Cara Cek BPKB Online Jawa Barat dan Jawa Timur (Mudah)

Cara Cek BPKB Online Jawa Barat dan Jawa Timur (Mudah)

Cara Cek BPKB Online memang penting sekali di lakukan pada saat kamu akan melakukan pembelian kendaraan.

Dengan mengetahui cara cek BPKB akan sedikit menjamin kamu dalam melakukan pembelian kendaraan dari perorangan. Untuk lebih memahami bagaimana cara meng cek BPKB Online kami Media Mustakim akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Fungsi Cek BPKB Online

Ketika kamu hendak ingin melakukan pembelian kendaraan dari perorangan tentu kamu harus memastikan surat-surat kendaraannya sebelum kamu melakukan pembelian, karena hal itu sangat penting dilakukan untuk menjamin bahwa kendaraan yang kamu beli benar-benar memiliki surat yang sah sebagaimana dalam ketentuan peratutan perundag-undagan.

Dengan begitu pemerintah telah menyediakan banyak pelayanannya dengan mudah untuk melindungi masyarakat-masyarakatnya salah satunya dengan menyediakan pengecekan BPKB dapat dilakukan secara online. Dengan adanya cara pengecekan BPKB secara online masyarakat akan lebih berhati-hati ketika melakukan pembelian kendaraan dari perorangan.

Syarat Cek BPKB Online

Sebelum kamu mengetahui cara-cara pengecekan BPKB secara online maka kamu harus memperhatikan syarat-syaratnya terlebih dahulu agar proses pengecekan dapat berjalan dengan lancar. Untuk syarat-syaratnya dapat diperhatikan dalam langkah-langkah berkut di bawah ini;

  • Syarat pertama yang harus kamu perhatikan yaitu media yang akan digunkan untuk pengecekan seara online yaitu kuota internet
  • Syarat selanjutnya yaitu dengan memiliki pulsa karena pengecean juga dapat dilakuan secara SMS
  • Kemudian dengan memperhatikan wilayah tinggal atau kode keluaran kendaraan yang tercata dari daerah mana.
  • Mengetahui alamat website resmi atau e samsat sesuai wilayah
  • Syarat selanjutnya yaitu mendownload aplikasi e samsat

Cara Cek BPKB Online

Dalam meng cek BPKB online dapat dilakukan dengan berbagai cara serta dapat dengan kesesuaian wilayah yang ingin kamu gunakan. Namun selain dapat dilakukan secara online juga dapat dilakukan dengan cara SMS.

Dalam melakukan pengecekan BPKB dengan menggunakan SMS untuk wilayah Jawa Barat dapat dengan mengirim SMS dengan format Poldajabar+Plat nomor Kendaraan dan kirim ke 3977. Wilayah Jawa Tengah dengan SMS ke nomor 9600. Dan untuk wilayah lainnya kamu dapat mencari dari website resmi.

1. Cara Cek BPKB Online Melalui Aplikasi E-Samsat

Dalam melakukan cek BPKB online melalui aplilkasi e-ssamsat kamu dapat mendownloadnya di google playstore hp kamu. Untuk caranya dapat diperhatikan dalam langkah-langkah berikut di bawah ini;

  • Donlowad aplikasi e-samsat dari google playstore setelah aplikasi terdownload masuk dan lengkapi data diri serta data kendaraan yang akmu miliki
  • Setelah selesai langkah selanjutnya yaitu cek data kendaraan maka secara otomatis sistem akan memberikan informasi kesesuaian data dan ke aslian BPKB kendaraan yang kamu miliki
  • Selain untuk pengecekan BPKB e-samsat juga dapat digunakan untuk mecari informasi mengenai pajak kendaraan dan sebagainya.

2. Cara Cek BPKB Online Melalui Website

Dalam meng cek BPKB Online melalui website maka pastikan kamu mengetahu Kode kendaraan tersebut seperti dalam nomor kenaraan dengan huruf kode D, berarti kendaraan tersebut dari daerah Bandung, Cimahi dan bandung Barat, huruf Z dari daerah Banjar, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Sumedang.

Cara Cek BPKB Online melalui website apat diperhatikan dalam poin-poin berikut di bawah ini;

2.1 Cara Cek BPKB Online Wilayah Jawa Barat

  • Langkah pertama yang harus lakukan yaitu kamu membuka situs resmi bapenda.jabarprov.go.id
  • Setelah situs terbuka maka kamu akan diminta memasukan nomor kendaraan, warna TNKB dan kode captcha
  • Setelah selesai maka klik cari
  • Maka Sistem akan menampilkan data kendaraan tersebut

2.2 Cara Cek BPKB Online Wilayah Jawa Timur

Dalam meng cek BPKB kendaraan secara online untuk daerah jatim dan Jawa tengh di kutif dari bcafinance dengan mengunjungi situs ” Info.dipendajatim.go.id ” dan untuk wilayah Jawa Tengah juga dapat dengan menggunakan aplikasi Sakpole.

  • Langkah pertama yang harus lakukan yaitu kamu membuka situs resmi info.dipendajatim.go.id
  • Setelah situs terbuka maka kamu akan diminta memasukan Samsat asal kendaraan
  • Kemudian masukan nomor Polisi kendaraan
  • Yang terakhir diminta untuk memasukan kode keamanan (captcha)
  • Setelah selesai maka klik Cek Data Kendaraan
  • Maka Sistem akan menampilkan data kendaraan tersebut

Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

Setelah kamu tahu cara meng cek keaslian BPKB secara online ada kala baiknya kamu harus tau cara membedakan BPKB yang asli dan Plasu. Dengan mengetahui cara membedakan ke aslian BPKB dengan begitu maka kamu akan merasa aman saat beli kendaraan dari perorangan.

Lalu bagaimana cara membedakannya, Keaslian BPKB dapat dibedakan melihat dari pisik dan data BPKB itu sendiri untuk langkahnya dapat diperhatikan penjelasan berikut di bawah ini yang di kuti dari ” bcafinance.co.id “

  • Sampul BPKB harus terlihat mengkilap, dengan melihat sampul BPKB akan terlihat mengkilaf jika BPKB kendaraan tersebut benar-benar asli dengan melihat BPKB tersebut di tempat yang terang atau di bawah sianar matahari
  • Memastikan warna Hologram BPKB tidak berubah, BPKB yang asli biasanya akan memiliki hologram dengan warna abu-abu, jika warna hologram dengan warna abu-abu namun saat di lihat warna hologram tersebut berubah itu dapat dipastikan BPKB tidak asli
  • Dengan Melihat Nomor seri BPKB, BPKB asli pasti akan memiliki nomor seri yang terletak di bawah hologram, nomor seri tersebut merupakan kode-kode kepolisian dimana BPKB diterbitkan dari suatu tempat.
  • Kesesuaian Data Kendaraan dan Pemilik, BPKB asli akan memiliki data kepemilikan kendaraan yang tidak akan berubah dari saat BPKB diterbitkan. dengan begitu kamu dapat meng ceknya di situs resmi baik secara online maupun offline untuk memastikan kesamaan data kendaraan tersebut.
  • Memeriksa Lambang Korlantas, dengan memeriksa lambang korlantas pada BPKB tersebut dengan menggunakan cahaya ultaviolet atau di bawah sinar matahari jika lambang korlantas terlihat maka apat dipastikan BPKB tersebut asli, serta juga dapat dilakukan dengan meraba jika benar asli maka akan terasa kasar.

FAQ | Cek BPKB Online

Berikut dibawah ini merupakan pertanyaan seputar cara cek BPKB onine.

Apakah Bisa BPKB yang terblokir di cek secara online ?

Jika kendaraan kamu sedang mengelami keblokir atau status sedang diblokir tentu saja dapat di cek secara online melalui website resmi e-samsat dan bahkan dapat membuka pembelokirannya di kantor samsat sesuai dengan persyaratan-persyaratannya.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: