Cara Cek Hardisk Laptop SSD atau HDD dengan Mudah

Penyimpanan laptop SSD atau HDD menjadi salah satu fitur yang sangat penting dan dipertimbangkan sebelum membeli laptop sebab keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam sistem perangkat.

Lalu bagaimana cara cek hardisk laptop SSD atau HDD? Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap bagaimana caranya.

Apa Itu SSD dan HDD?

Kita pahami dulu bahwa penyimpanan di laptop ini bisa menggunakan SSD dan juga HDD dimana keduanya juga bermanfaat untuk perangkat yang kamu gunakan.

Jadi, SSD ini merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan IC sebagai memori untuk menyimpan data, intruksi dan juga informasi.

Sedangkan HDD yaitu merupakan singkatan dari Hard Disk Drive yang juga memiliki fungsi sebagai penyimpanan data dalam laptop meski dianggap serupa keduanya memiliki perbedaan yang cukup beda.

Kamu akan mengetahui beberapa perbedaan dari SSD dan HDD pada penjelasan lengkap di artikel di bawah ini.

Perbedaan Hardisk Laptop SSD dan HHD

Nah, sebelum beranjak ke cara cek hardisk laptop SSD atau HDD kamu perlu ketahui dulu apa sih perbedaan dari keduanya dan kami telah buatkan tabel perbedaan antara keduanya agar kamu lebih mudah dalam memahaminya.

 SSDHDD
KepanjanganSSD yaitu kepanjangan dari Solid State DriveSedangkan HDD yaitu Hard Disk Drive
Cara KerjanyaSSD menyimpan data di sirkuit elektronikDan HDD menyimpan data pada piringan-piringan magnetik yang bergerak secara mekanis
Proses membacaProses membaca SSD ini dimulai dari pengontrolan SSD dan menemukan alamat yang tepat dan membaca muatannyaSedangkan HDD pengontrol I/O HDD mengirimkan sinyal yang menggerakkan lengan aktuator. Head baca/tulis kemudian membaca muatan
Proses TulisJika SSD menyalin data ke blok baru lalu menghapus blok lama. Setelah itu, SSD menulis yang baru ke blok lama dengan mengubah isinyaSedangkan HDD menggerakan head baca/tulis ke lokasi terdekat yang tersedia. Setelah itu, HDD menulis data yang mengubah muatan bit di area tersebut.
PerformaSSD ini lebih cepat, SSD juga lebih hening dan berjalan dengan lebih dinginNamun, HDD lebih lambat karena piringannya harus bergerak. HDD menghasilkan lebih banyak panas dan berisik.
KetahananSSD ini bersifat elektrik, sehingga membuatnya lebih tahan terhadap kerusakanSedangkan HDD ini memiliki komponen mekanis yang bergerak yang membuatnya kurang tahan lama.
BiayaSSD ini lebih mahalSedangkan GDD lebih murah dan volume penyimpanan lebih besar secara komersial sangat populer.

Jadi, dari penjelasan di atas kita telah pahami bahwa SSD dan HDD ini sangat berbeda dan menurut kami pribadi dalam hal proses data, sudah pasti SSD akan lebih cepat ketimbang HDD.

Karena, tidak ada jeda dalam proses secara digital sehingga penggunaan ini bisa sampai 25 sampai 100 kali lebih cepat ketimbang HDD. Hanya saja SSD lebih mahal dibandingkan HDD yang lebih ekonomis harganya.

Cara Cek Hardisk Laptop SSD atau HDD

Ternyata ada banyak cara cek hardisk laptop SSD atau HDD kamu bisa menggunakan Defragment, Powershell, Task Manager dan juga Device Manager.

Dan untuk lebih lengkap langkah-langkah cara penggunaannya kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara ceknya.

1. Cara cek Menggunakan Device Manager

Nah, untuk cara cek hardisk laptop SSD atau HDD yang pertama kamu bisa menggnakan menu Device Manager adapun langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa nyalakan laptop yang ingin kamu cek hardisknya terlebih dahulu
  • Setelah hidup kamu buka terlebih dahulu Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan pilih menu “Device Manager”
  • Setelah itu, maka akan muncul menu “Device Manager” dan klik ganda pada menu “Disk Driver”
  • Selanjutnya kamu bisa pilih salah satu hard disk yang ingin kamu ketahui jenis partisinya
  • Kemudian kamu bisa klik menu “Volumes” dan menu “Populate” untuk mengetahui informasi hard disk secara terperinci
  • Dan selesai

Demikian cara cek hardisk laptop SSD atau HDD menggunakan menu Device Manager dan ternyata cukup mudah bukan? selanjutnya mari kita bahas dengan cara selanjutnya di bawah ini.

2. Cara Cek Hardisk Laptop SSD atau HDD menggunakan Defragment

Selain menggunakan cara di atas kamu juga bisa mencoba cara cek hardisk laptop SSD atau HDD menggunakan Defragment dan berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk bisa menggunakan cara ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukana dalah nyalakan laptop yang ingin kamu cek hardisknya terlebih dahulu
  • Selanjutnya pada layar utama kamu bsia klik tombol Windows
  • Setelah itu kamu bisa ketikan “Defragment” pada kolom pencarian dan setelah selesai kamu bisa tekan enter
  • Setelah itu, maka layar akan menampilkan jenis hardisk yang terpasang di perangkat elektronik yang kamu miliki
  • Dan selesai

3. Cara Cek Hardisk Laptop SSD dan HDD menggunakan PowerShell

Selain menggunakan Defragment atau Device Manager kamu juga bisa loh melakukan cara cek hardisk laptop SSD atau HDD menggunakan PowerShell dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk cara cek nya.

  • Langkah pertama kamu bisa pastikan jika laptop yang ingin kamu cek dalam keadaan menyala terlebih dahulu
  • Selanjutnya kamu bisa tekan tombol window+ S
  • Setelah itu, kamu bisa ketik “PowerShell” pada kolom pencarian yang tersedia
  • Dan kmeudian klik “Windows PowerShell”
  • Dan kemu bisa ketikkan perintah “Get-PhysicalDisk”
  • Dan berikutnya kamu dapat melihat jenis hard Disk yang terpasang dalam laptop di bawah menu “MediaType”
  • Dan selesai

3. Menggunakan Task Manager

Mengecek SSD dan HDD kamu bisa menggunakan Task Manager dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menggunakan cara ini yaitu:

  • Langkah pertama kamu bsia buka kolom pencarian pada laptop kamu kemudian ketikkan task Manager lalu enter
  • Kemudian secara otomatis laptop dan komputer kamu akan menampilkan jendela Task Manager
  • Dan selanjutnya kamu bisa klik bagian performance kemudian kamu pilih Disk
  • Dan kamu bisa mengetahui kapasitas SSD dan HDD yang terpasang pada laptop maupun komputer kamu dengan mudah

Demikian beberapa cara cek hardisk laptop SSD atau HDD yang bisa kamu coba lakukan dan tentunya semua cara di atas sangat mudah. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Cek Hardisk Laptop SSD atau HDD

Cara mengetahui apakah laptop kita SSD atau HDD?

Kamu bisa ketikan di task manager di kolom pencarian atau pengguna bisa menekan CTRL+ shift+ESC secara bersamaan setelah itu klik pada bagian “Performance” dan pilih “Disk 0”.

Lebih baik menggunakan SSD atau HDD?

SSD lebih bisa dikatakan sebagai perangkat penyimpanan yang lebih baik dibandingkan HDD hanya saja harganya yang cukup mahal dibandingkan HDD.

Artikel Menarik Lainnya: