3 Cara Cek Hardisk Laptop Paling Mudah Dan Sat Set

3 Cara Cek Hardisk Laptop Paling Mudah dan Sat Set

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara cek hardisk laptop ternyata tidak terlalu sulit ada banyak cara yang bisa kamu lakukan kamu bisa menggunakan fitur bawaan atau juga aplikasi tambahan. Karena cek hardisk harus dilakukan secara rutin untuk memantau kinerjanya.

Karena hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam laptop dan mempengaruhi kinerja laptop. Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara cek hardisk laptop dan fungsi serta cara merawat hardisk.

Fungsi Hardisk di Laptop

Sebelum beranjak ke cara cek hardisk di laptop kamu pahami dulu apa sih hardisk dan juga fungsinya. Jadi, hardisk ini adalah komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital.

Seperti dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi dan sistem operasi maupun konten digital tersimpan di hardisk. Nah, hardisk ini memiliki beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui, dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menyimpan Data Software

Fungsi pertama dari hardisk ini adalah untuk menyimpan data perangkat lunak, penyimpanan data dari perangkat lunak dilakukan software tersebut dapat dibuka dan dijalankan pada perangkat komputer.

2. Backup Data

Selain untuk menyimpan data, beberapa orang memanfaatkan hardisk untuk sarana backup website dan file komputer mereka berkat kapasitas penyimpanan hardisk yang besar, tempat penyimpanan secondary ini memang cocok untuk dijadikan backup.

Dan umumnya saat perangkat komputer kita rusak, file yang ada dalam tempat penyimpanan kedua ini akan tetap aman dan bisa diakses. Hardisk juga menyediakan jenis external yang portabel jika menyimpan data.

3. Tempat penyimpanan database

Seperti yang diketahui, salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer adalah database. Dan umumnya disimpan di dalam hardisk pada komputer server. Dan hal ini memudahkan akses dari berbagai Cilent yang ingin mengaksesnya.

Jadi, hardisk yang digunakan untuk menjadi server ini membutuhkan hardisk dengan kapasitas tinggi agar tidak terjadi masalah saat pengambilan data nantinya.

4. Menyimpan data dari Operating System (OS)

Selanjutnya fungsi hardisk ini juga tempat penyimpanan data dari OS biasanya OS yang digunakan pada sebuah komputer kebanyakan adalah windows. Baik windows maupun OS membutuhkan hardisk untuk mengoperasikan sebuah komputer.

5. Menyimpan Berbagai File pengguna

Hardisk juga kerap kali digunakan untuk menyimpan berbagai file, bagi pengguna fungsi hardisk sangat vital sebagai tempat menyimpan segala macam data, file serta dokumen virtual lainnya.

Cara Kerja Hardisk

Pada hardisk ini terdapat sebuah komponen yang bernama platter yang terdiri dari material magnetik, gaya magnet ini digunakan pada penyimpanan komputer karena dengan demikian data pada komputer dapat tersimpan meski perangkat telah dimatikan.

Ketika kamu menyimpan data pada hardisk data tersebut tidak hanya langsung ditulis begitu saja di platter. Namun, data tersebut disimpan dengan sangat rapi pada bola platter dan bit data tersusun secara konsentris dan melingkar yang kemudian disebut sebagai track.

Dan setiap track dipecah menjadi area yang lebih kecil yang disebut sector sehingga begitu banyak informasi data yang dapat kita simpan pada hardisk meski dengan ukurannya yang terbilang kecil.

Cara Cek Hardisk Laptop dengan Mudah

Perlu kamu ketahui bahwa masa pakai suatu hardisk ini bisa berbeda-beda tergantung kualitas pabrikan, pemakaian dan lainnya. sehingga kamu perlu cara cek hardisk laptop dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Cara Cek Hardisk Laptop dengan Tools Pabrikan

Cara yang paling gampang dan sering digunakan untuk mengecek hardisk adalah dengan menggunakan tools khusus dari pabrikan hardisk. Kebanyakan pabrikan umumnya telah menyediakan tools gratis untuk memantau kinerja hardisk.

Dan berikut beberapa langkah cara cek hardisk laptop dengan tools pabrikan ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukana dalah cari tahu produsen hardisk yang kamu gunakan dengan cara masuk ke Device Manager yang ada pada laptop
  • Selanjutnya kamu bisa klik opsi Disk Drivers lalu klik simbol segitiga kemudian catat nomor model hardisk yang muncul
  • Kemduian tuliskan nomor model hardisk tadi ke kolom pencarian Google
  • Setelah mengetahui pabrikannya lalu kunjungi website resminya lalu buka halaman dukungannya dan cari utilitas hard drive

2. Cara Cek Hardisk Laptop Menggunakan Windows CHKDSK

Tools ini merupakan fitur bawaan windows yang sudah pasti ada di semua laptop berbasis windows. Tools ini bisa menemukan kesalahan sistem atau bad fektor dengan cara meminta hardisk laptop.

Dan bahkan tools ini juga bisa mengatasi masalah besar yang terjadi pada hardisk. Dan jika kamu tertarik untuk cara cek hardisk laptop menggunakan cara ini kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini untuk cara mudahnya.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukana dalah klik kanan pada hardisk yang ingin dicek lalu klik Properties
  • Selanjutnya kamu bisa pilih menu tools pada tab yang muncul lalu pilih opsi pengecekan yang tersedia pada kotak dialog
  • Dan kemudian kamu bisa klik chek atau chek now untuk melakukan pengecekan dan perbaikan hardisk

3. Cara Cek Hardsik Lapto Melalui Perintah WMIC

Cara cek hardisk laptop selanjutnya kamu bisa menggunakan perintah WMIC. WMIC ini merupakan comand line interface yang memungkinkan pengguna laptop untuk menjalankan berbagai tugas administratif.

Termasuk mengecek hardisk. Dan berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menggunakan cara ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa tekan windows + R dan setelah itu kamu bisa klik CMD dan OK
  • Dan untuk membuka Command Prompt Windows
  • Dan selanjutnya kamu bisa ketik WMIC pada kolom yang tersedia lalu ketik lagi “Diksdrive get status” dan enter lagi
  • Kemduain status hardisk akan ditampilkan pada layar laptop
  • Dan selesai

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara cek hardisk laptop baik menggunakan fitur bawaan atau tools yang bisa kamu manfaatkan selanjutnya mari kita bahas apa saja rekomendasi hardisk laptop yang berkualitas.

Rekomendasi Hardisk Laptop Berkualitas

Berikut beberapa daftaran hardisk laptop yang cukup berkualitas, diantaranya adalah:

  1. Toshiba Canvio Ready 2TB Hardisk Eksternal USB 3.2 Black Free Pouch
  2. VRS TQ Design 2.5 Inch to 3.5 Inch HDD Enclosure
  3. Seagate Hardisk Eksternal One Touch 2.5 Inch 1 TB Blue Free Pouch
  4. Wetern Digital My Passport Ultra 1TB Hardisk Eksternal USB-C dan USB 3.0 Silver Free Pouch Free Calender
  5. Adata HD650 Hardisk Ekternal Merah

Itulah beberapa hardisk yang menjadi rekomendasi untuk kamu coba karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

FAQ| Pertanyaan Seputar cara Cek Hardisk Laptop

Dimana letak hardisk laptop?

Hardisk laptop ini berada di bagian bawah sebuah laptop dan umumnya kita bisa menemukan baterai laptop, hardisk kita bisa menemukan baterai laptop, hardisk dan memory serta sebuah stiker cd key windows.

Kenapa hardisk ekternal tidak terbaca?

Karena tidak dikenali, atau ada kesalahan file system pada HDD Eksternal sepertti port rusak, dan lain-lain.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: