10 Cara Cek Hp iPhone Asli atau KW, Baca Ini Sebelum Beli

Cara cek hp iPhone asli atau KW sangat penting terutama bagi kamu yang baru pertama kali mau beli iPhone. Iphone merupakan salah satu handphone impian banyak orang hingga banyak orang memutuskan beli iPhone KW.

1 Fashion murah

Peredaran iPhone KW juga sangat tinggi karena ada peminatnya. Kalau kamu beli HP iPhone yang asli, pahami cara cek hp iPhone asli atau KW melalui informasi berikut ini.

fashion muslim murah

Mengenal iPhone KW

Ada beragam jenis iPhone yang beredar saat ini mulai dari versi rekondisi, second, hingga HDC. Versi HDC paling sering dipilih karena harganya murah dan terlihat mirip dengan IOS asli.

iPhone HDC sering ditemukan baik di toko offline maupun online sebelum beli barang KW kamu harus memeriksanya secara langsung. Agar lebih mudah, kamu harus memiliki pembanding dengan membawa iphone yang asli.

Cara Cek HP iPhone Asli dan KW

Membeli handphone HDC sangat merugikan karena tidak terjamin aman dan kualitas mesin yang buruk. Pahami cara cek hp iPhone asli atau KW berikut ini.

1. Lihat dari Perbandingan Harga

Cara paling gampang membedakan iPhone asli dan imitasi salah satunya bisa dilihat dari harga. Di marketplace, handphone HDC seri iPhone 14 pro max dijual dengan harga Rp 1.138.500.

1 Fashion murah

Sementara itu harga yang asli mencapai Rp 19.999.000 dari harga saja sudah beda jauh. Bila kamu belum mengenal IOS pastikan pelajari dulu dari harga agar tidak tertipu.

2. Cek Garansi

Cara cek hp iPhone asli atau KW sangat mudah salah satunya menggunakan garansi. Handphone HDC pasti tidak memiliki surat garansi resmi sehingga sangat merugikan. Perangkat yang asli memiliki garansi resmi iBox sehingga terjamin lebih aman.

Banyak oknum yang klaim produknya asli padahal HDC hingga bekas pakai, ketika ada masalah garansi tidak dapat digunakan. Selain itu, perangkat palsu rentan kena virus berbahaya.

3. Cek Keaslian Perangkat Melalui App Store dan iTunes

Kamu bisa cek hp asli atau kw melalui App Store dan iTunes, kedua aplikasi tersebut hanya tersedia di iPhone asli. Biasanya, HDC tidak memiliki App Store tapi di manipulasi dengan Play Store maupun aplikasi browser lain.

Handphone asli pasti punya garansi sehingga menggunakan sistem operasi IOS. Sistem ini tidak akan ditemukan dalam versi HDC sehingga lebih mudah dibedakan.

4. Periksa Nomor IMEI

Hp iPhone asli, KW, hingga hp intern bisa dibedakan melalui nomor IMEI. Hati-hati jangan sampai terkecoh karena ada juga iPhone asli versi intern yang melewati Bea Cukai sehingga menggunakan IMEI palsu.

1 Fashion murah

Untuk membedakan jenis-jenis hp tersebut, kamu bisa memeriksanya melalui IMEI. Nomor IMEI dapat diperiksa melalui website Kemenperin, kalau tidak terdaftar berarti hp tersebut KW.

5. Lihat Kualitas Layar

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk memeriksa hp asli atau kw dapat dilihat dari kualitas layar. Kamu dapat menggunakan hp asli sebagai pembanding agar bisa mengetahuinya dengan mudah.  

Layar Hp asli lebih jernih, tajam, dan halus ketika digunakan. Sementara itu, hp palsu lebih buram dan terlihat murah bahkan dengan layar hp android pun beda jauh.

6. Periksa Slot Dual SIM serta SD Card

Cara cek hp iPhone asli atau KW mudah dilakukan salah satunya memastikan tidak ada SD card di hp. Apple tidak pernah menambahkan SD card, kalau ada fitur ini maka perangkat tersebut pasti palsu.

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh kalau kamu mau beli produk Apple secara offline dan bukan di toko resmi. Dengan memeriksa secara cermat, kamu tidak akan kena tipu barang HDC maupun hp bekas yang diakui baru.

7. Periksa Material Body Perangkat yang Digunakan

Bagi orang awam membedakan hp HDC dengan asli tidak mudah apalagi dus penjualannya pun sangat mirip. Sekilas, penampilan iPhone HDC sangat halus mirip dengan yang asli namun tombolnya kurang nyaman digunakan.

1 Fashion murah

Ketika kamu mengetuk body belakang iPhone HDC sangat terasa lebih ringan berbeda dengan versi asli yang memilih material kokoh.

8. Cek Perbedaan Lensa dan Bobot Perangkat

Lensa kamera handphone yang asli lebih besar dibandingkan versi HDC. Karena keunggulan utama dari iPhone terdapat pada kameranya yang belum ditemukan di handphone android jenis apa pun.

Kamera iPhone KW mempunyai lensa bayangan warna biru. Perangkat yang asli biasanya lebih berat ketika dipegang sedangkan versi HDC sangat ringan. Untuk membandingkannya pun harus memiliki perangkat yang asli agar mudah diperiksa.

9. Bedakan iPhone Asli dan KW Berdasarkan Tampilan Kamera Depan

Tampilan dynamic island atau lebih dikenal poni di bagian depan handphone iPhone asli lebih besar sedangkan versi KW sangat kecil. Kamera depan di hp HDC lebih jelas terlihat sedangkan pada versi yang asli tidak terlalu terlihat.

10. Periksa Kualitas Gambar yang Dihasilkan dari Kamera

Kamu dapat membedakan iPhone asli dan KW dengan sangat mudah salah satunya dari hasil tangkapan kamera. Objek yang dipotret dengan kamera iPhone HDC kualitasnya sangat jelek bahkan di bawah kamera android 2 jutaan.

iPhone KW sangat tidak disarankan dari segi spesifikasi maupun kualitas perangkat yang sangat jelek. Kamu hanya dimanjakan dengan visual yang terlihat mirip sedangkan kualitas sistem sangat jauh.

1 Fashion murah

Tips Beli iPhone Asli Secara Offline maupun Online

Kamu bisa menggunakan 10 cara cek hp iPhone asli atau kw agar tidak tertipu barang kw saat beli secara offline. Berikut ini tips sederhana yang bisa digunakan agar kamu tidak kena tipu.

1. Beli Hp di Toko iBox atau Erafone

Kalau mau beli iPhone asli, kamu harus beli di toko offline resmi seperti iBox dan Erafone karena keduanya reseller resmi. Handphone yang dijual pun pasti perangkat asli bukan HDC dan IMEI terdaftar di Kemenperin.

2. Beli iPhone Online di Situs iBox, Erafone, hingga Digimap

Jika ingin beli barang secara online, kamu bisa ke official store Digimap, iBox, serta Erafone. Masing-masing dari toko tersebut memiliki situs resmi sehingga terjamin aman. Kamu bisa beli secara kredit atau cash dengan aman.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek Hp Iphone Asli atau KW

Apakah iPhone EX-inter KW?

iPhone Ex-inter merupakan produk resmi dari Apple artinya bukan KW, akan tetapi iPhone EX-inter tidak bayar pajak. Biasanya barang yang tidak bayar pajak tidak memiliki IMEI yang terdaftar.

Apa Saja Kerugian Beli iPhone KW?

Selain dari segi keamanan, fitur yang diperoleh sangat buruk, penyimpanan kecil, kamera lebih buruk dibandingkan android, dan baterai bermasalah. Lebih baik menunggu harga iPhone asli turun atau beli second dari toko terpercaya.

Berapa Harga iPhone Asli Seri Terbaru Saat Ini?

Jangan tertipu dengan iPhone KW hanya karena lebih murah, iPhone asli dijual mulai dari Rp 6.999.000 – Rp 19.999.000.

1 Fashion murah

Apakah iPhone KW Memiliki Nomor Model?

iPhone KW tidak memiliki nomor model, sedangkan yang asli biasanya memiliki nomor model ID/A atau PA/A. Nomor tersebut resmi dan punya garansi di iBOX serta Digimap.

Artikel Menarik Lainnya: