10 Cara Cek HP Oppo Asli atau Tidak, Mudah Banget Lho

Walaupun Oppo adalah merek android ternama, tapi kamu perlu paham cara cek hp Oppo asli. Justru karena populer, biasanya risiko dipalsukan sangat tinggi, sekali pun seri lama biasanya tetap ada versi yang palsu.

1 Fashion murah

Buat yang mau beli handphone atau sudah punya HP Oppo, wajib banget memastikan perangkat yang kamu punya asli atau palsu. Pahami cara cek hp Oppo asli melalui informasi berikut.

fashion muslim murah

Cara Cek HP Oppo Asli Mudah dan Dijamin Berhasil

Sejumlah merek hp ternama pun sudah ada versi KW-nya, apalagi Oppo yang merupakan salah satu merek paling laris di Indonesia.  Dengan kecanggihan teknologi biasanya sekilas tidak ada perbedaan antara Oppo palsu dan ori.

Sebagai konsumen, kamu harus lebih jeli memperhatikan desain dan fitur di dalamnya agar tidak salah beli. Inilah cara cek hp Oppo asli atau tidak.

1. Periksa IMEI Secara Online

Walaupun banyak Hp tiruan karena mudah dibuat, kamu tetap bisa membedakan hp palsu dan asli salah satunya dari IMEI. IMEI merupakan nomor seri pada handphone dan tidak bisa dipalsukan.

Setiap unit Hp pasti punya IMEI yang berbeda-beda, ketika beli hp Oppo kamu bisa cek IMEI di Device Authentication OPPO.  Apabila nomor IMEI terdaftar, dapat dipastikan hp tersebut asli.

1 Fashion murah

2. Memeriksa Keaslian dengan Kode Rahasia

Cara cek hp Oppo asli atau tidak ternyata sangat mudah, salah satunya menggunakan engineer code.  Cukup tekan *#800# melalui handphone Oppo, kalau sudah masuk ke engineer mode kamu bisa menguji baterai, konektivitas, hardware, dll.

Kamu bisa memeriksa keaslian Hp melalui kesehatan baterai, jika kualitasnya bagus berarti handphone tersebut asli. Tapi kalau kualitas baterai  buruk padahal baru beli patut dicurigai.

3. Cek Spesifikasi

Berikutnya, kamu bisa memeriksa spesifikasi handphone Oppo melalui kotak penjualan. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa di situs handphone Oppo supaya lebih mudah.

Misalnya, kamu baru beli Oppo A58 RAM 8GB kamu bisa memeriksa spesifikasi dengan CPU-Z atau lihat di kotak penjualan. Kalau spesifikasi Hp yang kamu pegang ternyata tidak sesuai dengan yang ada di kotak penjualan berarti palsu.

4. Periksa Kualitas Layar

Kamu juga dapat memeriksa kejernihan layar hp Oppo yang dimiliki, kalau hp palsu pasti memiliki tampilan layar yang lebih buram. Cara cek hp  Oppo asli atau tidak melalui layar sangat mudah salah satunya putar video.

Kalau layar memiliki tingkat kecerahan yang stabil, jernih, dan tidak nge-lag ketika di tap berarti hp tersebut asli. Sebagai konsumen, Anda wajib memperhatikan kualitas perangkat yang telah dibeli.

1 Fashion murah

5. Lihat dari Bobot Perangkat dan Desainnya

Cara cek hp Oppo asli atau tidak bisa dengan melihat desain dan bobot dari perangkat tersebut. Hp palsu biasanya lebih ringan dan mempunyai desain yang berbeda dari segi warna maupun ukuran.

Contoh paling sederhananya bisa dilihat dari handphone Oppo Reno yang memiliki layar penuh dengan kamera pop-up. Biasanya, handphone palsu tidak bisa menyaingi yang asli.

6. Lakukan Tes Kamera

Kamera hp Oppo cukup terkenal bagus sehingga sangat mudah memeriksa keaslian handphone tersebut. Kamu bisa tes kualitas kamera dengan cara merekam atau memotret objek.

Buka hasil foto lalu lihat rincian file tersebut, biasanya ada keterangan foto tersebut dipotret dengan spesifikasi kamera yang detail. Kalau detail keterangan sama dengan spesifikasi  kamera pada hp berarti handphone tersebut asli.

7. Periksa Garansi

Nah inilah yang tak kalah penting dan bisa bantu kamu mengetahui keaslian handphone, yakni memeriksa kartu garansi. Kartu garansi palsu biasanya terlihat tiruan, tidak jelas, dan bukan diproduksi oleh PT Indonesia Oppo.

Jika kamu tidak melihat keterangan PT Indonesia Oppo Electronics pad kartu garansi dapat dipastikan perangkat tersebut palsu. Kamu juga bisa membawa kartu tersebut ke Oppo service center untuk memastikannya.

1 Fashion murah

8. Periksa Keaslian Perangkat Melalui Harga

Hati-hati kalau menemukan handphone yang murah langsung percaya kemudian membelinya, handphone yang lebih murah dicurigai palsu. Periksa harga  pasarannya untuk memastikan handphone tersebut asli atau tidak.

Beberapa oknum yang memalsukan perangkat ini biasanya menjual hp palsu dengan harga yang jauh dari pasaran. Untuk memeriksa harga handphone kamu bisa lihat dari situs Oppo resmi atau toko resmi di marketplace.

9. Cek Keaslian Perangkat dari Sistem Operasi

Cara cek hp Oppo asli atau tidak bisa dilihat dari sistem Color OS pada perangkat. Misalnya, kamu beli Oppo A16 dengan OS 11.1, kalau setelah diperiksa ternyata tidak sesuai berarti perangkat tersebut palsu.

Sistem Color OS sangat berpengaruh pada kualitas hp, tampilan dan scroll hp asli pasti lebih halus. Kalau hp palsu biasanya memiliki pergerakan yang kurang bagus bahkan cenderung lambat.

10. Cek dari NFC

Ada beberapa  cara cek hp Oppo asli atau tidak salah satunya dari NFC, kamu bisa memeriksanya dari NFC connector. NFC merupakan fitur yang sudah sering ditemukan di beberapa hp baru dan tidak terlihat tapi dapat difungsikan dengan baik.

Kalau di perangkat palsu, NFC ini tidak dapat digunakan salah satunya untuk top up e-money. Coba tempelkan kartu E-money di belakang handphone jika tidak terjadi perubahan apa pun boleh jadi hp tersebut palsu.

1 Fashion murah

Cara Aman Beli HP Oppo yang Asli

Bagi kamu yang mau membeli hp Oppo terbaru tapi tak ingin kena tipu hp kw coba cara-cara ini.

1. Beli HP Via Official Store Online

Beli hp semakin mudah karena bisa melalui marketplace. Kalau kamu mau beli handphone di Shopee, Lazada, maupun Akulaku pastikan beli di official store. Selain terhindar dari barang palsu, kamu juga bisa menghindari hp bekas.

Kalau asal pilih toko, risiko kena tipu sangat tinggi bahkan beberapa penjual malah memberi barang bekas. Hal tersebut sangat merugikan karena berpengaruh pada kualitas perangkat.

2. Beli Langsung di Oppo Store Offline

Selain di toko online resmi, kamu bisa pilih toko Oppo resmi di mall atau langsung ke cabang resminya. Kalau beli di toko resmi tidak akan ada hp palsu maupun barang bekas yang diklaim baru.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek HP Oppo Asli atau Tidak

Bagaimana Cara Cek HP Oppo Asli atau Tidak Via Kemenperin?

Caranya sangat mudah, pertama kamu buka dulu situs Kemenperin di Google. Setelah itu klik “Cek IMEI” lalu masukkan nomor yang ingin diperiksa hasilnya langsung keluar.

Bisakah Memeriksa Keaslian Hp Oppo Melalui Menu “About Phone”?

Tentu saja bisa, cara tersebut terbilang paling mudah untuk mengetahui keaslian perangkat. Cara memeriksanya sangat mudah yakni buka menu setting lalu akses “about phone” kamu bisa lihat spesifikasi dan info lainnya.

1 Fashion murah

Adakah Kode Rahasia untuk Cek IMEI Oppo yang Asli?

Ada, kamu bisa gunakan kode *#06# untuk memeriksa IMEI pada perangkat.

Artikel Menarik Lainnya: