11 Cara Cek HP Samsung Asli Atau KW Mudah [100% Work]

11 Cara Cek HP Samsung Asli atau KW Mudah [100% Work]

11 Cara Cek HP Samsung Asli atau KW Mudah [100% Work]

Samsung merupakan merek handphone ternama, saking populernya banyak oknum yang menciptakan versi kw. Kamu harus memahami cara cek hp Samsung asli atau kw agar tidak tertipu.

Samsung palsu sudah dijual bebas di sejumlah toko handphone baik offline maupun online. Kamu harus berhati-hati agar tidak beli versi supercopy maupun rekondisi. Kamu bisa membedakan hp Samsung asli dan KW melalui informasi berikut.

Cara Cek HP Samsung Asli atau KW Dijamin Berhasil

Sekilas handphone Samsung palsu dan asli sulit dibedakan karena kemiripan desainnya. Meski begitu, ada beberapa cara cek hp Samsung asli atau KW yang bisa kamu coba.

1. Gunakan LCD Test

Cara memeriksa LCD pada handphone Samsung cukup ketik *#0*# di menu panggilan. Kalau berhasil, kamu akan melihat keterangan seputar layar sentuh, suara, spesifikasi lengkap, getaran, hingga kamera.

2. Tes Keaslian Perangkat dengan Kode Rahasia

Setiap perangkat HP pasti punya kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengetahui keasliannya. Kalau di HP Samsung, kamu bisa menguji keaslian perangkat dengan cara ketik *#1234#.

Biasanya, setelah mengetik kode tersebut, kamu akan melihat spesifikasi model handphone yang dibeli misalnya Samsung Galaxy A54 5G. Kode tersebut menampilkan informasi detail mengenai kode hp dan informasi lainnya.

3. Periksa IMEI Hp

Cara cek hp Samsung asli atau KW sangat mudah salah satunya melalui IMEI, kamu bisa memeriksanya di website kemenperin. Selain itu, bisa juga cek IMEI dengan ketik *#06#. Kalau kode yang muncul tidak sama berarti hp yang dimiliki palsu.

Kamu juga bisa melihat dari menu pengaturan lalu pilih about phone pasti di sana tertera nomor IMEI. Kalau nomor pada hp kamu tidak terdaftar dapat dipastikan hp Samsung tersebut KW.

4. Periksa Berdasarkan Tampilan Fisik Handphone

Berikutnya, kamu bisa memeriksa tampilan fisik handphone untuk memastikan hp tersebut asli atau tidak. Memang sekilas tidak ada perbedaan saking banyaknya supercopy yang beredar.

Akan tetapi, material handphone yang asli lebih kokoh, kuat, dan tidak murahan. Sementara itu, hp palsu malah lebih kasar dan dibuat dari bahan plastik yang tidak nyaman ketika di genggam.

5. Lihat dari Samsung Kies

Cara cek hp Samsung asli atau kw bisa juga menggunakan Samsung kies. Kamu dapat memeriksa spesifikasi dan keaslian produk melalui layanan Kies. Dengan adanya layanan ini kamu bisa terhindar dari perangkat supercopy.

6. Periksa Kecepatan Koneksi Internet

Kamu juga dapat memastikan hp Samsung asli atau KW dengan speed test ketika mengakses internet. Kalau ternyata perangkat malah terkesan lambat saat mengakses internet padahal koneksi internet bagus, patut dicurigai barang tersebut palsu.

Selain dari kecepatan internet, kamu bisa memeriksanya ketika mengakses aplikasi. Pada Samsung KW, rekondisi, maupun supercopy biasanya sering nge-hang karena RAM yang lebih kecil.

7. Cek Samsung Asli atau KW Melalui Kartu Garansi

Agar tidak tertipu barang tiruan, kamu bisa memeriksa keaslian produk dari kartu garansi. Informasi tersebut sangat penting, ketika kamu beli hp kamu bisa langsung periksa kartu garansi ke Samsung Service Center.

Meski hp Samsung KW memiliki dus yang hampir sama, tetap saja garansi yang disediakan tidak terhubung ke service center resmi. Biasanya, garansi pada hp HDC dibuat sendiri bukan berasal dari Samsung Electronic Indonesia.

8. Cek Spesifikasi Baterai

Saat ini handphone Samsung sudah menggunakan sistem baterai tanam, meski begitu kamu bisa memeriksa keaslian baterai dengan mudah. Lihat keterangan melalui about phone karena baterai hp asli biasanya memiliki sertifikat SEIN.

9. Cek Aplikasi Bawaan Samsung

Kalau kamu tidak menemukan beberapa aplikasi bawaan dari handphone Samsung patut dicurigai perangkat tersebut palsu.

Apa saja aplikasi bawaan yang biasanya ada di hp Samsung? Samsung Global Goals, S Lime, Galaxy Store, Samsung Free, Samsung Pay, hingga Samsung Health. Sebagai konsumen kamu harus berhati-hati dalam membeli perangkat supaya tidak kena tipu.

10. Periksa Resolusi Layar

Samsung asli menawarkan tampilan yang bagus, layar halus, kualitas kamera sangat baik hingga bisa bersaing dengan IOS. Kamu dapat membedakannya dengan melihat resolusi layar.

Kalau terlihat tidak bagus, tampak seperti hp bekas, dan sering nge-lag patut dicurigai perangkat tersebut bukan original.

11. Periksa Harga HP Samsung  

Kamu bisa cek harga untuk membedakan perangkat yang asli dan KW. Biasanya Samsung HDC memiliki harga yang sangat murah jauh dari pasarannya. Misalnya Samsung S23 yang harganya Rp 16.999.000 lalu dijual dengan harga 10 jutaan itu patut dicurigai.

Cara Menghindari Hp Samsung KW

Setelah mengenal cara cek hp Samsung asli atau KW, kamu bisa lebih berhati-hati ketika beli perangkat. Merek terkenal pun pasti ada versi palsunya yang hampir mirip. Jangan terlalu percaya dengan harga murah karena bisa jadi hal itu modus penipuan.

Samsung selalu memproduksi perangkat terbaru setiap tahun, bagi kamu yang mau beli seri lama harap berhati-hati. Berikut ini tips bagi pengguna yang mau beli hp merek Samsung.

1. Beli Handphone di Toko Resmi

Kamu bisa menghindari HP bekas, rekondisi, KW, bahkan supercopy dengan cara membeli handphone di Samsung Store resmi. Toko resmi Samsung sudah banyak ditemukan baik di Kota maupun Kabupaten.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membeli di reseller resmi Samsung seperti Erafone. Semua barang di toko resmi sudah dilengkapi juga dengan garansi dan bebas barang KW.

2. Beli Handphone Online Via Samsung Official Store

Kalau kamu mau beli hp secara online dan takut ditipu, cara paling aman adalah beli hp di Samsung Official Store. Tidak perlu khawatir kalau harganya lebih mahal karena kualitas dan keasliannya lebih terjamin.

Samsung Official Store dapat ditemukan di Lazada, Shopee, Akulaku, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Ketika beli handphone di toko resmi, biasanya lebih aman dan barangnya pasti dikirim tepat waktu.

3. Jangan Beli Karena Murah

Untuk kamu yang mau membeli hp Samsung, jangan sampai terjebak dengan penawaran harga murah. Harga tidak bisa menjamin keaslian produk, bahkan harga murah bisa jadi hp tersebut bekas tapi diklaim asli.

Risiko yang paling merugikan hp tersebut jenis KW sehingga harganya murah. Harap berhati-hati demi keamanan pada perangkat dan data-data yang nantinya dimasukkan ke handphone.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek Hp Samsung Asli atau KW

Bagaimana Cara Memeriksa IMEI Samsung SEIN?

Caranya sangat mudah, kamu bisa lihat label di belakang hp, label tersebut menerangkan nomor IMEI, tegangan listrik, frekuensi, dll. Sesuaikan nomor IMEI di label handphone dengan dus box kalau sama berarti hp tersebut asli.

Bagaimana Cara Cek HP Samsung Asli atau KW dengan Samsung Kies?

Pertama kamu harus install aplikasi Samsung Kies, setelah itu hubungkan HP dengan komputer. Biasanya, hp asli kalau diperiksa di Samsung Kies akan langsung terhubung.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: