14 Cara Cek HP Xiaomi Asli atau KW Akurat (100% Work)

Xiaomi merupakan salah satu merek Android yang cukup populer saat ini. Saking populernya, kamu harus paham cara cek hp Xiaomi asli atau KW supaya tidak kena tipu.

Popularitas Android merek Xiaomi semakin meningkat, kamu harus hati-hati supaya tidak tertipu. Biasanya produk populer pasti ada versi tiruannya yang dikenal dengan HDC. Gunakan cara-cara ini agar kamu terhindar dari barang KW.

Cara Cek Hp Xiaomi Asli atau KW Lewat Kondisi Fisik pada HP

Xiaomi sudah menciptakan beragam variasi handphone mulai dari entry level, mid range, hingga flag ship. Gunakan cara cek hp Xiaomi asli atau KW supaya tidak salah beli.

1. Material Body Handphone

Hal pertama yang harus kamu cek saat mau beli handphone adalah body dan material hp. Bahan material yang digunakan pada android HDC biasanya lebih ringan, ketika diketuk-ketuk terasa tidak kokoh.

Saat ini, hp sudah menggunakan metal, gorilla glass, hingga plastik. Melihat body handphone adalah cara cek hp Xiaomi asli atau KW yang paling mudah, kamu juga dapat membandingkannya secara langsung.

2. Periksa Layar Handphone

Saat ini resolusi layar hp Xiaomi sudah mencapai 1080×2340 pixel disertai refresh rate mencapai 90Hz. Hasilnya, layar sangat jernih, cepat, dan bisa digunakan dengan baik. Pada hp KW biasanya terlihat buram dan cenderung sering nge-lag.

3. Tes Kamera untuk Memastikan Keasliannya

Kamera Android Xiaomi terbilang bagus sehingga bisa diperiksa dari hasil foto. Coba buka menu kamera lalu cek hasilnya ketika merekam video atau memotret objek. Kalau hasilnya buram padahal nilai megapixel tinggi patut dicurigai hp tersebut palsu.

Selain itu, penempatan lensa kamera pun terlihat rapi, tidak baret, dan tidak ada bayangan. Untuk memudahkannya, kamu bisa membandingkan langsung antara hp HDC dan asli.

Cara Cek Hp Xiaomi Asli atau KW Melalui Sistem Operasi

Untuk memeriksa keaslian handphone Xiaomi yang akan dibeli, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

1. Periksa MIUI

MIUI merupakan salah satu sistem operasi android yang membuat tampilan antarmuka jadi lebih baik dari versi sebelumnya. Biasanya, pengguna harus memperbarui MIUI agar lebih optimal.

Pada handphone KW, MIUI ditandai dengan kata beta itu artinya perangkat tersebut palsu. Hal itu akan membuat tampilan antarmuka tidak nyaman saat digunakan.

2. Cek MI Recovery

Cara berikutnya memeriksa MI recovery untuk untuk memastikan perangkat berfungsi dengan maksimal. Untuk memeriksanya sangat mudah tinggal tekan tombol volume up serta power.

Kalau Xiaomi asli, biasanya kalau sudah tekan volume up dan power langsung tampil menu fastboot Xiaomi dan MI recovery. Kemudian, layar mengarahkan ke menu bahasa. Sementara itu Xiaomi KW tidak akan menampilkan informasi tersebut.

3. Cek AnTuTu Benchmark

Cara cek hp Xiaomi asli atau KW bisa juga melalui AnTuTu Benchmark. Aplikasi tersebut dapat memeriksa performa perangkat, misalnya kamu beli Xiaomi Poco C40.

Skor Xiaomi Poco C40 128.944 kalau hp yang kamu cek tidak mencapai ketentuan skor tersebut berarti hp yang dibeli KW.

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau KW Lewat Perbandingan Harga

Harga menjadi salah satu pembeda antara handphone asli dan kw. Ketika memilih hp Xiaomi pastikan harganya sesuai antara di marketplace maupun toko offline.

Harga hp KW biasanya lebih murah dari harga pasaran dan tidak dijual di toko resmi. Jika harga pasar Rp 6.199.000, harga hp palsu biasanya jadi Rp 2.000.000 bahkan bisa lebih murah lagi. Berikut ini cara cek harga Xiaomi:

  1. Buka aplikasi marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, serta aplikasi lainnya
  2. Buka Xiaomi Official Store di masing-masing aplikasi tersebut
  3. Cari tipe handphone yang ingin kamu beli dan lihat harganya, cek juga di aplikasi lainnya
  4. Biasanya harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh

Cara Cek Hp Xiaomi Asli atau KW Lewat IMEI

IMEI merupakan nomor seri pada handphone yang biasanya terdaftar di Kemenperin. Keaslian sebuah produk handphone biasanya diperiksa melalui IMEI handphone. Berikut ini cara cek hp Xiaomi asli atau KW melalui IMEI:

1. Cek IMEI Melalui Dus Handphone

Lihat bagian belakang dus hp kemudian sesuaikan dengan IMEI di handphone. Misalnya di dus nomor IMEI nya 862663025961469 pastikan di handphone juga sama, kalau berbeda hp tersebut palsu.

2. Cek IMEI Lewat Kode USSD

Untuk memastikan kode IMEI handphone dengan kode USSD sama, caranya sangat mudah:

  • Buka menu panggilan lalu ketik *#06#
  • Setelah itu kode IMEI pasti akan ditampilkan
  • Cek kesamaan nomor IMEI dengan yang ada di dus

3. Cara Cek IMEI HP Xiaomi Asli atau Tidak Melalui Pengaturan

  • Buka handphone
  • Pilih pengaturan
  • Cari tentang ponsel atau about phone
  • Pilih status kemudian scroll ke bagian bawah hingga menemukan nomor IMEI

4. Cek IMEI Hp Xiaomi Melalui Kemenperin

  • Buka situs Kemenperin melalui browser
  • Klik cek IMEI
  • Masukkan nomor IMEI
  • Handphone asli pasti ada keterangan “IMEI Terdaftar di database Kemenperin”

Cara Beli HP Xiaomi Asli Secara Offline dan Online

Kalau kamu mau membeli salah satu seri android Xiaomi, lakukan pengetesan langsung di toko. Tapi kalau beli secara online sebaiknya hindari toko tidak resmi dan punya rating yang rendah.

Simak cara beli handphone yang asli sehingga bebas dari ancaman virus dan kualitasnya tahan lama untuk jangka panjang.

1. Kunjung Mi Store

Toko Xiaomi resmi secara offline sangat banyak dan tersebar di setiap kota. Kamu bisa datang langsung ke store agar terhindar barang KW. Kalau pun ada masalah, kamu akan dapat garansi resmi serta beragam keuntungan lainnya.

2. Beli Handphone di Xiaomi Official Store

Kalau kamu beli barang secara online, sekarang setiap marketplace telah menyediakan Xiaomi Official Store. Ketersediaan barang lebih lengkap sehingga dapat menyesuaikan budget selain itu barangnya asli.

3. Beli Online atau Offline di Erafone

Selain di Mi Store dan Xiaomi Official Store, kamu juga dapat membeli seri hp terbarunya di Erafone. Erafone adalah toko terpercaya yang tersedia secara offline maupun online. Semua produk yang tersedia punya garansi dan kondisinya baru.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek Hp Xiaomi Asli atau KW

Bagaimana Kalau Terlanjur Beli Android Xiaomi KW?

Kamu bisa langsung meminta pengembalian dana ke toko offline maupun online.

Apakah Ada Kode Rahasia untuk Memeriksa Keaslian HP Xiaomi?

Kamu dapat memeriksa sensor, lampu LED, fitur layar, hingga memeriksa suara dengan cara ketik *#*#64663#*#*. Kode rahasia ini tidak akan berfungsi kalau kamu membeli handphone KW.

Bagaimana Cara Memeriksa Keaslian Hp Xiaomi dengan Factory Reset?

Tentu saja bisa, hal ini untuk menghindari barang kw. Karena ada juga oknum yang menjual hp Xiaomi tapi mesin dan program di dalamnya bukan milik Xiaomi. Atur ulang ke setelan pabrik kemudian cek dengan CPU-z untuk mengetahuinya.

Artikel Menarik Lainnya: