Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan Lewat Apps JKN, WA & Kantor

Bagaimanakah cara cek saldo BPJS Kesehatan? Cek saldo BPJS Kesehatan itu bisa dilakukan dengan cukup mudah. Ada sejumlah cara yang dapat dipakai langsung untuk memeriksa atau cek saldo BPJS Kesehatan milik kita. Jadi, jangan bingung dalam proses memeriksa saldo BPJS.

1 Fashion murah

Mungkin banyak yang belum paham tentang bagaimana cek saldo BPJS Kesehatan dengan mudah. Sebenarnya tak begitu sulit untuk lakukan pemeriksaan. Berikut ini beberapa cara cek saldo BPJS Kesehatan dengan cukup mudah.

fashion muslim murah

Cek Saldo BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi JKN

Proses cek saldo dan pembayaran BPJS Kesehatan bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di Playstore. Berikut ini panduan untuk cek saldo BPJS Kesehatan dengan aplikasi Mobile JKN.

1. Download Aplikasi Mobile JKN

Pastikan untuk sudah download aplikasi mobile JKN terlebih dulu. Aplikasi tersebut berada di Playstroe dan bisa diunduh secara gratis. Jadi, langsung saja download Mobile JKN tersebut.

2. Login dengan KTP

Untuk bisa menikmati layanan Mobile JKN, pengguna diharuskan untuk daftar dulu. Daftar bisa menggunakan nomor KTP. Nantinya, untuk login bisa memasukkan nomor KTP serta password yang telah dibuat.

3. Akses Menu di Mobile JKN

Jika sudah mendaftar, maka pengguna bisa memilih beberapa opsi atua menu yang tersedia. Mulai dari info program, rencana pembayaran hingga info peserta. Banyak menu yang bisa dipilih pada Mobile JKN.

1 Fashion murah

4. Periksa Saldo

Untuk memeriksa saldo bisa langsung pilih menu opsi lainnya. Klik menu info riwayat pembayaran untuk mengetahui saldo atau jumlah nominal yang dibayarkan ke program BPJS tersebut.

Cek Saldo BPJS Kesehatan dengan Layanan Whatsapp

Penggunaan Whatsapp juga bisa dipakai untuk melakukan cek saldo BPJS Kesehatan. Dengan proses cek yang mudah, semuanya bisa langsung dilakukan. Berikut ini adalah panduan untuk cek saldo BPJS Kesehatan via layanan Whatsapp.

1. Chat ke Nomor WA Resmi BPJS

Langkah awal adalah menghubungi nomor WA resmi dari BPJS. Nomor WA resmi dari BPJS adalah 0811-8165-165. Langsung chat halo saja kepada nomor tersebut untuk bisa melanjutkan ke proses atau tahapan berikutnya.

2. Pilih Menu Pemeriksaan Saldo

Ketika sudah chat ke nomor resmi BPJS, akan muncul beberapa menu. Pilihlah menu pemeriksaan pembayaran yang sudah ada di layar WA resmi dari BPJS. Semua menu tinggal klik saja. Tak perlu chat lagi untuk dapatkan feedback.

3. Ikuti Panduan Pemeriksaan

Langkah terkahir tinggal ikuti panduan pemeriksaan saldo yang ada di layar layanan WA BPJS. Nantinya para pengguna akan diarahkan sampai menemukan informasi yang dicari pada menu WA BPJS tersebut.

Cek Saldo BPJS Kesehatan dengan Datang Langsung ke Kantor

Mendatangi kantor BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan untuk memeriksa saldo BPJS Kesehatan. Proses cek saldo BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Berikut ini cara cek saldo BPJS Kesehatan dengan datang langsung ke kantor kepengurusannya.

1 Fashion murah

1. Datang ke Kantor BPJS

Datangilah kantor BPJS terdekat untuk memulai proses pemeriksaan saldo. Saat akan masuk, biasanya sudah ada petugas yang akan membantu proses pengurusan.

2. Ambil Nomor Antrean

Ambilah dulu nomor antrean. Ini adalah prosedur yang perlu dilakukan untuk bisa melakukan pemeriksaan terhadap saldo BPJS Kesehatan.

3. Datangi Meja Teller

Langkah berikutnya ketika sudah dipanggil sesuai antrean adalah mendatangi meja teller. Pada meja teller itu kita tinggal utarakan maksud dan tujuan kita.

4. Dapatkan Informasi di Teller

Nantinya teller akan memberikan informasi kepada kita mengenai hal yang ditanyakan. Termasuk jumlah saldo yang tersedia di akun BPJS Kesehatan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Cek Saldo BPJS Kesehatan

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin cek saldo BPJS Kesehatan. Hal – hal di bawah ini memang perlu mendapatkan atensi lebih buat yang mau periksa saldo BPJS. Berikut ini hal yang wajib diperhatikan saat mau cek saldo BPJS.

1. Nomor BPJS

Nomor BPJS itu harus diingat atau setidaknya disimpan. Sebab, proses untuk cek saldo harus menyertakan nomor dari kartu BPJS.

1 Fashion murah

2. Selalu Pastikan Sudah Punya Aplikasi Mobile JKN

Selalu pastikan bahwa sudah memiliki aplikasi Mobile JKN. Jika belum punya akun atau aplikasi, segeralah download ke Playstore.

3. Pastikan Simpan Nomor KTP

Penyimpanan nomor KTP juga penting untuk dilakukan. Sebab, untuk bisa akses informasi mengenai BPJS kadang juga dibutuhkan nomor KTP dari pengguna.

FAQ | Cek Saldo BPJS Kesehatan

Bagaimana cara cek saldo BPJS Kesehatan termudah?

Proses cek saldo termudah bisa memakai aplikasi Mobile JKN.

Bisakah cek saldo BPJS Kesehatan lewat HP?

Bisa. Tinggal hubungi nomor Whatsapp resmi dari BPJS.

Apakah saldo BPJS Kesehatan bisa berubah?

Saldo bisa berubah ketika pembayaran dilakukan.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: