Cara Cek Serial Number Laptop dengan Mudah dan Cepat

Setiap perangkat laptop pasti memiliki serial number dan ini merupakan identitas dimana serial number ini mengandung angka dan huruf yang pabrikan dikombinasikan sehingga deretan unik.

Lalu bagaimana cara cek serial number laptop? Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak beberapa langkah cara cek serial number laptop pada artikel ini dan kamu juga akan mengetahui manfaat dari mengetahui serial number laptop ini.

Manfaat Mengetahui Serial Number di Laptop

Setiap laptop memiliki serial number untuk berbagai kebutuhan dimana, pemilik perangkat satu ini perlu mengetahui cara cek serial number laptop. Serial number laptop ini adalah seri berupa kombinasi angka dan huruf.

Sebelum beranjak ke cara cek serial number laptop alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu manfaat kamu mengetahui cara ini, dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Untuk mengetahui legalitas

Perangkat seperti laptop rawan sekali orang selundupkan. Terkadang ada juga beberapa oknum yang membuat perangkat dengan brand sama namun perangkatnya sembarangan jadi cepat rusak.

Tidak heran jika ada seseorang membeli laptop brand besar namun cepat rusak, hal ini terkadang memang terjadi jadi untuk meminimalisir cara ini sangat penting untuk cek keaslian laptop apakah sesuai atau tidak.

2. Untuk melakukan service resmi

Setiap brand laptop tentu memiliki gerai service center resmi. Atau outlet yang akan memudahkan pengguna laptop dalam melakukan perbaikan.

 Jika terjadi kerusakan dan biasanya ketika kamu membeli sebuah laptop akan ada garansi dari pabriknya bisa berupa service gratis atau lainnya. dan untuk mendapatkan layanan bergaransi dari pihak produsen tentu kamu harus melakukannya di gerai resminya.

3. Memastikan SNID

SNID sendiri merupakan singkatan dari Serial Number Identification yang harus ada pada laptop untuk memudahkan segala proses aktivitas baik fisik maupun program lunak.

Dan number ini menjadi bukti jika laptop yang kamu belu ini merupakan sebuah produk asli dan bukan abal-abal. Selain itu, SNID biasanya mengandung karakter 11 yang mewakili jenis dan tipe produk.

3. Memudahkan Instalasi Program atau Aplikasi

Selanjutnya manfaat mengetahui cara cek serial number laptop ini juga untuk menyelaraskan program serta aplikasi yang dapat pengguna pakai untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan lunak.

Hal ini terkadang membuat pengguna sedikit kebingungan jika instalasi gagal. Dan jika mengetahui cara ini saat instal kamu tahu serialnya yang cocok apa.

Dimana Letak Serial Number Laptop?

Nomor seri ini dibutuhkan untuk mengecek jenis garansi, keaslian produk dan servis. Penempatan nomor seri ini ditentukan oleh masing-masin produk. Beberapa produk hanya memberikan nomor seri angka saja.

Ada juga serial number yang memadukan nomor seri bisa dicek melalui perangkat keras atau lunak pada perangkat keras, nomor seri bisa ditemukan di bawah perangkat laptop disanalah kamu bisa melihat serial number laptop secara jelas.

Sedangkan untuk komputer ditempatkan di bagian belakang monitor dan penempatan nomor seri perangkat lunak bisa di cek melalui website resmi produsen. Dan biasanya nomor seri juga disertakan di kotak CD atau DVD software.

Cara Cek Serial Number Laptop Secara Mudah

Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara cek serial number laptop untuk berbagai tipe laptop dan secara mudah yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yaitu:

1. Melalui Sticker Bawaan Laptop

Nah, untuk cara cek serial number laptop yang pertama kamu bisa melihat atau cek di serial number di bagian stiker dan biasanya serial number tertera di stiker yang tertempel di alas laptop.

Selain serial number, terdapat informasi tertentu seperti tipe, spesifikasi, nomor model dan pengguna bisa menemukan serial number yang posisinya dekat ventilasi atau baterai laptop.

2. Cara Cek Serial Number laptop di BIOS Laptop

Cara cek serial number laptop selanjutnya kamu bisa menggunakan BIOS dimana fitur ini menyediakan informasi serial number di laptop. Dan fungsi utama dari BIOS untuk mengatur berbagai fungsi di laptop.

Selain itu, pengguna bisa melihat informasi serial number hardware dan berikut beberapa langkah cara yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan cara ini, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa matikan laptop terlebih dahulu
  • Selanjutnya jika laptop kamu sudah menyala kamu bisa lakukan restart
  • Dan ketika laptop menyala kamu bisa tekan F2 atau F12 untuk masuk ke BIOS kemudian kamu tekan enter
  • Tekan beberapa kali ketika komputer melakukan pross booting
  • Dan setelah itu menu BIOS akan muncul
  • Dan kemudian kamu klik informasi menu untuk melihat serial number

3. Cara Cek Serial Number Laptop menggunakan Command Prompt

Command Prompt atau CMD ini adalah aplikasi dekstop untuk menjalankan perintah berbasis DOS. Pengguna tinggal mengetikkan perintah atau kode untuk menemukan serial number.

Dan berikut beberapa langkah cara cek serial number menggunakan Command Prompt diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa buka command prompt (CMD) melalui fitur pencarian atau search
  • Selanjutnya kamu bisa klik fitur pencarian yang terdapat di taksbar dekat dengan logo windows
  • Kemudian klik dua kali hingga muncul jendela CMD
  • Setelah CMD terbuka tulisan wmic bios get serial number di samping C:Users
  • Dan tekan enter dan tunggulah beberapa saat hingga kemudian muncul serial number yang kamu maksud

4. Mengunakan PowerShell

Selain cara di atas kamu juga bisa menggunakan cara cek serial number laptop menggunakan Powershell. Powersheell sendiri adalah aplikasi baris perintah yang bisa ditemukan di fitur pencarian dan pada dasarnya Powershell hampir sama dengan CMD.

Aplikasi ini untuk menjalankan perintah yang diinginkan user menggunakan kode tertentu. Tetapi powershell di beberapa sistem laptop terkunci karena alasan keamanan.

Dan berikut beberapa langkah cara menggunakan PowerShell, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah klik tombol windows + R bersamaan lalu ketik PowerShell
  • Selanjutnya pengguna bisa mengetik langsung PowerShell di fitur pencarian
  • Dan ketik perintah gwmi win32_bios | f1 SerialNumber> lalu klik enter
  • Dan kemudian setelah itu akan muncul kode serial number yang kamu maksud

5. Cara Cek Serial Number Laptop di Kemas pun kamu bisa laptop

Cara cek serial number laptop selanjutnya baik merek apa saja kamu bisa mengeceknya di bagian kemasan laptop pada saat kamu membelinya.

Dan biasanaya di kotak bungkusan produk dari pabrikan ini akan menampilkan berbagai informasi mengenai laptop termasuk serial numbernya. Dan informasi yang tersedia umumnya adalah tipe laptop, spesifikasim fitur dan serial number.

Dan pengecekan ini cukup populer bisa kamu gunakan untuk semua merek laptop baik Acer, Asus, lenovo dan lainnya.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Cek Serial Number Laptop

Apakah serial number berbeda?

Ya, setiap laptop pasti mempunyai nomor seri atau serial number yang berbeda-beda.

Bagaimana bentuk serial number?

Serial number ini terdiri dari kombinasi angkat dan juga huruf dan dibutuhkan untuk mengecek jenis garansi, keaslian produk dan servis.

Artikel Menarik Lainnya: