Cara Cek Sinta Jurnal Internasional dengan Mudah (Pemula)

Sinta (Science and Technology Index) merupakan laman ilmiah yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang menyediakan daftar jurnal nasional terakreditasi. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui cara cek Sinta Jurnal kamu bisa simak artikel ini.

Ada beberapa cara cek Sinta Jurnal dan tim Mustakim Media akan menjelaskan caranya secara lengkap simak sampai akhir ya!

Cara Cek Sinta Jurnal

Nah, pada bagian ini kami akan memberitahukan beberapa langkah cara cek Sinta Jurnal dengan mudah dan cepat. Adapun berikut beberapa langkah cara cek Sinta Jurnal, diantaranya adalah:

1. Buka Situs Sinta

Nah, langkah yang pertama cara cek Sinta Jurnal kamu bisa membuka situs resmi Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/ situs ini merupakan salah satu situs resmi dari Kemendikbudristek yang menyediakan informasi mengenai jurnal ilmiah yang terindeks oleh Sinta.

2. Pilih “Jurnal”

Selanjutnya untuk membuka situs resmi Sinta, langkah selanjutnya adalah memilih “Jurnal pada menu di bagian atas halaman web. Dengan memilih “Jurnal” pengguna akan diarahkan ke halaman yang menampilkan semua jurnal yang terdaftar di Sinta.

3. Cari Nama Jurnal

Dan pada halaman selanjutnya pengguna dapat mengecek nama jurnal yang ingin diketahui status indeksnya di Sinta. Cari dengan menggunakan kotak pencarian di bagian atas halaman web. Setelah mengetik nama jurnal di kotak pencarian tekan tombol “Cari” untuk melihat hasil pencarian.

4. Cek Status Indeks Jurnal

Selanjutnya setelah mengetik nama jurnal yang ingin diketahui status indeksnya, pengguna akan diarahkan ke halaman yang menampilkan detail dari jurnal tersebut.

Pada halaman detail, pengguna dapat melihat status indeks jurnal pada bagian kanan atas halaman web. Status indeks jurnal di Sinta dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  • Sinta 1 (S1): Jurnal yang memiliki skor indeks Sinta paling tinggi dan masuk kategori jurnal terbaik di Indonesia
  • Sinta 2 (S2): Jurnal yang memiliki skor Indeks Sinda sedang dan masuk dalam kategori jurnal yang cukup baik di Indonesia
  • Sinta 3 (S3): yaitu jurnal yang memiliki skr indeks Sinta rendah dan masuk kategori jurnal yang perlu peningkatan di Indonesia
  • Tidak terindeks: artinya jurnal yang tidak terdaftar dalam sistem indeks Sinta

5. Lihat Skor Indeks

Selain melihat status indeks jurnal pengguna juga bisa melihat skor indeks jurnal di Sinta pada halaman detail jurnal. Skor indeks jurnal di Sinta diberikan berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh Kementrian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dan kriteria yang digunakan meliputi kualitas artikel yang diterbitkan, ferkuensi terbit, dan kepatuhan terhadap pedoman yang ditetapkan Kemendikbudristek.

6. Cek Detail Jurnal

Selain melihat status indeks dan skor indeks Jurnal cara cek Sinta Jurnal kamu juga perlu melihat detail jurnal pada halaman detail jurnal di Sinta.

Detail jurnal yang dapat dilihat antara lain adalah informasi tentang penerbit jurnal, editor, editorial board, ISSN dan informasi lain yang berkaitan dengan jurnal tersebut.

7. Mengecek Jurnal dengan Kategori Tertentu

Cara cek Sinta Jurnal selanjutnya kamu bisa memilih kategori yang tersedia seperti kategori jurnal terakreditasi, kategori jurnal ilmiah terpopuler, kategori jurnal yang terdaftar di DOAJ dan sebagainya.

8. Cek Jurnal Berdasarkan Institusi

Selanjutnya cara cek Sinta jurnal dengan berdasarkan institusi kamu bisa pilih fitur mengecek jurnal berdasarkan institusi tertentu dan melihat jurnal-jurnal yang terdaftar di Sinta dari Institusi yang kamu cari.

9. Cek Jurnal Dengan Skor Indeks tertentu

Sinta juga menyediakan fitur untuk mengecek jurnal dengan skor indeks tertentu  misal dengan skor jurnal indeks 500-700.

10. Cek Jurnal dengan Kategori Ilmu Tertentu

Dan untuk cara cek Sinta Jurnal yang terakhir kamu bisa memilih fitur untuk mengecek jurnal berdasarkan kategori ilmu tertentu. Ada beberapa kategori ilmu yang tersedia seperti ilmu sosial, ilmu teknologi, ilmu kedokteran, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa langkah cara cek Sinta Jurnal secara mudah dan cepat. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform tersebut untuk memudahkan kamu mencari dan cek jurnal yang kamu maksud.

Fungsi Sinta Jurnal

Selain mengetahui cara cek Sinta Jurnal berikut beberapa fungsi dari cek Sinta Jurnal ini penjelasan yang perlu kamu ketahui, dianatarnya adalah:

  • Fungsi pertama Sinta ini berfungsi sebagai media bagi para dosen atau peneliti untuk menerbitkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. selain itu melalui Sinta para dosen dapat dengan mudah mengurus penerbitan Jurnal secara Mandiri.
  • Selain itu, fungsi lainnya adalah melakukan penilaian terhadap kinerja jurnal nasional yang telah dipublikasikan oleh seluruh dosen dan peneliti di Indonesia.
  • Fungsi lainnya kamu juga bisa melihat skor dari berbagai kategori berdasarkan tingkat akreditasi tertinggi sampai terendah
  • Memberikan kesempatan bagi para dosen dan peneliti untuk terus meningkatkan kualitas publikasinya agar dapat mencapai kategori Sinta 1 atau S1
  • Dengan adanya Jurnal Sinta terbukti memberikan referensi jurnal nasional berkualitas kepada publik serta mendorong dosen untuk meningkatkan kualitas tulisan artikel ilmiah mereka

Cara Jurnal Bisa Terindeks di Sinta

Untuk jurnal dapat terindeks di Sinta, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu:

  • Langkah pertama daftarkan jurnal ke ARJUNA jurnal yang akan diterbitkan di Sinta sebaiknya didaftarkan untuk dinilai akriditasinya melalui laman ARJUNA secara online
  • Selanjutnya proses penilaian akreditasi Subdit Fasilitas Jurnal Ilmiah, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek akan menugaskan Asesor Akreditasi untuk melakukan penilaian terhadap jurnal dan menentukan kategori akreditasi
  • Selanjutnya tahap peringkat berdasarkan indeks Google Scholar dan Scopus setelah masuk ke kategori antara Sinta 1 sampai 6 jurnal dinilai berdasarkan indeks Google Scholar
  • Kemudian proses akreditasi proses ini merupakan penilaian Jurnal Sinta dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Direktur pengelolaan kekayaan intelektual
  • Dan yang terakhir menunggu periode evaluasi jika sebuah jurnal sudah di daftarkan ke ARJUNA tetapi belum terindeks di Sinta maka diharapkan dapat menunggu periode evaluasi dan akreditasi berikutnya

Dengan menggunakan sistem daring dan proses yang relatif tidak sulit, publikasi melalui jurnal Sinta dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan reputasi serta memudahkan para dosen dalam menerbitkan hasil riset mereka.

Demikian penjelasan mengenai cara cek Sinta Jurnal kamu bisa mengikuti beberapa tahapan di atas dan cek apa yang kamu inginkan apa yang akan kamu cek di Sinta Jurnal tersebut apakah kategorinya atau skornya dan lainnya.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Cek Sinta Jurnal

Sinta Jurnal untuk apa?

Jadi, Sinta Jurnal ini mencari sumber referensi berupa jurnal nasional dengan kualitas berupa jurnal nasional dengan kualitas yang diakui oleh Kemendikbud Ristek.

Apa Kepanjangan dari ARJUNA?

Jadi, ARJUNA itu merupakan kepanjangan dari (Akreditasi Jurnal Ilmiah nasional) merupakan sistem layanan terpadu yang digunakan untuk kegiatan penilaian.

Dalam penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan Jurnal Ilmiah.

Artikel Menarik Lainnya: