Cara Cek Touchscreen Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia

Membeli HP Xiaomi, tentu saja kamu harus tahu bagaimana cara cek touchscreen Xiaomi dengan baik juga tepat.

Dengan mengetahuinya, maka kamu dapat mengecek bagaimana kualitas dan performa dari layarnya. Apakah rusak, apakah dibeli dalam keadaan baik atau bahkan sebaliknya. Nah, di dalam ulasan kali ini kamu akan tahu beberapa cara untuk melakukan pengecekan.

Cara Cek Touchscreen Xiaomi dengan Mudah

Mendapati sebuah layar HP yang bermasalah, tentu saja menjadi sebuah kondisi yang mengesalkan. Pun membuat khawatir. Apalagi jika HP tersebut baru saja dibeli.

Dengannya, agar tidak timbul masalah tersebut. Maka bagaimana cara cek touchscreen Xiaomi penting untuk diketahui dengan sangat baik, pun dilakukan untuk memastikan apakah layarnya masih original atau bahkan sudah diganti oleh pemilik sebelumnya. Nah, bagaimana dan apa saja caranya?

1. Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek touchscreen Xiaomi ini dilakukan dengan sistem dial, atau panggilan menggunakan kode hingga nomor khusus. Yakni kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kode *#*#64663#*#*. Dengan cara:

  • Pertama, langsung buka menu panggilan atau Telepon di HP Xiaomi milik kamu
  • Selanjutnya tinggal masukkan kode tadi, di *#*#64644#*#* guna memunculkan menu hardware rahasia yang dapat diketahui dengan kode tersebut
  • Secara otomatis, sistem akan memunculkan banyak opsi pilihan informasi perangkat. Dan untuk mengecek touchscreen HP Xiaomi kamu, bisa langsung pilih Color
  • Selanjutnya, nanti terdapat tes warna yang memuat tiga warna sekaligus. Yakni diantaranya adalah hijau, merah dan biru. Jika warna yang ditampilkan sesuai dengan pilihan, berarti tidak ada masalah pada warna layar HP Xiaomi kamu
  • Kemudian untuk menguji kondisi layar lainnya, kamu dapat kembali ke tampilan menu dan pilih Toucscreen Edge saja
  • Setelah perintah tersebut dilakukan, maka layar akan menampilkan kotak garis juga pola tertentu. Fungsi dari kotak tersebut guna menguji sensitivitas dari layarnya langsung
  • Lakukan tekan dan tahan pada kotak yang disediakan, kemudian geser sesuai dengan pola yang ada
  • Kemudian, jika seluruh kotak berwarna hijau pada layar Xiaomi berarti tidak memiliki masalah
  • Sebaliknya, jika ternyata kotaknya tidak ada perubahan menjadi hijau. Maka hal tersebut bisa jadi adanya suatu masalah pada HP kamu.

2. Menggunakan Aplikasi Screen Test Pro

Selain menggunakan kode rahasia tadi, ternyata cara cek touchscreen Xiaomi dapat coba kamu lakukan dengan penggunaan aplikasi tambahan. Saat ini banyak developer atau pengembang aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk mengecek bagaimana kualitas layar pada HP Xiaominya.

Satu diantaranya adalah aplikasi Screen Test Pro, aplikasi yang menawarkan pengguna untuk dapat menguji layar. Mulai dari sensitivitas warna, sentuhan, hingga resolusi layar dan fitur lainnya. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Screen Test Pro secara langsung
  • Setelah dipasang aplikasinya, maka langsung saja buka aplikasi Screen Test Pro tersebut
  • Pada halaman awal aplikasi, nanti akan banyak opsi pengujian layar yang bisa kamu coba
  • Pilih saja salah satu, dan nanti saat pengujian dilakukan. Maka layar akan menampilkan sesuai opsi pengetesan yang dipilih
  • Untuk dapat mencoba test layar lainnya, tinggal tekan ikon kembali pada layar HP Xiaomi dan pilih jenis pengujian layar yang ingin diketahui.

3. Touchscreen Test

Ya, masih berbicara tentang aplikasi. Ternyata aplikasi buatan resmi dari Mokshyn ini menawarkan performa yang sangat baik untuk dijadikan salah satu alternatif cek touchscreen di HP Xiaomi.

Aplikasi satu ini dapat membantu pengguna Xiaomi mengecek layarnya secara gratis dari Google Play Store. Dan tentu saja terdapat banyak fitur untuk mengecek kondisi layar secara maksimal.

Bahkan di dalamnya terdapat beberapa menu yang dapat digunakan untuk mengetahui beberapa kondisi warna yang dihasilkan.

4. Multi Touch Test

Masih juga menggunakan aplikasi, cara cek touchscreen Xiaomi ini pun bisa coba dilakukan saat HP Xiaomi kamu digunakan saat menggunakan dua jari atau lebih.

Bagi Xiaomi lovers, aplikasi satu ini bisa dengan mudah didapatkan dari Google Play Store secara gratis dan langsung memasangnya tanpa merasa ribet. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Langsung unduh dan install aplikasi Multi Touch Test, dan pastikan bahwa sisa ruang penyimpanan internal Xiaomi kamu mencukupi ya
  • Kemudian langsung buka aplikasinya, kemudian mulai lakukan pengetesan pada layar
  • Aplikasi satu ini memungkinkan kamu melakukan 10 jenis sentuhan simultan. Termasuk tes warna sederhana hingga tes warna layar.

5. Menggunakan Aplikasi Display Tester

Kemudian cara cek layar atau toucscreen di Xiaomi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Display Tester. Aplikasi ini dapat menyediakan fitur pengecekan layar HP Android, pun tentu saja HP Xiaomi kamu.

Aplikasinya sendiri sudah banyak digunakan, pun aplikasi ini telah menyediakan beragam jenis bentuk pengujian. Kamu dapat menguji tingkat kecerahan warna, kontras, gradasi hingga kalibrasi warna dan sebagainya.

6. Fix Dead Pixels

Lalu cara pengecekan toucscreen Xiaomi terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Fix Dead Pixles. Bagi pengguna Xiaomi, pastinya sudah tahu betul jika layar Super Amoled memiliki kekurangan dalam hal rentang terkena Dead Pixel.

Dead Pixel atau Shadow pada layar dengan tipe Super Amoled, memang terbilang sangat meresahkan. Namun bisa diatasi dengan sangat baik. Aplikasi ini dapat memungkinkan kamu untuk mendeteksi serta mengembalikan layar Super Amoled Shadow dengan beragam langkah.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Apakah Cek Touchscreen Xiaomi Menggunakan Kode Panggilan Berbayar?

Tidak, kamu bisa melakukannya secara gratis tanpa dibebankan penggunaan pulsa.

Apakah Cek Touchscreen Xiaomi Menggunakan Aplikasi Harus Bayar?

Tidak, aplikasi di atas semuanya gratis an semua aplikasinya memiliki ukuran ringan.

Artikel Menarik Lainnya: