Cara Daftar UM PTKIN 2023: Cek Syarat & Jadwalnya Disini!

Bagaimana cara daftar UM PTKIN 2023? Kamu yang sedang mencari kampus Islam untuk kuliah penting banget tahu hal ini nih.

1 Fashion murah

UM PTKIN jadwalnya biasanya di umumkan oleh kementerian agama RI melalui halaman web mereka. Syarat dan proses pendaftarannya bisa kamu temukan secara lengkap di artikel ini. Baca lanjut.

fashion muslim murah

Apa Itu UM PTKIN?

UM PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ini adalah ujian nasional yang diadakan oleh Kementerian Agama dan digunakan sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di Indonesia.

UM PTKIN dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap seleksi administrasi dan tahap ujian tulis.

Pada tahap seleksi administrasi, calon mahasiswa akan diminta untuk mengunggah berbagai dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai ke dalam sistem yang telah disediakan oleh Kementerian Agama.

Kemudian, pada tahap ujian tulis, calon mahasiswa akan diuji kemampuan akademik mereka dalam beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan pelajaran-pelajaran agama.

1 Fashion murah

UM PTKIN merupakan ujian yang sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Setiap tahunnya, ribuan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia bersaing untuk mendapatkan kesempatan masuk ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri melalui UM PTKIN.

Perguruan tinggi keagamaan Islam negeri sendiri memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Oleh karena itu, UM PTKIN menjadi salah satu upaya untuk memilih calon mahasiswa yang terbaik dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

Syarat Daftar UM PTKIN

Berikut adalah persyaratan daftar UM PTKIN 2023 yang biasanya diperlukan:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Calon mahasiswa UM PTKIN haruslah WNI.

1 Fashion murah

2. Lulusan SMA atau sederajat

Calon mahasiswa UM PTKIN harus memiliki ijazah SMA atau sederajat.

3. Memiliki nilai UN tertentu

Calon mahasiswa UM PTKIN harus memenuhi persyaratan nilai ujian nasional (UN) yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama.

4. Memiliki nilai rapor yang baik

Selain memenuhi persyaratan nilai UN, calon mahasiswa UM PTKIN juga harus memiliki nilai rapor yang baik.

5. Menyerahkan dokumen pendukung

Calon mahasiswa UM PTKIN harus menyerahkan dokumen pendukung seperti ijazah, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat.

6. Tidak sedang terlibat kasus hukum

Calon mahasiswa UM PTKIN harus bersedia menandatangani surat pernyataan bahwa ia tidak sedang terlibat dalam kasus hukum.

7. Bersedia mengikuti tes seleksi

Calon mahasiswa UM PTKIN harus bersedia mengikuti tes seleksi yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama.

1 Fashion murah

8. Tidak memiliki keterbatasan fisik yang mengganggu

Calon mahasiswa UM PTKIN harus tidak memiliki keterbatasan fisik yang mengganggu dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Itulah beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk mendaftar UM PTKIN 2023. Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan agar dapat mendaftar dengan baik.

Namun, persyaratan yang dibutuhkan dapat berbeda-beda antara satu PTKIN dengan PTKIN lainnya, jadi pastikan kamu juga mengecek persyaratan khusus yang dibutuhkan oleh PTKIN yang kamu pilih.

Cara Daftar UM PTKIN Tahun 2023 Secara Online

Berikut adalah langkah-langkah cara daftar UM PTKIN tahun 2023 secara lengkap:

1. Pastikan kamu memenuhi persyaratan

Sebelum mendaftar UM PTKIN, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Agama. Beberapa persyaratan yang biasanya dibutuhkan antara lain adalah ijazah SMA atau sederajat, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat.

2. Kunjungi situs resmi UM PTKIN

Kunjungi situs resmi UM PTKIN di alamat https://umptkin.kemenag.go.id/ untuk memulai proses pendaftaran.

1 Fashion murah

3. Buat akun

Setelah masuk ke situs resmi UM PTKIN, buat akun dengan mengisi data yang diminta seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon.

4. Isi formulir pendaftaran

Setelah berhasil membuat akun, isi formulir pendaftaran dengan data yang diminta seperti nama lengkap, alamat, dan informasi pendidikan terakhir.

5. Unggah dokumen pendukung

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung seperti ijazah, transkrip nilai, dan surat keterangan sehat. Pastikan semua dokumen sudah di-scan dan tersedia dalam format PDF atau JPEG.

6. Pilih program studi

Setelah berhasil mengunggah dokumen pendukung, pilih program studi yang ingin kamu ambil di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

7. Lakukan pembayaran

Setelah memilih program studi, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran UM PTKIN bervariasi setiap tahunnya, namun biasanya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

8. Cek status pendaftaran

Setelah melakukan pembayaran, kamu dapat mengecek status pendaftaran di situs resmi UM PTKIN menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.

1 Fashion murah

9. Persiapkan diri untuk mengikuti ujian

Setelah pendaftaran selesai, persiapkan diri dengan belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian UM PTKIN. Pastikan kamu memahami materi yang akan diujikan dan berlatih mengerjakan soal-soal ujian.

Itulah langkah-langkah cara daftar UM PTKIN tahun 2023 secara lengkap. Pastikan kamu memenuhi persyaratan dan mengikuti setiap langkah dengan baik untuk memastikan bahwa pendaftaranmu berhasil.

Jadwal UM PTKIN 2023

Jadwal UM PTKIN 2023 belum diumumkan secara resmi oleh Kementerian Agama. Namun, biasanya jadwal UM PTKIN diumumkan beberapa bulan sebelum pelaksanaannya.

Untuk tahun ajaran 2022/2023, jadwal UM PTKIN diumumkan pada bulan April 2022, dan tes seleksi dilakukan pada bulan Juni 2022.

Agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai jadwal UM PTKIN 2023, kamu bisa mengunjungi situs resmi Kementerian Agama atau situs resmi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ingin kamu pilih.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi terbaru melalui media sosial atau website resmi dari PTKIN tersebut.

1 Fashion murah

Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti jadwal UM PTKIN 2023 dengan teliti, agar tidak melewatkan tahapan seleksi yang penting dalam mencapai impian kuliah di PTKIN.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu