Cara Edit Suara di Canva dengan Mudah Bagi User Pemula

Cara edit suara di Canva dapat kamu lakukan untuk menambahkan audio atau suara sehingga hasil video lebih menarik. Melakukan edit suara yang ada di Canva tersebut sebenarnya mudah namun tentu tidak bagi kamu di mana belum pernah menggunakannya.

1 Fashion murah

Editing video di Canva termasuk fitur baru dalam aplikasi yang populer tersebut. Canva bukan hanya aplikasi edit gambar saja sekarang ini namun juga bisa digunakan untuk edit video. Dalam proses edit video tersebut, menambahkan, mengatur, dan mengubah suara bisa dilakukan.

fashion muslim murah

Cara Edit Suara di Canva Secara dengan Mudah

Seperti disebutkan di atas, melakukan editing suara menjadi bagian dari proses edit dan pembuatan video konten di Canva. Ada beberapa proses edit suara yang dapat kamu lakukan langsung di aplikasi Canva, seperti disebutkan di bawah ini.

1. Menambahkan suara di Canva

Proses editing suara di Canva yang pertama adalah dengan menambahkan suara ke dalam video. Ada beberapa cara edit suara di Canva dalam hal menambahkan suara tersebut yang perlu kamu ketahui, seperti disebutkan di bawah ini.

1.1 Buat Proyek atau lembar kerja baru

Langkah pertama dalam proses menambahkan suara ke dalam video pada saat edit menggunakan aplikasi Canva adalah dengan membuat lembar kerja baru. Pilih ikon + dan kamu dapat menentukan akan membuat video dengan ukuran sesuai kebutuhan.

1.2. Pilih Video yang akan diedit

Setelah membuat proyek atau lembar kerja baru, kamu harus memilih salah satu video yang akan diedit. Kamu tidak bisa melakukan cara edit suara di Canva tanpa menambahkan video terlebih dahulu ke dalam lembar kerja baru tersebut.

1 Fashion murah

1.3. Menambahkan suara pada video

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dalam proses menambahkan suara ke dalam Video di Canva. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa menambahkan suara yang ada di aplikasi Canva tersebut.

  • Pilih tanda + di bagian pojok kiri bawah
  • Geser menu di bagian bawah lalu pilih unggahan
  • Pada menu unggahan tersebut, pilih Audio
  • Pilih unggah file jika sebelumnya belum pernah upload suara ke Canva
  • Tentukan suara yang ingin di unggah dari penyimpanan HP
  • Jika unggahan sudah selesai, pilih audio yang ingin dimasukkan.
  • Suara akan otomatis masuk ke dalam lembar kerja di Canva

2. Melakukan edit Suara yang Sudah Ditambahkan di Canva

Setelah menambahkan suara pada lembar kerja di Canva, kamu dapat melakukan editing pada audio tersebut. Proses editing dapat dilakukan dalam beberapa cara seperti disebutkan di bawah ini untuk kamu pahami dan coba.

2.1. Mengatur durasi suara

Cara edit suara di Canva yang sudah ditambahkan dapat untuk digunakan dalam mengatur durasi suara. Kamu dapat mengatur durasi waktu dan posisi dari audio tersebut di dalam video. Pengaturan ini diperlukan agar suara yang dihasilkan sesuai dengan videonya.

2.2. Mengatur efek keluar masuk suara

Edit suara lain yang bisa kamu lakukan di Canva adalah mengatur keluar masukknya suara atau bisa disebut dengan Fade in dan Fade out. Dengan pengaturan ini akan ada efek suara menghilang dari audio tersebut.

2.3. Memisahkan atau memotong suara

Kamu juga dapat melakukan edit untuk memisahkan maupun memotong suara yang telah dimasukan ke dalam Canva. Proses pemisahan dan pemotongan ini dilakukan agar dalam satu suara bisa dipisah – pisah untuk digunakan di durasi dan waktu yang berbeda.

2.4. Mengatur Volume Suara

Cara edit suara di Canva juga dapat mengatur volume yang muncul. Kamu dapat mengatur volume sesuai dengan kebutuhan yang biasanya dibandingkan dengan suara asli pada video. Untuk mengaturnya kamu hanya tinggal memilih menu volume di dalam Canva.

1 Fashion murah

Selain keempat fitur edit yang disebutkan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas lain seperti duplikat suara yang di upload. Kamu juga dapat menambahkan banyak suara pada satu video secara bersamaan.

3. Sinkronisasi Irama

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Canva ini dapat membantu kamu mempermudah editing suara. Mengaktifkan menu tersebut menjadikan suara yang ada akan disesuaikan iramanya dengan video secara otomatis dan langsung.

Meskipun fitur ini menguntungkan, ada kekurangannya yakni kamu harus berlangganan premium Canva terlebih dahulu untuk dapat memanfaatkan fitur Sinkronisasi suara tersebut.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Edit Suara di Canva

Apakah bisa menambahkan Text to Speech di Canva ?

Tidak bisa, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk dapat menambahkan Text to Speech pada canva.

Apakah bisa menambahkan banyak suara dalam satu video di Canva ?

Bisa, kamu dapat menambahkan banyak suara pada satu video di aplikasi canva yang jumlahya sangat banyak.

Apakah bisa melakukan edit suara di Canva tanpa menambahkan Video ?

Tidak bisa, kamu harus menambahkan video untuk bisa mengaktifkan fitur editing suara yang ada di dalam aplikasi Canva.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: