Cara Jualan di Shopee Food untuk Pemula Lewat HP [Mudah]

Baru buka usaha dan ingin usaha berkembang dengan sistem online? Kiranya bagaimana cara jualan di Shopee food untuk pemula lewat HP harus kamu pahami dengan sangat baik.

ShopeeFood sendiri merupakan salah satu platform jasa penyedia pesan antar makanan. Yang beberapa waktu ini sedang banyak digunakan dan menyaingi beberapa platform lain, seperti GrabFood bahkan juga GoFood.

Dokumen dan Syarat Bisa Jualan di Shopee Food

Ternyata untuk membuka usaha makanan atau berjualan di Shopee ini ada dua kategori, berdasarkan usaha individu juga bahkan usaha bisnis yang sudah terdaftar secara hukum.

Jadi masing-masing syarat serta ketentuan dokumen yang diperlukan ada perbedaan, untuk tahu syarat perbedaannya apa saja. Bisa langsung simak penjelasan selanjutnya hingga selesai ya, pastikan semua dokumen dilengkapi secara baik.

Syarat Jualan di Shopee Food untuk Bisnis Individu 

  1. Kitas atau Kartu Tanda Penduduk sah dan masih aktif
  2. NPWP
  3. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atau SPPKP
  4. Foto buku tabungan pribadi masih aktif

Syarat Jualan di Shopee Food untuk Bisnis Terdaftar Hukum

  1. Kartu Tanda Penduduk atau Kitas aktif
  2. NPWP
  3. SIUP atau bisa juga menggunakan NB
  4. Akta Pendirian Usaha
  5. Surat Keterangan Domisili
  6. Foto Buku Tabungan Aktif

Nah, itulah syarat sebagai sebagian cara jualan di Shopee food untuk pemula lewat HP yang harus kamu siapkan. Namun pastikan agar semua dokumennya masih aktif digunakan dan semua dokumennya bisa terbaca secara baik.

Cara Jualan di Shopee Food untuk Pemula Lewat HP

Berikut beberapa tahapan dan langkah bisa kamu lakukan agar bisa berjualan di ShopeeFood secara mudah dan cukup menggunakan HP saja.

1. Install Aplikasi

Ya, langkah pertama  harus dilakukan adalah menginstall aplikasi. Aplikasi yang harus diinstall adalah Shopee Partner, kamu bisa mendapatkannya di Google Play atau bahkan di Apps Store secara gratis.

2. Login atau Sign Up

Sebelum melanjutkan pada proses selanjutnya, kamu bisa langsung masuk atau Login menggunakan nomor ponsel. Namun pastikan sudah registrasi terlebih dahulu.

Registrasi dapat dilakukan dengan menggunakan nomor handphone, nanti akan dikirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor sudah kamu daftarkan sebelumnya.

3. Menentukan Jenis dan Tipe Usaha

Seperti disebutkan tadi, bahwa kamu diberikan pilihan untuk memilih tipe usaha yang akan dikembangkan. Bisa individu atau bisnis yang sudah tercatat secara resmi dan berbadan hukum.

Jika usahanya berupa PT atau CV, maka langsung saja isi pada formulir yang sudah disediakan. Namun jika usahanya dalam bentuk individu atau perseorangan, langsung saja klik Mulai Aktivasi dan pilih tipe bisnis yang ingin kamu daftarkan.

4. Melengkapi Berkas

Perbedaan tipe usaha memang membutuhkan berkas dan dokumen berbeda, bisa kamu simak pada syarat ketentuan sebelumnya. Maka pada proses dan langkah ini, pastikan agar dapat melengkapi dokumen yang diperlukan.

5. Mengisi Data Diri

Kemudian bagaimana cara jualan di Shopee food untuk pemula lewat HP selanjutnya adalah melengkapi data diri secara terperinci. Tepat dan tentu saja sesuai dengan tipe usaha yang akan dikembangkan.

Isi secara jelas serta benar, mulai dari nama hingga jenis dan bentuk usaha yang dilakukan. Jangan lupa isi alamat lokasi usahanya juga, secara benar dan tentu saja harus tepat.

6. Mengunggah Foto Outlet Usaha

Nah, lengkapi berkas foto secara lengkap berdasarkan permintaan serta ketentuan. Pastikan foto outlet terlihat jelas, agar proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak ShopeeFood berjalan lebih lancar. Juga cepat.

7. Melakukan Konfirmasi Daftar

Pastikan agar semua data yang sudah didaftarkan benar, lengkap dan lanjutkan prosesnya dengan Konfirmasi untuk melanjutkan pada tahap berikutnya.

8. Lakukan Verifikasi

Nah, nanti proses verifikasi akun merchant ShopeeFood bisa dilakukan sendiri. Dengan range waktu hingga 14 hari kerja, dan tentu kamu bisa melakukan pengecekan menggunakan aplikasi Shopee Partner atau bahkan menggunakan email secara berkala.

9. Melengkapi Toko

Jika registrasi sudah dilakukan, maka kamu sudah bisa langsung melakukan kelengkapan atas usaha yang sedang dikembangkan. Mulai dari kategori menu, pengaturan jam operasional outlet, atau bahkan beberapa variasi lainnya.

Nah, itulah beberapa cara jualan di Shopee food untuk pemula lewat HP yang bisa kamu lakukan. Pastikan bahwa gadget atau HP kamu dalam keadaan baik, karena semua pesanan akan masuk lewat HP tersebut.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Jualan di Shopee Food untuk Pemula Lewat HP

Makanan dan Minuman Apa Saja yang Bisa Dijual di ShopeeFood?

Semua kategori makanan, asalkan semua ketentuan daftar dapat dipenuhi dengan baik. Serta aman untuk dikonsumsi.

Apakah Daftar Jualan di ShopeeFood Harus Bayar?

Tidak, kamu dapat jualan di ShopeeFood dengan proses daftar tanpa biaya. Alias gratis.

Berapa Lama Proses Daftar Bisa Dilakukan?

Untuk proses daftarnya sendiri sangat cepat, kamu dapat menyelesaikannya hanya dalam waktu beberapa menit. Namun untuk verifikasi dari pihak ShopeeFood memang membutuhkan waktu cukup lama, dan diharapkan kamu harus bersabar ya.

Artikel Menarik Lainnya: