10 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal, Dijamin Berhasil

10 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal, Dijamin Berhasil

Kemudahan meminjam uang secara online menyebabkan banyak orang terjebak tagihan serta bunga yang terus meningkat. Parahnya, banyak pengguna terlanjur memilih aplikasi pinjaman online ilegal.

Kamu dapat mencoba cara kabur dari pinjaman online ilegal untuk menghindari gagal bayar dan gangguan desk call yang terus menghubungi.

Apa yang Terjadi Jika Gagal Bayar Pinjol Ilegal?

Pinjol atau pinjaman online sering memberikan bunga tinggi dan jangka waktu cicilan yang lama. Akibatnya banyak pengguna yang galbay alias gagal bayar. Inilah yang akan terjadi jika kamu telat membayar tagihan.

1. Bunga Terus Bertambah

Bunga pinjaman akan terus bertambah setiap kali telat atau tidak melunasi pembayaran. Nilai bunga tagihan sangat tinggi setiap bulannya, lama-lama jumlah tagihan pinjol semakin tinggi.

2. Dihubungi Desk Call Terus Menerus

Ketika nasabah gagal atau telat membayar tagihan biasanya akan dihubungi terus menerus melalui panggilan hingga pesan SMS. Kalau sudah dibayar-bayar biasanya akan dikirim pesan ancaman.

3. Dicari oleh Debt Collector

Selain dihubungi via panggilan dan SMS, kamu bisa didatangi debt collector ke rumah maupun tempat kerja.

4. Terjadi Kebocoran Data

Inilah pentingnya berhati-hati memilih aplikasi pinjol karena bisa menyebabkan penyebaran informasi pribadi. Bahkan risiko paling parah, IMEI di perangkat kamu bisa diketahui alhasil semua data di hp bisa terbaca.

Bagaimana Cara Agar Terlepas dari Pinjaman Online?

Meminjam uang secara online sangat mudah, dalam hitungan menit uang sudah cair ke rekening. Namun banyak orang yang akhirnya tidak sanggup melunasi tagihan hingga berujung ingin melarikan diri dari jeratan pinjol.

Bagaimana cara kabur dari pinjaman online ilegal?

1. Matikan Data di Getcontact

Untuk menghindari telepon dari desk call  yang terus menghubungi, kamu bisa mematikan fitur visible di getcontact. Dengan mematikan visibilitas di getcontact, kamu tidak akan terlacak oleh penagih.

2. Atur Panggilan di Handphone Agar Tidak Ditelepon Nomor Tak Dikenal

Cara kabur dari pinjaman online ilegal berikutnya adalah mengatur menu panggilan di handphone supaya otomatis blokir. Dengan begitu, handphone kamu tidak akan menerima panggilan dari nomor yang tidak ada di kontak.

3. Hapus Semua Nomor Hp di Kontak dan Cache Handphone

Pinjol ilegal dapat meretas HP serta mengambil informasi nasabah berakibat nomor di kontak kamu dihubungi desk call. Solusinya, hapus semua nomor handphone serta cache di handphone agar teman atau saudara tidak dihubungi penagih.

4. Menghapus Akun Media Sosial serta Email

Dengan menghapus sosial media dan mengubah alamat email bisa membantu kamu agar tidak diteror akibat gagal membayar. Tak hanya menghindari teror via online, keberadaan kamu juga tidak akan mudah dicari.

5. Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dengan Ganti Nomor dan Handphone

Jika mengaktifkan auto blokir panggilan tidak efektif, kamu dapat mengubah nomor hp dan mendaftar menggunakan KTP ibu atau ayah. Selain itu, kamu juga harus mengganti handphone agar tidak terlacak.

6. Pindah Alamat Rumah

Jeratan pinjol bisa dihindari dengan pindah dari rumah ke kontrakan atau kos. Usahakan supaya lokasinya jauh dari alamat yang terdaftar di aplikasi pinjol.

7. Minta Bantuan ke Lembaga Sosial Resmi

Kasus gagal bayar hingga terror desk call sangat tinggi, kalau kamu salah satu korbannya coba minta bantuan ke lembaga sosial. Lembaga ini akan memberi bantuan hukum serta pendampingan secara mental.  

8. Membuat Pengajuan Keringanan dan Waktu Pelunasan

Apabila terjadi gagal bayar karena belum ada dana untuk pelunasan atau waktu penagihan terlalu cepat kamu dapat mengajukan surat keringanan. Caranya bisa melalui DC atau ke perusahaan kredit tunai.

9. Beritahu Pemilik Kontak Darurat

Cara kabur dari pinjaman online ilegal lainnya memberitahu kontak darurat agar tidak ikut diteror oleh DC. Bagi kamu yang mau meminjam uang secara online sebaiknya mencantumkan nomor darurat milik sendiri dari SIM1 atau SIM2.

10. Buat Laporan Pencemaran Nama Baik

Selain meminta bantuan ke lembaga sosial, kamu juga dapat melaporkan debt collector yang terlanjur mengancam keamanan pribadi dan keluarga. Syaratnya sertakan  bukti berupa video, rekaman, atau foto.

Demikianlah cara melarikan diri dari pinjaman online ilegal agar tidak terus diteror.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: