Cara Keluar Dari ColorOS Recovery Oppo A31 dengan Mudah

Cara keluar dari ColorOS recovery Oppo sangat mudah mulai dari melepaskan baterai hingga menggunakan kode. Keluar dari recovery Oppo sangat penting guna mencegah kehilangan data penting di handphone.

Bagaimana cara keluar dari ColorOS recovery Oppo? Pahami informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Masuk ke ColorOS Recovery Oppo

Untuk masuk ke ColorOS recovery Oppo sangat mudah, simak panduan singkatnya berikut ini:

  1. Sebelum masuk ke fitur recovery Oppo, matikan perangkat dengan menekan tombol power atau lewat quick access
  2. Berikutnya, tinggal tekan dan tahan pada bagian volume bawah serta tombol power secara bersamaan
  3. Selanjutnya tinggal tentukan bahasa yang akan digunakan, untuk memilihnya menggunakan tombol volume bawah dan konfirmasi menggunakan tombol power
  4. Setelah itu, tentukan opsi yang ingin kamu lakukan pada perangkat. Dalam memilih opsi masih menggunakan tombol volume bawah lalu tunggu prosesnya hingga selesai

Cara Keluar dari ColorOS recovery Oppo A31

Bagi kamu yang belum memahami recovery mode, fitur ini berfungsi untuk memulihkan sistem operasi pada Android. Cara kerjanya hampir sama dengan reset karena dapat mengembalikan sistem ke setelah pabrik.

Sistem recovery handphone Oppo sangat penting karena bisa melakukan pencadangan ROM, melakukan reset perangkat, memperbarui sistem, hingga install tweak. Untuk mengetahui cara keluar dari ColorOS recovery Oppo gunakan cara-cara berikut ini:

1. Keluar dari ColorOS Recovery dengan Menekan Kombinasi Tombol

Cara keluar dari ColorOS recovery Oppo yang pertama adalah menekan tombol kombinasi. Kamu bisa menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan. Tekan beberapa detik hingga handphone masuk ke mode reboot atau restart.

2. Lepaskan Baterai

Kalau handphone Oppo yang kamu punya belum menggunakan baterai tanam, coba keluar dari color OS recovery dengan melepaskan baterai. Setelah baterai dilepaskan, masukkan kembali dan nyalakan ulang handphone Oppo.

Jangan mencoba cara ini pada handphone Oppo yang menggunakan baterai non-removable atau baterai tanam. Jika ingin mau dilakukan, kamu harus meminta bantuan tempat servis.

3. Coba Flash Firmware

Cara keluar dari ColorOS recovery Oppo lainnya adalah mencoba flash firmware. Kamu harus install sendiri stock ROM versi baru agar bisa melakukan flash. Namun, perlu diperhatikan lagi kalau cara-cara ini memiliki risiko.

Kamu harus memindahkan file penting atau membuat cadangan di cloud sebelum mencoba flash firmware. Flash firmware sangat berguna karena dapat menghapus bug, virus, hingga cache dari perangkat.

4. Gunakan CMD

Coba cara keluar dari colorOS recovery Oppo lewat CMD, caranya cukup mudah kamu hanya perlu menghubungkan handphone dengan laptop. Hanya saja, kamu harus tahu perintah “Command Prompt” di laptop agar cara ini berhasil.

5. Akses Forum Layanan Oppo untuk Meminta Solusi

Cara lainnya adalah mengakses forum layanan Oppo untuk meminta solusi sesuai tipe perangkat yang dimiliki. Layanan pelanggan Oppo dapat kamu akses lewat browser, cara ini cukup membantu para pengguna yang belum paham tentang ColorOS recovery.

Cara Keluar dari Recovery Mode Tanpa Tombol Power Oppo

Keluar dari recovery mode handphone Oppo sangat mudah dilakukan salah satunya tanpa harus menggunakan tombol power.

1. Langsung Klik Reboot

Gunakan touch screen atau tap layar pada opsi “reboot” ketika berada di mode recovery. Setelah itu, handphone akan otomatis memulai ulang dan keluar dari mode recovery tanpa menggunakan tombol.

2. Gunakan Android Debug Bridge

Cara keluar dari ColorOS recovery Oppo tanpa tombol berikutnya adalah menggunakan ADB alias Android Debug Bridge. Cara-caranya sangat mudah, coba hubungkan handphone ke laptop atau komputer lalu gunakan ADB untuk keluar dari mode recovery.

3. Perbaiki Perangkat

Cara lainnya adalah memperbaiki perangkat ke tempat servis. Minta bantuan ahli untuk menganalisis jika terdapat kerusakan pada perangkat.

Kegunaan Melakukan ColorOS Recovery pada Handphone Oppo

Fitur yang disediakan Android ini sangat berguna apalagi untuk perangkat handphone. Kalau handphone kamu sudah mulai mengalami error hal itu menandakan beberapa masalah. Berikut ini sederet kegunaan harus keluar dari ColorOS hp Oppo.

1. Berguna untuk Mengatasi Error pada Perangkat

Masuk ke mode recovery handphone Oppo sangat penting salah satunya untuk mengatasi error pada handphone. Salah satu tanda error pada handphone salah satunya perangkat tidak menyala ketika proses bootlap berlangsung.

2. Mengembalikan Perangkat ke Setelan Pabrik

Mode recovery sering dijadikan salah satu opsi untuk masuk ke mode recovery. Tampilan handphone akan kembali ke awal seperti saat baru dibeli. File sampah, file corrupt, hingga virus akan terhapus secara otomatis.

3. Melakukan Install Ulang pada ROM

Recovery pada handphone Oppo juga digunakan untuk install ulang pada ROM. Kamu bisa menggunakan recovery handphone guna mengembalikan sistem operasi pada perangkat. Kinerja perangkat akan kembali optimal setelah proses install ulang selesai.

4. Dapat Digunakan untuk Menurunkan Versi ColorOS

Selain berfungsi untuk upgrade ColorOS, recovery mode juga dapat digunakan untuk menurunkan versi OS. Ini bisa dilakukan apabila handphone kamu kurang support untuk mendapatkan update OS terbaru.

5. Restore dan Backup Perangkat

Fungsi lainnya adalah melakukan restore serta backup pada perangkat. Sehingga data-data penting yang sebelumnya telah terhapus dapat dikembalikan lagi dengan optimal.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo

Bagaimana Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo dengan Aplikasi?

Kamu bisa menggunakan aplikasi TWRP, CWM, maupun Philz Touch Recovery.

Bagaimana Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo Tanpa Tombol?

Lepaskan baterai dari perangkat kalau handphone kamu tidak termasuk yang menggunakan baterai tanam. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan CMD hingga menggunakan Android Debug Bridge.

Artikel Menarik Lainnya: