Cara Kura Kura Beradaptasi Pecinta Hewan Wajib Tahu

Memahami cara kura kura beradaptasi itu perlu dipelajari oleh para pemelihara hewan tersebut atau peneliti. Sebab, kura kura memang punya cara adaptasi yang unik dan berbeda dengan hewan lainnya. Jadi, cukup penting untuk memahami bagaimana cara kura kura dalam melakukan adaptasi.

Kura kura yang merupakan hewan reptil memang punya cara adaptasi yang unik. Sejumlah hal dilakukan oleh hewan tersebut ketika berada di lingkungan atau tempat baru. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai proses adaptasi kura kura.

Bagaimana Cara Kura Kura Beradaptasi?

Hewan reptile seperti kura kura memang akan melakukan proses adapatasi yang cukup unik. Dengan cara adaptasi yang unik tersebut, kura kura akan bisa lebih nyaman di lingkungan baru. Berikut ini penjelasan tentang cara kura kura beradaptasi.

1. Bentuk Tempurung yang Berubah – ubah

Salah satu cara kura kura beradaptasi dengan lingkungan baru itu bisa dilihat dari bentuk tempurungnya. Biasanya, bentuk tempurung dari kura kura bakal berubah – ubah mengikuti lingkungan sekitar yang ada di dalamnya.

2. Sering Bersembunyi ke Dalam Tempurungnya

Cara lain dari kura kura dalam berdaptasi adalah bersembunyi di dalam tempurungnya. Kura kura akan lebih banyak untuk menghabiskan waktu di dalam tempurungnya ketika berada di lingkungan baru. Ini adalah proses adapatasi yang seringkali dilakukan seekor kura kura.

3. Lebih Sering Berada di Air

Proses adaptasi lainnya yang sering dilakukan kura kura adalah sering berada di dalam air. Kura kura yang sedang melakukan adaptasi biasanya akan lebih senang berada di air. Itu adalah sesuatu yang memang seringkali terlihat dari seekor kura kura yang dibawa ke tempat baru.

4. Berenang Terus – menerus

Berenang terus – menerus juga merupakan tanda dari adaptasi seekor kura kura. Kalau sedang berada di tempat baru, kura kura bakal berenang terus ke sana ke mari. Itu tandanya kura kura tersebut sedang proses adaptasi.

Tips Mempercepat Adaptasi Kura Kura

Ada beberapa tips mempercapat adaptasi kura kura yang dipelihara. Dengan proses adaptasi yang sesuai, kura kura akan betah berada di lingkungan baru. Berikut ini beberapa cara atau tips untuk mempercepat adapatasi kura kura.

1. Sediakan Tempat yang Nyaman

Kalau mau mempercepat proses adaptasi dari kura kura, sebaiknya sediakan tempat yang nyaman. Kura kura butuh tempat atau ekosistem yang tepat. Ketersediaan tempat yang tepat ini menjadi syarat utama agar proses adaptasi kura kura tersebut berjalan dengan lancar.

2. Berikan Makanan yang Tepat

Pemberian pakan yang tepat juga jadi solusi dalam mempercepat proses adaptasi kura kura. Pemberian mekanan yang tepat ini jadi faktor penting yang kadang tak dipahami. Banyak pemelihara kura kura yang berikan pakan sembarangan yang bikin adaptasi kura kura jadi lamban.

3. Jaga Suhu Tempat Kura Kura Dipelihara

Jagalah terus suhu tempat kura kura yang dipelihara. Proses menjaga suhu tempat dari kura kura ini memang jadi sesuatu yang sangat penting. Ketika suhu dijaga dengan baik, proses adaptasi dari kura kura itu sendiri pasti akan berjalan dengan lancar.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Proses Adaptasi Kura Kura

Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat proses adaptasi kura kura. Dengan memahami hal tersebut, tahapan adaptasi seekor kura kura bisa berlangsung lancar. Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari saat proses adaptasi kura kura.

1. Sering Memegangnya

Kesalahan yang sering terjadi adalah sering memegang kura kura yang dipelihara. Hal itu hanya akan membuat proses adaptasi seekor kura kura berjalan dengan lambat. Jangan sering pegang kura kura dengan tangan.

2. Memberi Makanan yang Aneh

Pemberian makanan yang aneh juga menjadi hal yang perlu dihindari saat proses adaptasi kura kura. Banyak yang berikan pakan aneh kepada kura kura. Hal itu adalah sebuah kesalahan besar.

3. Sering Memindahkan Tempat Hidupnya

Sering memindahkan tempat hidup dari kura kura juga jadi biang keladi lamanya proses adaptasi hewan tersebut. Sebaiknya hindari hal ini kalau mau sukses dalam memelihara kura kura.

4. Tak Memberi Cahaya Alami Matahari

Tak membiarkan kura kura kena cahaya matahari alami jadi biang keladi berikutnya. Ini adalah hal yang perlu dihindari saat proses adaptasi kura kura di lingkungan baru. Pastikan kura kura dapatkan cahaya alami matahari yang cukup.

FAQ | Cara Kura Kura Beradaptasi

Apakah adaptasi kura kura berlangsung dalam waktu lama?

Proses adaptasi kura kura di lingkungan baru kadang butuh waktu hingga 1 bulan.

Apakah kura kura bisa adapatasi dengan cepat?

Jika dibandingkan reptile lain, proses adaptasi dari kura kura cenderung lebih lama.

Apakah suhu berdampak pada proses adaptasi kura kura?

Benar. Suhu dari tempat kura kura dipelihara itu berdampak pada proses adaptasi.

Artikel Menarik Lainnya: