2 Cara Log Out Akun Google di HP Oppo Serta Manfaatnya

Seperti yang telah kita pahami bahwa setiap perangkat HP pastinya akan terintegrasi dengan akun Google maka penggunaan aplikasi terinstall bisa lebih maksimal. Lantas bagaimana cara log out akun Google di HP Oppo?

Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana caranya secara lengkap baik cara log out dari web atau dari menu pengaturan. Yuk, simak sampai akhir ya!

Fungsi Akun Google untuk Perangkat Android

Secara umum akun Google atau Gmail memang terintegrasi dengan smartphone android termasuk pada HP Oppo. Dengan integrasi tersebut, maka penggunaan aplikasi terinstall bisa lebih maksimal.

Dan apabila smartphone android kamu tidak terintegrasi dengan Akun Google maka biasanya pengguna tidak maksimal dalam menggunakan aplikasi salah satunya dalam penggunaan Google Play Store.

Dan Google Play Store ini membutuhkan akun Google untuk bisa digunakan, baik untuk update atau mendownload aplikasi yang kamu butuhkan.

Dan selain itu, tentunya faktor keamanan yang dihadirkan Google lebih optimal ketimbang layanan serupa lainnya. meskipun pengguna dapat mengunduh aplikasi dari “Toko aplikasi” pihak ketiga.

Namun, download dari pihak ketiga ini tidak ada jaminan keamananan sehingga tidak banyak digunakan selain itu sering adanya mallware atau virus dan peretasan data.

Dan tentunya hal inilah yang menjadi salah satu alasan bahwa dominasi Google pada ponsel android sangatlah tinggi.

Manfaat Pentingnya Akun Google untuk Android

Nah, sebelum membahas mengenai cara log out akun Google di HP Oppo kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat pentingnya akun Google untuk android dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Media penyimpanan Kontak

Manfaat pertama dari akun Google di HP android adalah untuk penyimpanan kontak kontak hanya bisa disimpan dalam beberapa ratus saja atau batas maksimum. Namun, di akun Google bisa menyimpan sampai ribuan.

Dan kotak itu tidak akan hilang ketika kamu melakukan perpindahan perangkat dari satu android ke android lainnya.

2. Akun Media Soaial dan Media Perpesanan

Dan tentunya pasti tahu media sosial ya akun media sosial salah satunya adalah Facebook begitu pula dengan WA meskipun WA menggunakan nomor akan tetapi untuk backup data tetap menggunakan akun Google.

3. Akun Game Online

Selanjutnya bermanfaat untuk menyimpan akun game online dan hal ini penting ketika HP error dan wajib format ulang maka semua data akan hilang dan jika menggunakan akun Google akan aman.

4. Media Penyimpanan Data

Selanjutnya bermanfaat untuk penyimpanan data seperti aplikasi Google Drive bisa menyimpan berbagai file dan data penting kamu dan akan tetap ada tidak akan terhapus.

5. Surat Menyurat

Dengan Google kamu juga bisa mengirim dan menerima pesan email dan berbagai dokumen di dalamnya secara daring.

6. Mendownload Aplikasi

Selanjutnya dengan akun Google juga kamu bosa mendownload aplikasi dari Google Play Store secara mudah dan gratis.

7. Mengatasi Lupa Pola atau Sandi

Ketika lupa pola atau sandi android kita maka bisa menggunakan nama akun Google beserta kata sandinya untuk membukanya.

8. Online Shop

Akun Google juga sangat penting untuk bisnis seperti online shop seperti Lazada, Olx, Shopee dan lainnya.

9. Mengunci dan Mencari Ponsel Hilang

Dengan akun Google juga bisa mengunci dan mencari ponsel android kamu yang hilang kamu bisa menghapus data penting di dalamnya dari jarak jauh.

10. Media Global for Android

Tanpa akun Google ini untuk kehidupan di android ibarat mati suri karena tidak bisa ini dan itu hanya SMS dan telepon saja.

2 Cara Log Out Akun Google di HP Oppo

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaatnya selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara log out Akun Google di HP Oppo yang kamu miliki jika kamu ingin mengganti Gmail dan lain sebagainya.

Ada dua cara yang akan kami bagikan dalam kesempatan kali ini yaitu cara log out akun Google di HP Oppo menggunakan website atau menggunakan menu pengaturan berikut penjelasannya.

1. Cara Log Out Akun Google di HP Oppo Dari website

Ada beberapa alasan kenapa orang ingin mengetahui cara log out akun Google di HP Oppo salah satunya HP nya akan dijual atau memiliki akun banyak dan ingin menggantinya. Berikut beberapa cara log out akun Google di HP Oppo, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka halaman aktivitas perangkat melalui myaccount.google.com/device-activity
  • Selanjutnya jika kamu belum log in akun Google, maka kamu harus login terlebih dahulu
  • Kemudian kamu bisa pilih perangkat Oppo yang sedang kamu gunakan
  • Dan kamu bisa klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok pada perangkat
  • Dan kamu bisa klik log out untuk keluar dari akun Google tersebut
  • Dan akan muncul notifikasi “Tindakan ini akan menghapus akses ke akun Google anda dari perangkat” konfirmasi dengan logout
  • Dan selesai

Demikian jika kamu menggunakan cara log out dari website selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara log out akun Google di HP Oppo menggunakan menu pengaturan berikut penjelasan lengkapnya.

2. Cara Log Out Akun Google di HP Oppo

Berikut cara log out akun Google di HP Oppo menggunakan cara kedua yaitu menggunakan menu pengaturan, begini cara mudahnya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka menu pengaturan ponsel Oppo yang kamu miliki dan kemudian setelah itu pilih akun & sinkronkan
  • Kemudian setelah itu kamu akan melihat daftar akun yang ada di ponsel kamu dan lanjutkan dengan memilih Google
  • Setelah itu, kamu bisa pilih akun Google yang ingin kamu hapus
  • Pilih hapus dan konfirmasi dengan hapus untuk mengeluarkan akun pada ponsel Oppo kamu
  • Tunggu beberapa saat maka akun tersebut akan terhapus
  • Dan jika di urutkan berikut langkah-langkahnya  buka pengaturan ponsel Oppo> pilih akun & sinkronisasi> Google> pilih akun Google> dan Klik Hapus dan konfirmasi hapus> selesai

Dan perlu kamu perhatikan juga bahwa pilihan hapus di atas tidak berarti menghapus akun Google secara permanen, hanya menghapus akun pada ponsel Oppo. Setelah menghapus akun, kamu tetap bisa login ke akun Google kapan pun yang kamu butuhkan.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Log Out Akun Google di HP Oppo

Apakah data akan hilang setelah menghapus akun?

Tentu tidak, data pada ponsel Oppo kamu tidak akan hilang meskipun akun Google telah dihapus.

Bagaimana cara menghapus akun Google pada ponsel Oppo yang hilang?

Kamu bisa menghapus akun pada ponsel yang hilang dengan Find My Devide melalui browser begini caranya: buka halaman Find My Device> login akun Google yang terhubung perangkat yang hilang> hapus perangkat dan klik konfirmasi hapus perangkat untuk melakukannya.

Apakah dengan hapus perangkat secara jauh bisa menghilangkan data?

Dengan memilih hapus perangkat maka dipastikan semua data yang ada di ponsel yang hilang akan terhapus misal video, foto, data login, aplikasi dan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: