Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Mengenai bagaimana cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store ternyata sangat simple, namun bagi pengguna Android hal ini jelas bukan jadi satu hal gampang.

1 Fashion murah

Android sendiri menjadi salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone masa kini, toko aplikasi online yang resmi biasa digunakan adalah Play Store.

fashion muslim murah

Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Dengan mengetahui tentang bagaimana cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store. Maka berarti nanti kamu akan mengetahui aplikasi apa saja yang sebenarnya pernah diinstall di smartphone Androidnya.

Jika sudah tahu, nanti kamu dapat melakukan hapus riwayat aplikasi atau bahkan mengsintall lagi aplikasi tersebut. Nah, lalu bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Play Store yang sudah terpasang pada ponsel Android yang kamu gunakan
  2. Lanjutkan proses dengan klik profil akun kamu diposisi pojok kanan atas halaman Play Storenya
  3. Disana akan terdapat banyak pilihan opsi, lalu langsung saja pilih opsi Manage Apps & Devices
  4. Pada opsi tersebut ada pilihan lain, antara Overview juga Manage, dan untuk melihat aplikasi yang pernah di download serta pernah diinstall. Langsung pilih Manage
  5. Di menu Manage nanti ada beberapa pilihan lagi, antara Installed. Kemudian ada lagi Updates Available, Games hingga Archived
  6. Untuk bisa melihat aplikasi yang pernah terunduh, langsung saja pilih opsi Installed yang ada ikon segitiga kecil
  7. Klik Opsi tersebut, kemudian pilih opsi Not Installed
  8. Nah, dengan langkah tersebut maka kamu sudah dapat melihat beberapa aplikasi yang telah pernah di download juga pernah terpasang di HP Androidnya.

Bagaimana? cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store sangat mudah bukan?

Dapat dipastikan bahwa aplikasi yang sudah pernah di download akan sangat banyak, dan tentu saja kamu juga memiliki akses untuk melakukan pemasangan kembali. Hingga riwayat pengunduhan aplikasi dihapus secara permanen.

1 Fashion murah

Cara Install Kembali Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Penghapusan, atau pencopotan aplikasi di Android bisa terjadi karena beberapa alasan. Misalnya saja karena aplikasi sudah tidak dibutuhkan lagi, sudah tidak relevan, sudah ada aplikasi yang lebih bagus. Atau karena kapasitas memori HP Android sudah berkurang.

Atas alasan tersebut, sangat memungkinkan kamu untuk melakukan pencopotan aplikasi. Atau penghapusan aplikasi. Kendati demikian, kiranya bukan menjadi satu hal yang tidak mungkin jika kamu ingin memasang atau menginstallnya kembali. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, caranya ikuti 8 langkah sebelumnya dan pastikan terlebih dahulu bahwa masih tersisa ruang kosong pada memori internal Android kamu
  2. Selanjutnya nanti kamu tinggal memilih aplikasi mana yang akan diinstall kembali, namun pastikan bahwa aplikasinya benar-benar dibutuhkan
  3. Bila sudah, langsung klik nama aplikasi atau gambar aplikasi yang akan dipasang
  4. Langsung klik Install untuk melakukan pemasangan dan pastikan bahwa jaringan internet yang digunakan dalam keadaan baik, atau tidak lemot
  5. Jika sudah terpasang kembali, maka aplikasi sudah siap untuk digunakan dan pastikan dapat diakses dengan sebagaimana harusnya.

Itulah beberapa langkah penginstallan kembali pada aplikasi yang sebelumnya pernah di download. Nah, bagaimana jika daftar riwayat pengunduhan aplikasi tersebut ingin dihapus secara permanen?

Cara Menghapus  Riwayat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Langkah atau proses penghapusan ini dilakukan agar Play Store kamu lebih rapi, lebih tertata juga tidak acak-acakan. Bahkan sangat dimungkinkan riwayat pemasangan aplikasi tersebut akan memakan ruang atau memori secara khusus. Lalu bagaimana caranya?

  1. Pertama-tama, langsung saja buka kembali aplikasi Play Store dan langsung masuk ke menu Profile akun Play Store Kamu
  2. Masuk ke menu Manage Apps & Devices
  3. Lanjutkan prosesnya dengan klik menu Manage, lalu pilih opsi Not Installed
  4. Jika sudah, maka kamu hanya tinggal memilah serta menyortir daftar riwayat aplikasi mana yang akan dihapus permanen
  5. Pastikan bahwa penghapusan dapat dilakukan karena aplikasi sudah benar-benar tidak akan digunakan lagi dan tidak ada kemungkinan untuk diinstall kembali
  6. Disebelah nama aplikasi yang pernah di download, terdapat gambar kotak yang siap untuk dicentang
  7. Jika memang ingin dihapus, cukup centang salah satu aplikasi disebelah kanannya
  8. Bila proses centang sudah dilakukan, maka tinggal klik opsi menu tong sampah dengan keterangan “X’ di pojok kanan atas halaman aplikasi Play Storenya
  9. Jika sudah yakin, langsung klik Remove untuk menghapus daftar riwayat aplikasinya secara permanen.

Dengan langkah di atas, kamu tetap bisa melakukan penginstallan kembali. Hanya saja, proses penghapusan ini dilakukan untuk mengilangkan riwayatnya saja. BUkan menghapus aplikasi pada akun, dan kamu tetap bisa memasangnya kembali dikemudian hari.

Agar proses pencopotan aplikasi tidak berulang dan kamu juga tidak melakukan penghapusan riwayat download aplikasi lagi. Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, apa saja?

1 Fashion murah
  • Pastikan agar dapat mengunduh aplikasi yang benar-benar dibutuhkan
  • Jangan iseng
  • Pastikan ruang memori internal hingga RAM cukup untuk melakukan pemasangan aplikasi
  • Bijak dalam menggunakan aplikasi, agar fungsi serta manfaatnya sampai kepada kamu sebagai pengguna.

Nah, itulah bagaimana langkah serta cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store. Pun kamu juga jadi tahu bagaimana cara menginstall kembali aplikasinya, serta menghapus riwayat pemasangan secara permanen.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store

Apakah Pasang dan Copot Aplikasi di Play Store Akan Membahayakan?

Tidak, namun pastikan agar lepas pasang aplikasi dapat dihindari. Karena kita tidak akan tahu risiko seperti apa yang bisa saja terjadi.

Apakah Melihat Aplikasi yang Pernah di Download di Play Store Berbayar?

Tentu tidak, kamu dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengeluarkan modal.

Artikel Menarik Lainnya: