Cara Melihat Efin Pajak yang Sudah & Belum di Aktivasi

Bagaimana cara melihat Efin pajak? Data pajak bisa dilihat di rumah tanpa pergi ke KPP yang harus antri. Cukup buka HP atau laptop kamu sudah bisa cek efin pajak secara online.

EFIN pajak merupakan data Pajak baik perorangan atau lembaga yang telah mendaftarkan diri serta memiliki nomor Pajak.

Adanya EFIN pajak dapat mempermudah melakukan transaksi perpajakan tanpa takut tertipu. Namun masih ada saja yang belum tahu EFIN pajak.

Apa Itu Efin Pajak?

Dilansir dari Onlinepajak.com Electronic Filing Identification Number (EFIN) pajak adalah nomor unik yang di keluarkan untuk wajib pajak di Indonesia oleh DPJ.

Melalui nomor tersebut kamu bisa lakukan mengisi formulir pajak, pembayaran pajak, juga transaksi lain yang berkaitan dengan perpajakan.

EFIN terdiri dari 12 digit numerik yang wajib untuk pelapor pajak online digunakan untuk identifikasi wajib pajak dan informasinya. Jika kamu ingin memiliki EFIN pajak maka lengkapi persyaratan nya.

Syarat untuk Bisa Melihat Efin Pajak

Diatas diuraikan apa itu EFIN pajak dan pasti kamu sudah punya gambaran tentangnya tinggal kamu mengetahui syarat untuk melihat EFIN pajak dan menikmati layanan perpajakan dengan praktis.

Yang bisa melihat EFIN pajak tentunya orang yang sudah wajib pajak dan telah memiliki nomor EFIN yang di dapat dari pendaftaran secara langsung mendaftarkan diri ke kantor KPP terdekat.

Jika sudah memiliki nomor wajib pajak artinya kamu sudah terdaftar di perpajakan dan bisa secara online membuka identitas perpajakan baik EFIN pajak pribadi atau pajak EFIN pajak Badan.

Cara Melihat Efin Pajak yang Belum di Aktivasi

Jika EFIN pajak kamu belum di aktivasi kamu bisa melakukan pengecekan layanan di berbagai media sosial resmi yang telah di siapkan oleh pihak KPP resmi.

Dan berikut ini media yang membantu share informasi yang berkaitan dengan KPP:

1. Melalui Situs Online KPP

Yang pertama kamu bisa mengunjungi situs resmi www.pajak.go.id dan membuka layanan untuk melihat informasi perpajakan atau meminta bantuan layanan.

2. Melalui Twitter resmi KPP

EFIN pajak juga membuka sosial media twitter jadi untuk para pengguna twitter jika kamu membutuhkan informasi mengenai perpajakan tinggal kamu cari di twitter.

3. Melalui Instagram resmi KPP

Selain dari twitter kamu juga bisa meminta layanan jasa mengenai informasi perpajakan bisa melalui Instagram resmi KPP tinggal kamu ,cari saja alamat instagramnya

4. Melalui Facebook resmi KPP

Selanjutnya KPP juga membuka dan share informasi perpajakan melalui Facebook agar para pengguna bisa dengan mudah mendapatkan informasi perpajakan

5. Datangi Kantor KPP terdekat

Terakhir jika kamu dekan dengan kantor KPP kamu bisa langsung saja datang ke kantor tersebut agar mendapat detail informasi yang kamu butuhkan dengan terperinci dan jelas.

Cara Melihat Efin Pajak yang Sudah di Aktivasi

Untuk kamu yang sudah Aktivasi EFIN pajak kamu bisa lakukan beberapa cara dibawah ini untuk melihat EFIN pajak.

Beberapa cara melihat EFIN pajak

1. Melalui Situs Online

Setelah kamu mendaftar di EFIN pajak tentunya kamu memiliki nomor identitas pajak yang bertujuan untuk mengetahui informasi se putaran pajak kamu.

Kamu bisa lihat dengan masuk ke situs www.pajak.go.id lalu login maka akan muncul informasi informasi yang kamu butuhkan.

2. Melalui Layanan Media Sosial

Selain itu juga untuk melihat terkait dengan EFIN pajak kamu bisa meminta bantuan layanan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga bisa lewat Instagram resmi KPP.

3. Melalui Nomor resmi KPP

Untuk mengecek pajak yang sudah Aktivasi kamu dapat langsung menghubungi nomor resmi KPP (Kantor Pelayanan Perpajakan) dan satu panggilan atau whats app call hanya untuk satu pemohon.

Hal ini dilakukan pihak KPP bertujuan agar terhindar dari penyalah gunaan kode EFIN wajib pajak oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab karena memang hal ini bersifat rahasia.

Selain itu juga dengan cara ini kamu bisa meminta permohonan bantuan jika lupa EFIN pajak.

4. Melalui layanan Kring Pajak

Selain dengan cara di atas kamu juga bisa cek melalui agen kring pajak dan bisa menghubungi dengan nomor saluran telepon 1500200, twitter, @kring_pajak juga bisa live chat di www.pajak.go.id.

Namun sebelum menghubungi kamu harus mempersiapkan data yang di perlukan yaitu; NPWP, kartu identitas diri, dan lain sebagainya jika sudah terkumpul langsung saja hubung kring Pajak.

5. Datang langsung ke kantor KPP

Jika kamu banyak waktu sebaiknya kamu datang langsung ke kantor pelayanan perpajakan (KPP) untuk cek informasi tenang perpajakan

Cara Menemukan EFIN Pajak Jika Lupa

Namanya juga manusia terkadang kita dihadapkan dengan lupa termasuk jika lupa EFIN pajak hal ini mungkin sudah kebiasaan yang baru.

Nah jika lupa EFIN pajak sebetulnya kamu tinggal ikuti saja cara melihat EFIN pajak di atas karena memang satu layanan dengan layanan melihat EFIN pajak maka saya tidak akan menjelaskan lagi.

Namun yang harus kamu ingat yaitu mempersiapkan persyaratan yang pasti akan di tanyakan oleh pihak layanan EFIN pajak dan persyaratan nya itu:

  • Siapkan Nomor NPWP
  • Siapkan Kartu Identitas diri
  • Siapkan nomor HP dan surel yang sudah terdaftar di KPP
  • Mengisi formulir yang bisa di dapatkan dari situs resmi Perpajakan

Apakah EFIN Dan NPWP Itu Sama?

Jika dilihat dari fungsinya memang sama sama mengenai perpajakan namun jika dilihat dari caranya tentu saja berbeda antara NPWP dengan EFIN.

Perhatikan saja jika kamu pernah membuat NPWP tentunya tidak menyertakan EFIN pajak tapi sebaliknya jika kamu mendaftar EFIN pajak maka harus di sertakan NPWP.

Jadi uraian di atas bisa di simpul kan bahwa EFIN pajak dengan NPWP tentu saja berbeda.

Artikel Menarik Lainnya: