Cara Melihat Engagement Rate Instagram dan Meningkatkannya

Tak perlu bingung ketika ingin tahu tentang cara melihat engagement rate Instagram. Sebab, cara untuk melihat engagement rate pada medium Instagram itu memang sangat mudah. Kalau paham langkah dan caranya, melihat engagement rate di Instagram bisa dilakukan secara cepat.

Dalam dunia IG, engagement memang jadi dasar untuk kerja sama promosi. Akun yang punya engagement rate yang tinggi pasti bisa dapatkan bayaran yang tinggi juga dari kerja sama promo. Biar mudah dipahami, inilah dia penjelasan tentang cara melihat engagement rate Instagram.

Cara Mudah Lihat Engagement Rate Instagram

Seperti yang telah dijelaskan, melihat engagement rate di IG begitu mudah. Hanya butuh beberapa langkah mudah saja untuk melihat nilai dari engagement rate Instagram. Ini dia beberapa cara mudah untuk lihat engagement rate Instagram.

1. Buka Instagram

Langkah awalnya adalah membuka aplikasi Instagram terlebih dulu. Langkah awal ini dilakukan dengan koneksi internet. Jadi, usahakan untuk memastikan Hp sudah terkoneksi dengan internet.

2. Pilih Profil Akun

Setelah membuka aplikasi Instagram segera datangi halaman profil akun. Letaknya berada di pojok kanan bawah. Langsung saja klik bulatan kecil yang berisi foto profil.

3. Pilih Insight

Setelah berada di halaman akun profil, klik garis tiga di pojok kanan atas. Nantinya akan ada menu baru yang terbuka. Dari menu yang ada, pilih opsi Insight.

4.  Lihat Engagement Rate

Setelah menu Insight dipilih, akan muncul data metrics yang berisikan berapa banyak orang yang melihat profil dan postingan kita. Itulah yang disebut dengan engagement rate.

Fungsi dari Engagement Rate Instagram

Kenalilah juga fungsi dari engagemen rate Instagram. Terdapat sejumlah fungsi penting dari engagemenet rate Instagram. Apa saja sebenarnya fungsi dari engagement Instagram? Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari engagement rate Instagram.

1. Pedoman Seberapa Bagus Akun Instagram

Salah satu fungsi utama dari engagement rate Instagram adalah jadi pedoman seberapa bagus akun IG atau Instagram. Menilai seberapa bagus sebuah akun Instagram memang bisa dilihat dari engagement rate. Dari sana bisa dilihat apakah sebuah Instagram itu bernilai jual atau tidak.

2. Melihat Jangkauan Followers

Data dari engagement rate itu juga berupa jangkauan followers. Jangkauan followers bisa dilihat dari sisi usia, negara sampai dengan gender. Data – data tersebut nantinya bisa diolah untuk kemudian membuat konten seperti apa.

3. Menentukan Bagus Tidaknya Konten yang Dibuat

Menentukan bagus tidaknya konten yang dibuat juga jadi fungsi utama dari engagement rate Instagram. Bagus tidaknya sebuah konten memang dapat dilihat dari engagement rate. Jika engagement rate pada sebuah postingan tinggi, maka postingan itu bisa dianggap bagus.

4. Melihat Berapa Banyak Jumlah Interaksi

Ketahui juga kalau fungsi utama dari engagement rate Instagram adalah melihat berapa banyak jumlah interaksi yang ada pada sebuah postingan. Dengan melihat jumlah interaksi yang ada, pengguna Instagram bisa lebih leluasa dalam membuat konten.

Keuntungan Punya Engagement Rate Instagram Tinggi

Ketika akun mempunyai engagement yang tinggi, banyak keuntungan atau benefi yang bisa didapatkan. Karenanya, berbagai macam keuntungan itu harus dipahami dengan baik. Berikut ini adalah beberapa keuntungan ketika memiliki engagement rate Instagram yang tinggi.

1. Bisa Lebih Mudah Menjual Akun

Bisa jual akun dengan lebih mudah adalah keuntungan ketika memiliki engagement rate Instagram yang tinggi. Ini adalah fungsi yang bisa dirasakan buat yang ingin menjual akun IG dengan cepat.

2. Bisa Dapatkan Paid Promote

Ketahuilah juga bahwa keuntungan ketika memiliki engagement rate Instagram yang tinggi adalah bisa dapatkan paid promote. Mungkin akan ada banyak pebisnis yang ingin mempromosikan usaha mereka lewat Instagram kita yang punya engagement tinggi. Ini adalah peluang bisnis yang menarik.

3. Jadi Populer

Keuntungan lainnya adalah bisa jadi populer di dunia maya. Ini adalah keuntungan ketika memiliki engagement rate Instagram yang tinggi. Popularitas bisa diraih dengan mudah ketika mempunyai engagement Instagram yang begitu tinggi.

4. Makin Sering Diajak Kerja Sama Bisnis

Jika Instagram yang dipunyai memiliki engagement rate yang tinggi, kita juga bisa sering diajak kerja sama bisnis. Kerja sama bisnis ini memang jadi sesuatu yang menguntungkan karena hanya berbekal Instagram. Jadi, ketika punya peluang tersebut, langsung manfaatkan saja.

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Perlu dipahami juga kalau engagement rate Instagram itu bisa meningkat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar engagement rate Instagram itu meningkat. Ini dia beberapa cara untuk meningkatkan engagement rate Instagram.

1. Buat Foto atau Video Kreatif

Cara meningkatkan engagement rate adalah membuat foto atua video kreatif. Pembuatan video kreatif akan langsung meningkatkan jumlah orang yang melihat postingan kita.

2. Sering Posting

Posting dalam intensitas rutin juga penting untuk dilakukan. Sering – seringlah membuat postingan foto dan video supaya engagement rate meningkat.

3. Tingkatkan Interaksi dengan Followers

Cobalah untuk lebih sering berinteraksi dengan followers. Buatlah komunikasi dua arah sehingga akun Intagram bisa lebih hidup. Ini juga bisa berdampak pada meningkatnya engagement rate.

FAQ | Cara Melihat Engagement Rate Instagram

Apakah memiliki engagement rate Instagram yang tinggi itu penting?

Jika ingin kembangkan akun Instagram maka melihat engagemen rate itu penting.

Bisakah meningkatkan engagement rate di Instagram?

Bisa. Banyak cara yang bisa dipakai untuk tingkatkan engagement rate di Instagram.

Bisakah melihat engagement rate di Instagram orang lain?

Tidak bisa. Seseroang hanya bisa lihat engagement dari akun miliknya sendiri.

Artikel Menarik Lainnya: