Cara Melihat ID Pelanggan PLN Pasca Bayar [Online Dan Offline]

Cara Melihat ID Pelanggan PLN Pasca Bayar [Online dan Offline]

Gambar dibuat dengan Canva

Tentang bagaimana cara melihat ID pelanggan PLN pasca bayar ternyata sangat gampang, hal ini harus diketahui saat kamu akan melakukan pembayaran.

Sistem pasca bayar PLN sendiri adalah layanan yang diberikan kepada kamu, untuk menggunakan listrik terlebih dahulu dan membayar tagihan sesuai tanggal serta batas maksimal sesuai ketentuan. Jika lewat dari batas pembayaran, biasanya pengguna akan dibebankan sejumlah denda.

Cara Melihat ID Pelanggan PLN Pasca Bayar dengan Mudah

ID pelanggan PLN sendiri merupakan serangkaian nomor atau angka yang dapat digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar setiap satu bulan sekali. Atau jumlah token yang tersisa pada listrik token PLN kamu.

Namun ID pelanggan yang akan diketahui saat ini, adalah sistem ID pelanggan yang harus diketahui untuk membayar tagihan listrik PLN pasca bayar. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, melalui sistem online serta offline.

1. Menggunakan Struk Tagihan

Ya, cara melihat ID pelanggan PLN pasca bayar pertama offline yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan struk tagihannya. Selain akan tertera dan tercatat nomor ID pelanggannya, di struk tagihan juga kamu dapat melihat nama pelanggan PLNnya.

Jumlah daya yang digunakan di rumah, pun tentu saja besaran jumlah tagihan di bulan tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah, praktis juga cepat. Umumnya bagi kamu pengguna layanan PLN pasca bayar, atau pakai terlebih dahulu lalu bayar.

2. Langsung Lihat di Meteran PLN

Ternyata untuk melihat ID pelanggan PLN menggunakan meteran, tidak hanya diperuntukkan bagi pelanggan pra bayar saja. Namun pengguna layanan pasca bayar PLN pun bisa melakukannya.

Cara ini mudah, kamu hanya tinggal pergi ke tempat dimana meteran PLN ditempelkan. Nanti akan nampak nomor ID pelanggan, bahkan dengan nama pelanggan PLNnya siapa secara jelas.

Untuk mempermudah pencarian ID pelanggan, akan lebih baik jika kamu foto dan nomor ID bisa digunakan saat proses pembayaran tagihan dilakukan. Tanpa lupa.

3. Website Resmi PLN

Jika cara melihat ID pelanggan PLN pasca bayar secara online pertama, kamu dapat melakukannya menggunakan website resmi dari PLNnya sendiri. Website resminya sendiri bisa kamu kunjungi di alamat https://portal.pln.co.id/.

Untuk dapat mengetahui ID PLN di website tersebut, maka kamu wajib tahu nama pemilik ID pelanggannya. Cara ini pun bisa dilakukan untuk membantu teman, atau orang terdekat lainnya.

Jika sudah tahu nama pemilik nomor rekening PLNnya, maka tinggal cari dan cocokkan datanya. Apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah, maka bisa langsung tulis nomor ID pelanggan atau screen capture agar mudah ditemukan.

4. Menggunakan Aplikasi PLN

Kemudian untuk dapat melihat ID pelanggan PLN dengan metode online lainnya, adalah dilakukan menggunakan aplikasi PLN.

Untuk mendapatkan aplikasi PLN Mobile, bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store atau bahkan di Apps Store dengan mudah. Namun pastikan sisa ruang memori HP mencukupi dan pastikan yang didownload adalah aplikasi versi terbaru.

Dengan aplikasi PLN Mobile, maka kamu dapat secara mudah melihat informasi mengenai layanan listrik yang digunakan. Kemudian jumlah pemakaian, bahkan nomor ID pelanggan serta nama pemilik no ID pelanggannya.

5. Melalui Struk Pembayaran Tagihan Online

Dewasa ini pembayaran tagihan secara online sudah berlaku dan banyak digunakan oleh masyarakat. Termasuk dengan pembayaran PLN yang tagihan pasca bayar dapat dilakukan dengan banyak cara.

Mulai dari pembayaran dilakukan menggunakan marketplace, minimarket, atau bahkan aplikasi lain yang memang memiliki kerja sama dengan PLN. Nah, lantas bagaimana cara melihat ID pelanggan PLN pasca bayar menggunakan struk tagihan online?

Kamu hanya perlu membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan listik. Mulai dari Shopee, Alfamart via Alfagift, Tokopedia, atau bahkan beberapa metode lain seperti mBanking.

Dalam struk pembayaran tagihan online pun biasanya akan tercantum banyak informasi, seperti:

  • ID pelanggan
  • Nama pelanggan
  • Daya listrik yang digunakan
  • Waktu pembayaran tagihan
  • Nominal biaya admin pembayaran.

6. Langsung Bertanya ke Kantor PLN 

Opsi dan cara melihat ID pelanggan PLN pasca bayar lain dengan sistem offline, adalah kamu dapat langsung mengunjungi kantor PLN terdekat. Bisa dikatakan bahwa cara ini menjadi cara paling sederhana serta mudah. Namun diharuskan kepada kamu untuk keluar rumah terlebih dahulu.

Sebelum mengunjungi kantor cabang PLN, ada baiknya kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Apa saja?

  • Nama lengkap pemilik rekening listriknya, biasanya akan menggunakan nama lengkap keluarga namun bisa juga nama Idnya menggunakan nama pemilik rumah sebelumnya
  • Alamat lengkap pelanggan PLN
  • Kartu identitas diri, namun biasanya ini optional saja.

Nanti tinggal langsung hubungi petugasnya, sampaikan maksud serta tujuan kamu datang ke kantor apa. Maka untuk beberapa saat maka petugas akan menemukan secara cepat nomor ID pelanggannya. Dan kamu pun bisa langsung melakukan pembayaran tagihan saat itu juga.

Mengapa Tahu ID Pelanggan PLN Pasca Bayar Sangat Penting?

Untuk sistem langganan pasca bayar, tahu ID pelanggan tentu saja digunakan sebagai alat untuk melakukan pembayaran tagihan.

Baik itu dilakukan secara online, atau pembayaran tagihan yang dilakukan secara offline. Jika tidak menggunakan ID pelanggan, maka tagihan listrik tidak akan bisa dibayar dan kamu pun tidak akan bisa menggunakan layanan listriknya.

Dimana Pembayaran PLN Pasca Bayar Bisa Dilakukan?

  1. Bisa langsung mengunjungi PPOB terdekat
  2. Melalui kantor POS
  3. Mobile banking
  4. Marketplace
  5. Atau beberapa jenis platform e-wallet.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Melihat ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Berapa Biaya Denda Jika Pembayaran Telat Dilakukan?

Beragam, bergantung dari jumlah daya yang digunakan oleh masing-masing rumah.

Apakah Melihat ID Pelanggan di Kantor PLN Berbayar?

Gratis, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa hal yang sebelumnya disebutkan.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: