Cara Melihat IP Address Komputer Dengan Mudah

Cara Melihat IP Address Komputer dengan Mudah

Cara Melihat IP Address Komputer dengan Mudah

Cara melihat IP address komputer tidaklah sulit. Hanya dengan beberapa langkah yang sederhana saja, proses melihat IP address pasti bisa dipahami dengan mudah. Sehingga, tak usah bingung sama sekali untuk melihat IP address pada sebuah komputer.

IP address memang jadi bagian penting dalam proses koneksi internet. Jadi, jika mau tersambung dengan internet, IP addres jadi hal yang penting dan krusial perannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dari IP address dari sebuah komputer.

Memahami IP Address Komputer

Setiap pengguna dan pemakai internet memang perlu memahami apa itu IP address. Pengetahuan tentang IP address komputer itu akan memberikan banyak keuntungan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dari IP address komputer.

1. Pengertian Sederhana IP Address

Secara sederhana IP address adalah rangkaian angka unik dan dimiliki oleh semua perangkat biar bisa terhubung ke internet atau local network. Dalam prakteknya, IP address ini memiliki nomor khusus yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Dulu IP address memang terbatas pada komputer saja. Kini, IP address juga bisa ditemukan pada di Hp dan ponsel. Satu benang merah yang menghubungkan adalah internet. Identitas alamat bisa berupa komputer maupun Hp.

2. Cara Kerja Ip Address

Cara kerja dari IP address itu tak terlalu membingungkan. Ip address ini berperan dalam menghubungkan satu perangkat ke sambungan internet. Komputer yang terhubung dengan router akan berkomunikasi dengan satu sama lain.

Ketika berada dalam satu jaringan, komputer bisa saling berbagi data dan file. Dengan begitu, sebuah perangkat tersebut mampu beraktivitas secara online dengan mudah tiap harinya.

3. Jenis IP Address

Kenalilah juga jenis – jenis dari sebuah IP address. Terdapat beberapa jenis dari IP address yang penting untuk diperhatikan para pengguna. Ini dia beberapa jenis IP address yang sering ada di dunia.

  • Public & Private IP Address
  • Dynamic & Static IP Address
  • Shared & Dedicated IP Address

Manfaat dan Kegunaan IP Address Komputer

Mengenali dan mengetahui kegunaan dari IP address komputer itu juga sangat penting. IP address ini memang mempunyai manfaat dan kegunaan yang sangat beragam. Ini dia beberapa manfaat dan kegunaan IP address komputer yang perlu diketahui.

1. Memudahkan Proses Komunikasi dalam Jaringan Komputer

Manfaat yang paling nyata adalah memudahkan proses komunikasi dalam jaringan komputer. Proses komunikasi yang cepat dalam satu jaringan ini memang jadi hal yang krusial. Sehingga, peran IP address ini memang sangat penting dan juga krusial.

2. Bisa Berbagi Informasi dengan Mudah

IP address itu juga bisa dipakai untuk berbagi informasi dengan mudah. Kemudahan dalam berbagi informasi memang jadi sesuatu yang penting. Ini adalah fungsi IP address yang sangat dibutuhkan. Dengan IP address yang tepat, proses berbagi informasi akan lebih cepat.

3. Sharing Data dengan Cepat

Selain itu fungsi dan kegunaan dari IP address adalah sharing data dengan cepat. Sharing data dengan lebih cepat memang sering terjadi. Maka dari itu, pastikan IP address sesuai biar proses sharing atau berbagi data penting bisa berlangsung lebih cepat.

4. Dijadikan Sebagai Alamat Lokasi

IP address itu juga berfungsi sebagai alamat sebuah lokasi. Seperti namanya, IP address bisa dijadikan sebagai alamat dari sebuah server. Dalam dunia internet, alamat lokasi ini akan memudahkan proses pemeriksaan dalam banyak hal.

Panduan Melihat IP Address di Sebuah Komputer

Panduan untuk melihat IP address di sebuah komputer tak begitu sulit. Hanya butuh sejumlah cara dan langkah sederhana saja untuk melihat IP address. Ini dia beberapa panduan untuk melihat IP addres di sebuah PC atua komputer.

1. Lewat Command Prompt

Salah satu metode yang bisa dipakai adalah melalui command prompt. Penggunaan command prompt pada komputer memang bisa memudahkan banyak hal. Termasuk cek IP address. Berikut ini cara lihat IP address dengan command prompt.

  • Buka menut Start di komputer
  • Pilih menu command prompt (Windows + R)
  • Di window command prompt ketik “ipconfig”
  • Tekan Enter pada komputer
  • Informasi tentang IP akan terlihat berupa angka – angka

2. Lewat Control Panel di Komputer

Cara berikutnya adalah menggunakan control panel yang ada di komputer masing – masing. Penggunaan control panel tersebut memang bisa mudahkan pencarian informasi tentang IP address. Ini dia cara lihat IP address di sebuah komputer.

  • Buka menu Start di komputer
  • Pilih menu Control Panel
  • Pilih menu Network and Internet di Control Panel
  • Klik Network and Sharing Center
  • Klik Detail untuk lihat informasi IP addres di komputer sendiri

3. Lewat Pengaturan Jaringan & Internet

Opsi lainnya untuk lihat IP address adalah lewat pengaturan jaringan dan internet. Pengaturan jaringan dan internet itu bisa dilakukan secara mudah juga. Berikut ini cara lihat IP address lewat pengaturan jaringan & internet.

  • Pilih atau buka menu Start
  • Lanjutkan dengan pilih Settings
  • Pilih Network & Internet
  • Pilih Wifi atau Ethernet
  • Informasi tentang IP Address pada komputer akan terlihat

FAQ | Cara Melihat IP Address Komputer

Apakah fungsi utama dari IP address di komputer?

Sebagai alamat dari komputer yang dipakai untuk akses internet.

Apakah bisa internetan tanpa IP address?

Tidak bisa. Semua komputer harus mempunyai IP address.

Apakah IP address bisa diganti?

Bisa. Ada beberapa metode untuk ganti IP address.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: