Cara Melihat Nomor Pelanggan PDAM dan Cek Tagihannya

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi penggunanya dimana dengan PDAM persediaan air minum akan tetap terjaga. Bagi kamu yang merupakan salah seorang pelanggan PDAM tentunya memiliki kewajiban untuk bayar.

Cara bayar pun pun mudah kamu bisa menggunakan nomor pelanggan PDAM sebagai nomor tujuan pengisian. Lantas bagaimana cara melihat nomor pelanggan PDAM jika nomor tersebut hilang? Tenang, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai akan dijelaskan lengkap.

Pentingnya Nomor Pelanggan PDAMN

Selama kamu berlangganan air di PDAM kamu juga akan senantiasa memerlukan data nomor pelanggan. Dan sayangnya, struk termasuk benda yang sangat mudah hilang, jadi artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara melihat nomor pelanggan PDAM jika lupa atau hilang.

Nomor pelanggan PDAM di struk pembayaran merupakan sebuah identitas yang diberikan oleh PDAM sebagai identitas pelanggan untuk mengenali mereka.

Dan nomor ini diperlukan ketika pelanggan ingin melakukan transaksi pembayaran atau menggunakan layanan apa pun yang disediakan oleh PDAM. Dan tanpa nomor tersebut transaksi atau layanan tidak akan bisa diproses.

Nomor pelanggan PDAM bukan hanya berguna saat pelanggan ingin melakukan pembayaran secara offline. Ketika transaksi ingin dilakukan secara online, keberadaan nomor ini pun bahkan lebih diperlukan.

Nomor pelanggan ini menjadi data yang paling valid untuk bisa memproses transaksi terkait dengan keperluan biaya berlangganan biaya ini memang harus dibayarkan karena pelanggan telah menggunakan jasa PDAM.

Dengan demikian. Layanan air bersih tetap bisa diberikan pada waktu-waktu selanjutnya. kamu bisa membayar tagihan air secara offline dengan mengunjungi kantor PDAM terdekat

Karena betapa pentingnya nomor pelanggan PDAM ini maka jika hilang atau lupa kamu bisa simak beberapa cara melihat nomor pelanggan PDAM di bawah ini. si simak yuk!

Cara Melihat Nomor Pelanggan PDAM

Nah, bagi kamu yang mengalami permasalahan nomor pelanggan PDAM hilang atau lupa kamu bisa simak beberapa cara melihat nomor pelanggan PDAM ini di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Mengecek Meteran Air

Setiap pelanggan PDAM pastinya memiliki meteran air di lokasi berlangganan. Nomor pelanggan air ternyata bisa dilihat pada meteran air. Dan petugas biasanya menempelkan stiker berisi nomor pelanggan pada kaca meteran.

Jadi, kamu perlu membuka tutup meteran terlebih dahulu untuk dapat menemukannya. Dan penempelan stiker ini merupakan kebijakan PDAM setempat. Dengan demikian posisi stiker pada kaca bisa berbeda-beda.

Atau bahkan sebagiannya tidak menempelkan stiker tersebut  dan nanti tulisan di stiker tersebut akan hilang tergerus waktu dan cuaca.

2. Mengunjungi Kantor PDAM

Selanjutnya apa bila stiker tidak ada untuk cara melihat nomor pelanggan PDAM kamu bisa mengunjungi kantor PDAM setempat untuk menerima info terlebih dahulu dan jika kantor tersebut sangat dekat denganmu.

Dan agar kamu tidak terus menerus menanyakan nomor pelanggan ke kantor PDAM setelah mendapatkannya kamu pastikan catat di tempat yang aman.

3. Cek Online Melalui Web

PDAM memiliki website resmi yang dapat kamu akses  untuk dimanfaatkan keperluan pelanggan termasuk mengecek nomor pelanggan. Untuk itu, kamu bisa simak berikut beberapa caranya.

Telusurilah website dimana kamu bisa melakukan pencarian nomor pelanggan dengan memasukkan data nama dan alamat. Setelah itu, tekan tombol cari maka nomor pelanggan PDAM kamu akan ditemukan.

4. Menelpon Call center

Jika lokasi kantor cabang kamu jauh maka kamu bisa menelpon pihak PDAM kamu bisa mengutarakan masalah kamu di telepon dengan memanfaatkan jaringan internet kamu bisa mencari nomor kontak PDAM.

Dan petugas akan senang hati melayani segala permasalahan yang kamu miliki. Namun untuk cara ini pastikan kamu memiliki pulsa agar dapat terhubung ke petugas PDAM.

5. Cek Dengan Menghubungi Akun Resmi

Di era digital ini banyak permasalahan dapat tertangani dengan baik melalui perantara sosial media. tidak terkecuali cara melihat nomor pelanggan PDAM. Caranya temukanlah terlebih dahulu akun resmi media sosial PDAM.

Selanjutnya kamu bisa mengirim pesan pribadi untuk menanyakan nomor pelanggan. Jika pesan tidak segera ditanggapi dalam hitungan hari.

Kamu juga dapat membuat unggahan yang disertai dengan panggilan atau mention untuk menarik perhatian admin sosial media tersebut.

Nah, itulah beberapa cara melihat nomor pelanggan PDAM ternyata cukup banyak caranya sehingga kamu tidak perlu khawatir jika suatu saat kamu membutuhkan nomor pelanggan dan kamu lupa atau hilang.

Dan jangan lupa setelah dapat kamu bisa simpan dengan baik agar tidak hilang lagi dan pusing mencari meskipun ada cara menemukannya.

Cara Cek Tagihan Tagihan PDAM

Selain mengetahui cara melihat nomor pelanggan PDAM selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara cek tagihan PDAM. Karena jika kamu pengguna PDAM kamu berkewajiban untuk melakukan pembayaran setiap bulannya.

Maka dari itu kamu bisa simak beberapa langkah cara cek tagihan PDAM agar tidak telat bayar, begini caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah download dan instal informasi pelanggan PDAM tiap daerah untuk pengguna android
  • Selanjutnya kamu juga bisa masuk ke menu utama dan klik “Billing Info”
  • Kemudian masukkan nomor sambungan nama pelanggan, kemudian tempat tinggal kamu
  • Dan setelah itu kamu bisa pilih agen PDAM sesuai dengan wilayah kamu
  • Dan klik simpan
  • Maka akan muncul detail tagihan yang kamu miliki

Keuntungan Menggunakan Air PDAM

Selain mengetahui cara melihat nomor pelanggan PDAM alangkah baiknya kamu juga mengetahui apa saja keuntungan menggunakan air PDAM, begini penjelasannya:

1. Sudah Pasti Bersih

Nah, keuntungan pertama menggunakan air PDAM adalah sudah pasti bersih dan layak konsumsi untuk mencuci atau pun untuk di minum. Karena PDAM biasanya mengolah air yang berasal dari waduk besar atau sungai di wilayah tersebut.

Kemudian disalurkan ke rumah warga melalui pipa yang telah mereka pasang sebelumnya.

2. Dapat Menghemat Waktu dan Tenaga

Selanjutnya menggunakan air PDAM dapat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan menggunakan air sumur akan membutuhkan waktu saat mengambilnya bagi mereka yang tidak memiliki pompa air.

3. Lebih Murah

Menggunakan air PDAM ini lebih murah karena jika menggunakan air sumur atau air tanah akan dikenakan pajak tinggi karena pengambilan air secara besar-besaran dapat menurunkan permukaan tanah.

4. Di Musim Kemarau Pengguna Air PAM Tidak Akan Bingung

Karena sumber air PDAM memiliki sumber air PDAM ditanggung oleh perusahaan sedangkan air sumur tidak.

5. Kualitas Air Selalu Terjaga

Air PDAM akan terjaga dibandingkan air sumur akan keruh dan mengering di saat kemarau.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Melihat Nomor Pelanggan PDAM

Berapa digit nomor pelanggan PDAM?

Nomor ID pelanggan PDAM ini terdiri dari digit angka yang jumlahnya berbeda-beda tiap daerah mulai dari 7 digit, 8 digit, hingga 10 digit.

Apa penyebab nomor pelanggan PDAM tidak ditemukan?

Ada beberapa penyebab kenapa nomor ID Pelanggan air PDAM kamu tidak ditemukan diantaranya kamu salah memasukkan nomor, nomor belum selesai atau nomor yang dimasukkan kelebihan atau kekurangan kode wilayah di ID pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya: