Cara Melihat Nomor Pendaftaran SNBP

Cara melihat nomor pendaftaran SNBP bisa dilihat dengan mudah melalui halaman situs Sbmptn.ac.id ataupun di link kampus masing-masing yang digunakan untuk mendaftar.

Kamu yang baru mendaftar, perlu banget tahu caranya. Di artikel ini sudah saya tuliskan langkah-langkah melihat nomor pendaftaran SNBP dengan baik dan benar.

Mengenal SNBP dan Sejarah Terbentuknya

SNBP atau Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu sistem seleksi mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

SNBP dilaksanakan secara bersama-sama oleh tiga lembaga yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

SNBP pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 untuk menggantikan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang sebelumnya bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tujuan dari perubahan nama ini adalah untuk menunjukkan bahwa seleksi ini tidak hanya dilakukan oleh PTN, tetapi melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pendidikan.

Sejarah SNBP bermula dari keputusan pemerintah untuk mengubah sistem seleksi mahasiswa baru di PTN dari ujian tulis nasional menjadi ujian seleksi bersama pada tahun 2007.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, keadilan, dan transparansi dalam seleksi mahasiswa baru di PTN.

Seleksi bersama ini diawali dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan pada tahun 2020 diubah namanya menjadi Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP).

Dalam SNBP, calon mahasiswa akan dinilai berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik. Selain nilai rapor, calon mahasiswa juga akan dinilai berdasarkan prestasi dalam bidang olahraga, seni, dan lainnya melalui jalur prestasi.

Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mendaftar melalui jalur undangan untuk mengikuti ujian SNBP.

SNBP menjadi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia.

Meskipun ada beberapa kritik dan kontroversi terkait dengan sistem seleksi ini, SNBP terus ditingkatkan dan disempurnakan untuk memberikan kesempatan yang lebih adil bagi calon mahasiswa untuk meraih pendidikan tinggi di PTN.

Cara Melihat Nomor Pendaftaran SNBP

Berikut adalah langkah-langkah cara melihat nomor pendaftaran SNBP (Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri):

  1. Buka situs resmi pendaftaran SNBP di snmptn.ac.id atau sbmptn.ac.id
  2. Pilih menu “Lihat Pendaftaran” atau “Cek Pendaftaran”
  3. Masukkan data pribadi yang diminta, seperti NIK dan tanggal lahir.
  4. Masukkan kode keamanan yang muncul pada layar.
  5. Klik tombol “Cari” atau “Lihat”.
  6. Nomor pendaftaran SNBP akan muncul di layar bersama dengan informasi lainnya seperti nama, asal sekolah, dan pilihan program studi.

Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan data saat pendaftaran.

Jika masih ada kesulitan dalam melihat nomor pendaftaran SNBP, sebaiknya menghubungi panitia pendaftaran SNBP atau kampus pilihan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya: