Cara Melihat Password Yang Tersimpan Di Akun Google

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google

Cara melihat password yang tersimpan di akun Google itu bisa dilakukan secara mudah. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja, melihat password yang tersimpan di Google bisa berlangsung dengan mudah. Jadi, tak usah bingung untuk periksa password di akun Google.

Banyak yang lupa dengan password akun Google. Kalau lupa, akun Google bisa tak diakses. Karenanya, penting untuk memahami cara mengetahui password di akun Google. Ini dia panduan melihat password yang tersimpan di akun Google.

Tata Cara Lihat Password yang Tersimpan di Akun Google

Melihat password yang tersimpan di akun Google itu cukup mudah. Hanya dengan beberapa proses sederhana saja, cara untuk melihat password yang tersimpan di akun Google itu bisa berlangsung dengan mudah. Berikut ini tata cara melihat password yang tersimpan di akun Google.

1. Melihat Password yang Tersimpan di Google dengan Komputer

Proses melihat password yang tersimpan di Google bisa dilakukan dengan pakai komputer atau laptop. Dengan proses yang cukup sederhana, segalanya bisa berlangsung dengan mudah. Berikut ini cara melihat password yang tersimpan di Google dengan komputer.

  • Bukalah browser yang ada pada komputer atau laptop
  • Pastikan sudah ada akun Gmail yang terkoneksi di dalamnya
  • Buka akun Gmail
  • Pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • Pilih menu setting dan tunggu hingga ada tab baru
  • Pilih menu atau opsi “autofill”
  • Lanjutkan dengan klik “password”
  • Scroll ke bawah hingga ada muncul informasi akun yang simpan password
  • Biar bisa lihat password tekan ikon mata atau “show password”
  • Hafalkan atau catat password tersebut
  • Selesai

2. Melihat Password yang Tersimpan di Google dengan Hp

Selain menggunakan komputer, melihat password yang tersimpan di akun Google juga bisa memakai Hp. Pemeriksaan menggunakan Hp itu juga bisa tak begitu sulit. Berikut ini adalah panduan melihat password di akun Google pakai Hp.

  • Bukalah browser Google Chrome di Hp
  • Ketuk atau klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas
  • Pilih menu setting atau setelan
  • Scroll ke bawah di menu setting tersebut
  • Pilih menu opsi “password” atau “sandi”
  • Pilihlah akun Gmail yang ingin diketahui
  • Jika sudah klik ikon mata untuk dapatkan informasi password
  • Catat atau hafalkan kembali password tersebut
  • Selesai

Tips Biar Tak Lupa Password Akun Google

Password memang jadi hal yang krusial untuk bisa login ke akun Google. Melalui sejumlah tips yang mudah dan sederhana, semuanya akan berlangsung dengan menguntungkan. Berikut ini beberapa tips biar tak lupa password akun Google.

1. Lakukan Pencatatan Password

Jika tak ingin bermasalah dengan lupa password, maka lakukan pencatatan dengan benar. Catatlah password di tempat tertentu. Misalnya di note Hp atau di kertas yang nantinya dimasukkan ke dompet. Hal ini akan mencegah masalah lupa pada akun Google.

2. Buat Password yang Tak Terlalu Rumit

Buatlah password yang tak terlalu rumit supaya terhindar dari yang namanya lupa. Pembuatan password memang harus memakai pakem tertentu. Misalnya mengkombinasikan antara angka dan huruf. Namun sebaiknya tetap membuat password dengan sederhana biar tak mudah terlupa.

3. Gunakan Fitur Auto Login

Gunakanlah fitur auto login biar tak perlu repot dalam menuliskan password. Ini adalah cara yang dapat diandalkan selalu biar tak lupa dengan password akun Google yang digunakan. Jadi, selalu maksimalkan fitur auto login itu terus biar segalanya jadi lebih mudah.

4. Lengkapi Pertanyaan Pemulihan Saat Lupa Password

Melengkapi pertanyaan pemulihan saat lupa password itu juga penting untuk dilakukan. Cobalah untuk melengkapi semua pertanyaan dengan tepat untuk jaga – jaga ketika lupa password. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar tak lupa dengan password.

Tips Membuat Password untuk Akun Google

Ada sejumlah tips dalam membuat password untuk akun Google biar aman dan tak mudah lupa. Dengan proses membuat password yang tepat, ancaman hacker bisa ditanggulangi. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat password untuk akun Google.

1. Membuat Password Berdasarkan Hal yang Disenangi

Buatlah password dari hal yang disukai. Ini juga menjadi tips yang dapat diandalkan juga biar password tak mudah dilupakan. Pembuatan kata sandi dengan hal yang paling dekat dengan diri kita sendiri memang sangatlah penting.

2. Kombinasikan Huruf dan Angka

Kombinasikan huruf dan angka juga jadi tips dalam membuat password untuk akun Google. Proses ini penting untuk dilakukan biar password pada akun Google jadi lebih kuat. Kombinasi yang tepat antara angka dan huruf akan membuat password jadi lebih kuat.

3. Biasakan Aktifkan Email Pemulihan

Aktifkanlah email pemulihan. Pemulihan ini menjadi bagian yang penting biar saat lupa, akun Google tetap bisa diamankan. Jadi, persiapkanlah dua email untuk mengamankan akun. Jika melakukan aktivasi email pemulihan, password akan selalu aman.

4. Jangan Share Password kepada Siapapun

Janganlah share password kepada siapapun. Ini adalah tips dalam membuat password Google yang perlu diperhatikan secara baik dan benar. Bahkan, sangat disarankan untuk tidak memberikan informasi password kepada keluarga sendiri.

FAQ | Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google

Apakah password tetap tersimpan di akun Google?

Pengguna bisa mengatur agar password tetap tersimpan di Google.

Apakah bisa menyimpan password di akun Google?

Bisa. Ada opsi untuk simpan password untuk memudahkan proses login.

Apakah akun Google akan hilang jika pengguna lupa password?

Tidak. Akun Google akan tetap aman meski lupa password.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: