5 Cara Melihat PIN GoPay Yang Lupa Dengan Mudah

5 Cara Melihat PIN GoPay yang Lupa dengan Mudah

5 Cara Melihat PIN GoPay yang Lupa dengan Mudah

Tahu dan paham bagaimana cara melihat PIN GoPay pasti akan sangat berguna, terutama bagi kamu si pelupa dan sering kali tidak terlalu memerhatikan tentang PIN.

Padahal PIN dalam sebuah akun online sangatlah penting, terlebih dalam penggunaan akun GoPay. Nanti PIN dapat digunakan sebagai alat untuk transaksi, melakukan konfirmasi atau bahkan hal lainnya.

Langkah Mudah Cara Melihat PIN GoPay

Penting untuk diketahui terlebih dahulu agar jelas tentang cara melihat PIN GoPay, bahwa sebenarnya tidak ada cara resmi dan apapun jenis langkah yang dapat dilakukan untuk melihat sebuah PIN diberagam jenis aplikasi online mana pun. Termasuk PIN di aplikasi GoPay.

Satu-satunya cara jika kamu ingin tahu apa PINnya, maka langkahnya adalah dengan membuat PIN kali dengan metode lupa PIN. Jika opsi lupa PIN sudah dilakukan, maka kamu bisa membuat PIN baru dan dapat mengingat juga melihat lagi PINnya secara jelas serta hafal. Bagaimana caranya?

1. Buka Terlebih Dahulu Aplikasi GoJek

Pada poin dan langkah cara melihat PIN GoPay  pertama, adalah memastikan untuk bisa masuk di halaman utama aplikasi. Pastikan agar aplikasi GoJek sudah terpasang versi paling terbaru.

Masuk di halaman aplikasi dan cari menu Explore dibagian pojok kanan atas halaman aplikasi.

2. Cari Menu Setting

Di menu opsi Explore pasti akan disajikan beberapa meni dan pastikan untuk memilih menu Pengaturan.

Nah, untuk setting lupa PIN tersebut disimpan di menu Setting atau Pengaturan aplikasi.

3. Klik Menu Lupa Pin

Kemudian cara melihat PIN GoPay selanjutnya adalah dengan klik opsi menu Lupa PIN. Atau jika ingin lebih gampang, saat melakukan konfirmasi transaksi. Klik langsung Lupa PIN dan tidak perlu pergi ke menu Pengaturan.

4. Buat Kode PIN Baru

Setelah di klik opsi menu Lupa PIN, maka kamu akan diberikan perintah untuk menginput dua kali PIN baru dan memasukkan kode OTP yang dikirim ke SMS atau bahkan ke aplikasi WhatsApp.

5. PIN GoPay Selesai Diupdate

Pastikan bahwa PIN yang kamu buat dalam keadaan baik, mudah diingat oleh diri sendiri. Agar tidak lupa lagi dan untuk melihat PINnya tidak harus melakukan pengubahan PIN baru, maka bisa langsung catat saja. Agar mudah untuk diingat.

Nah, itulah sebenarnya yang bisa dilakukan jika kamu ingin melihat PIN yang biasa digunakan GoPay. Apa alasan kamu untuk melihat PINnya jika bukan karena lupa?

Berangkat dari hal tersebut, maka pihak GoJek pun menyediakan fitur dan layanan untuk mengubah PIN baru. Agar kamu dapat melihat, mengingat dan mencatatnya agar PIN tidak lupa.

Namun, Bagaimana Jika PIN GoPay Tidak Berfungsi?

Akan ada kasus dimana kamu sudah benar mengingat PINnya, namun ternyata PIN yang diinput tidak berfungsi dengan baik. Solusinya bagaimana?

1. Masukkan PIN Sebanyak 3 Kali

Sistem dan teknis penggunaannya sebenarnya hampir sama seperti ATM, ketika PIN 3 kali diinput dan terus menerus salah. Maka akses transaksi menggunakan PIN akan terblokir selama 1 jam.

Namun tentu itu hanya sementara, selang 1 jam ke depan nanti kamu sudah diberikan akses lagi untuk memasukkan PIN lama.

2. Memilih Fitur Lupa PIN

Nah, jika ternyata sudah menunggu 1 jam dan PIN lama sudah diinput tetap mengalami kesalahan. Maka satu-satunya jalan akhir untuk menyelesaikan masalah tersebut, adalah dengan memilih fitur Lupa PIN. Persis seperti apa yang telah dipaparkan juga dijelaskan sebelumnya.

Jadi memang benar, bahwa satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengetahui PIN dan menggunakan PIN saat tidak berfungsi dengan baik. Maka jalan utamanya tetap dengan pembuatan PIN baru, lalu kemudian PIN baru tersebut bisa digunakan untuk transaksi.

Apa Sih Sebenarnya PIN GoPay Itu?

Kerap kali menjadi salah satu hal penting, bahkan sangat privat untuk tidak diketahui banyak orang. Agar bisa dapatkan keamanan serta kenyamanan transaksi menggunakan GoPay, maka PIN atau Personal Identification Number diberlakukan secara masif.

Mengandung 6 digit saja, layaknya fungsi PIN dari sebuah mesin ATM. Dan PIN GoPay pun dihadirkan untuk meningkatkan sistem keamanan atas kemungkinan penyalahgunaan hingga pemanfaatan akun GoPay kamu dari orang tidak bertanggung jawab.

Penting untuk diketahui juga, bahwa saat pembuatan PIN GoPay, pastikan untuk dapat menggunakan kombinasi angka yang gampang diingat. Pun juga harus memastikan, bahwa PIN yang kamu gunakan di GoJek, untuk tidak diberikan kepada orang lain. Apalagi GoPay memiliki fungsi.

  1. Melakukan transfer GoPay ke pengguna aplikasi GoJek Lainnya
  2. Dapat melangsungkan transaksi GoPulsa
  3. Bisa digunakan untuk pembayaran transaksi GoTagihan
  4. Dapat melakukan transfer GoPay ke rekening bank konvensional
  5. Pembayaran di Rekan Usaha GoPay
  6. Pembayaran sistem layanan GoPayLater
  7. Digunakan untuk mengubah nomor handphone pada akun GoJek yang kamu miliki

Nah, itulah beberapa jenis manfaat atau kegunaan GoPay sebagai salah satu metode transaksi virtual yang kini digunakan oleh banyak orang.

Namun seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tentang bagaimana cara melihat PIN GoPay sebenarnya tidak ada cara yang real dan pasti. Sebab jika PIN mudah diakses dan dilhat orang lain, maka sistem keamanannya menurun.

Jadi untuk tetap mempertahankan akses aman bagi para pemain, pengelola menghadirkan opsi Lupa PIN sehingga nanti bisa dibuat sendiri dan dapat diingat sendiri.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Melihat PIN GoPay

Apakah Tidak Ada Cara Lain untuk Melihat PIN GoPay?

Tidak ada, satu-satunya cara adalah dengan membuat PIN baru dan mencatatnya secara baik.

Apakah PIN GoPay Bisa Dibuat Panjang?

Tidak ketentuan penggunaan PIN di GoJek sangat simple, hanya 6 digit saja. Namun pastikan agar dapat mengingatnya secara baik ya.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: