Cara Melihat Versi WA Android & IOS Dengan Mudah

Cara Melihat Versi WA Android & iOS dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva

Cara melihat versi WA akan sangat mudah dan tentunya akan ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengetahui versi WA terbaru. Dan hal tersebut tentunya akan membuat kamu ingin mencari WA versi terbaru karena WA lama sering force close dan lain-lain.

Nah, apa pun alasannya dan kamu memerlukan cara melihat versi WA di artikel ini secara lengkap. Yuk, kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini ya untuk cara melihat versi WA baik untuk android atau iOS.

Alasan Perlu memeriksa Versi WA

Sebetulnya tidaklah sulit untuk mengetahui versi WA di ponsel caranya sangat simple dan tidak butuh waktu lama. Dan di sini, kami akan membagikan informasi mengenai cara melihat versi WA secara ringkas.

Dengan bertujuan agar lebih mudah dipahami bahkan, lebih mudah dipraktikan sehingga pengguna tidak perlu mencari informasi tambahan. Apabila informasi ini yang sedang kamu cari, mari sejenak luangkan waktu untuk membacanya.

Tentunya, ada beberapa alasan melatarbelakangi pengguna ketika melakukan pemeriksaan pada versi layanan WA tersebut. Dan salah satunya didasari keinginan untuk memaksakan fitur terbaru WA tersebut.

Salah satunya didasari keinginan untuk memaksimalkan fitur terbaru WA contohnya ketika pengguna ingin memanfaatkan fitur reactions message. Sekedar informasi saja. fitur terbaru ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah memperbarui layanan ke versi terbaru.

Sedangkan apabila masih menggunakan versi lama, bisa dipastikan fitur ini tidak kompatibel artinya, pengguna tidak akan pernah bisa menggunakannya.

Dan juga sebaliknya, ada juga yang melakukannya untuk mengetahui kecocokan dengan ponsel tersebut. Pasalnya, terkadang versi terbaru ini membuat ponsel tidak dapat menjalankan layanan tersebut. Contohnya yaitu sering berhenti secara tiba-tiba.

Sederhananya, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian aplikasi pada ponsel. Kalau terlalu berat, pengguna bisa memutuskan untuk mendowngrade ke layanan sebelumnya.

Tetapi apabila sesuai dengan butuh peningkatan, pengguna dapat memutuskan untuk upgrade atau update layanan, dengan begitu, fitur baru yang dirilis oleh pengembang dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cara Melihat Versi WA

WhatsApp sendiri mengklaim layanan mereka paling aman dengan sistem keamanan enkripsi end to end. Meskipun begitu peretasan hanya bisa terjadi apabila ada celah keamanan. Aplikasi ini tidak luput dari ditemukannya celah keamanan.

Misalnya, di bulan November lalu dilaporkan ada celah keamanan di WhatsApp dengan versi tertentu. Di sini kita pengguna menyadari bahwa penting mengetahui versi WA yang digunakan.

Tujuannya untuk tahu kapan pengguna harus mengunduh versi terbaru, termasuk mendapatkan fitur terbaru. Dan bisanya, fitur ini akan diumumkan oleh WA tidak berdasarkan sistem operasi ponsel melainkan versi WA yang digunakan.

Bagaimana cara kita mengetahui versi WA di ponsel kita? Mustakim Media merangkum cara mengecek versi dari aplikasi WA di android yang tidak berbeda jauh dengan di iPhone. Dan berikut beberapa langkah cara melihat versi WA baik di android atau di iOS, diantaranya adalah:

1. Cara Melihat Versi WA Di Android

1.1 Buka WA dan klik ikon titik tiga

Nah, langkah yang pertama untuk cara melihat versi WA kamu bisa buka palikasi WA yang kamu gunakan dan kli ikon berupa tiga titik yang tersusun vertikal di sudut kanan atas layar.

Selanjutnya ikon ini akan menampilkan kotak dialog menu saat dipilih. Dan kamu bisa memilih beberapa menu lainnya.

1.2 Pilih Menu Setting

Dan untuk langkah yang kedua setelah kotak dialog tadi muncul selanjutnya kamu bisa pilih menu settings di bagian paling bawah. Kemudian pengguna akan dialihkan ke tampilan baru yang menampilkan beberapa menu. Selanjutnya kamu bisa pilih menu di paling bawah yaitu menu “Helf” atau pertolongan.

1.3 Pilih Menu App Info

Nah, di menu “Helf” ini terdapat beberapa menu dan jumlahnya ada 4 menu. Namun, jika ingin mengetahui cara melihat versi wa kamu bisa pilih menu yang terakhir yaitu “App Info”.

Selanjutnya akan disajikan tampilan logo aplikasi WhastApp lengkap dengan nomor versi dari WhatsApp tersebut. Dan kini kamu bisa mengetahui verso aplikasi WA di nomor yang kamu miliki.

1.4 Dan Selesai

Dan jika di tahap ini sudah dipastikan kamu sudah menemukan versi WhatsApp yang kamu miliki itu berapa selanjutnya kamu bisa simpan versi tersebut jika suatu saat dibutuhkan.

Perlu kamu ketahui di bulan November lalu dilaporkan ada celah keamanan di WhastApp versi 2.19.274 di android dan versi 2.19.100 di iOS. Dan celah keamanan ini berupa format MP4 yang di dalamnya bisanya di selipkan malware.

Malware tersebut bisa diisi aplikasi yang digunakan peretas untuk mencuri data dari ponsel koran. Dan tentunya kamu harus semakin hati-hati dalam menghadapi semua itu.

2. Cara Melihat Versi WA di iPhone

Nah, berikut beberapa langkah cara melihat versi WA di iPhone jika cara di atas merupakan cara cek untuk android dan sekarang kita bahas bagaimana cara melihat versi WA di iPhone.

Seperti pada android, cara mengecek sistem operasi iOS yang terletak di menu pengaturan. Berikut beberapa panduan yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:

  • Langkah pertama kamu bisa masuk terlebih dahulu ke aplikasi WA yang kamu miliki
  • Dan pastikan jika kuota internet kamu sudah diaktifkan
  • Kemudian setelah itu, kamu bisa klik menu titik tiga di pojok kanan atas
  • Selanjutnya kamu scrol ke bawah untuk memilih menu “Pengaturan” atau “Settings” pada aplikasi WA yang kamu gunakan
  • Setelah itu, kamu bisa klik menu “General” atau “Umum”
  • Dan kemudian setelah itu kamu bisa memilih menu “About” atau “Mengenai”
  • Lalu kamu akan melihat versi perangkat iPhone yang kamu gunakan.

Jika versi perangkat adalah iOS 9, iPhone tidak bisa lagi bisa di pakai untuk mengakses WA. Namun, jika iOS 10 atau di atasnya, perangkat tetap bisa dipakai mengakses WA per 1 November 2021.

Perbedaan Versi Baru dan Versi lama

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara melihat versi WA mari kita ketahui bagaimana cara melihat perbedaan versi baru dan versi lama. Dan berikut agar semakin paham kamu bisa simak penjelasan berikut di bawah ini.

Jadi, versi ini berupa kode angka. Pengguna bisa memeriksa kecocokan versi ini dengan versi terbaru. Dan apabila termasuk versi terbaru, pengguna tidak perlu lagi melakukan update layanan.

Dan tentunya, pengguna sudah bisa menggunakan fitur baru yang di rilis oleh pihak layanan. Dan pengguna bisa mencari informasi mengenai versi terbaru yang baru rilis kemudian cocokan kode yang muncul setelah pemeriksaan dilakukan.

Dengan begitu kamu akan mengetahui itu kode terbaru atau kode yang sama yang sudah kamu gunakan jika di rasa sama kamu bisa memilih kode versi terbaru untuk update versi WhatsApp kamu.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Melihat Versi WA

Apakah update WA gratis?

Ya, update versi terbaru WA gratis cukup menggunakan kuota internet.

Apa yang terjadi jika WA tidak pernah diperbarui?

Maka akan tidak dapat menerima panggilan atau chat yang masuk ke ponsel kamu.

Apakah WA kadaluarsa masih bisa digunakan?

Masih, tapi sering error.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: