7 Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi dengan Mudah

Mengetahui bagaimana cara mematikan data roaming di Xiaomi tentu saja sangat penting, dengan begitu maka pulsa tidak akan tersedot dan tidak akan habis berkurang begitu saja.

1 Fashion murah

Fitur ini pun hampir hadir disemua tipe, termasuk HP Xiaomi yang kini kamu gunakan. Dan kamu pun bisa secara bebas tidak hanya bisa mematikannya saja, namun juga dapat menghidupkannya kembali.

fashion muslim murah

Bagaimana Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi?

Terkait dengan bagaimana cara mematikan data roaming di Xiaomi ternyata sangat mudah, dan hal ini penting untuk dilakukan. Sebab jika jaringan roaming aktif, maka pulsa akan tersedot habis dan bagaimana cara mematikannya. Belum bisa dipahami oleh banyak orang.

Dan penting untuk diketahui, bahwa data roaming ini dapat digunakan saat di luar jangkauan. Misalnya saja di luar negeri, maka sistem roaming ini bisa digunakan. Namun, bagaimana cara untuk mematikannya?

  1. Pertama, langsung saja buka HP Xiaomi kamu yang kini sedang digenggam atau digunakan
  2. Kemudian kamu bisa langsung masuk ke menu Pengaturan atau Setting atau bisa klik ikon roda bergerigi dibagian status barnya
  3. Bila sudah terbuka menu setting, maka bisa langsung klik opsi menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler
  4. Jika sudah, selanjutnya tinggal geser atau scrrol ke bagian bawah dan klik Setelan Lanjutan
  5. Selanjutnya, jika sudah kamu akan melihat menu Roaming Data dan kamu dapat klik menu tersebut secara langsung
  6. Jika sudah pilih, maka opsi Jangan untuk mematikan fitur Data Roaming akan dimunculkan
  7. Jika proses mematikan tersebut telah dilakukan, maka data roaming di Xiaomi berhasil non aktif.

Nah, cara mematikan data roaming di Xiaomi di atas bisa kamu aplikasikan untuk semua tipe Xiaomi. Walaupun untuk versi MIUInya berbeda, namun langkah dan cara-cara di atas tidak akan jauh berbeda. Pun panduan di atas bisa coba dilakukan juga.

Namun penting untuk diketahui, bahwa cara di atas harus dilakukan jika memang kamu tidak bepergian ke luar negeri. Sebab fitur Roaming hanya akan perlu dan digunakan saat jaringan provider kamu berada di luar jangkauan.

1 Fashion murah

Pada umumnya, jika data roaming aktif akan ditandai dengan tanpa R dibagian atas status barnya. Jika terdapat ikon R di atas layar HP, maka kemungkinan besar fitur Roaming sedang aktif dan jika tidak diperlukan maka panduan di atas harus dilakukan.

Cara Mengaktifkan Data Roaming di Xiaomi dengan Mudah

Seperti janji yang tadi sudah disebutkan, bahwa dalam ulasan kali ini tidak hanya dibahas tentang bagaimana cara mematikan data roaming di Xiaomi. Namun juga akan dibahas terkait dengan bagaimana cara mengaktifkannya, sebab cara ini pun pasti akan dibutuhkan.

  1. Pertama, langsung masuk ke menu Pengaturan atau Setting di HP Xiaomi kamu. Atau pencarian menu bisa dilakukan dengan menarik status bar ke bawah, kemudian pilih ikon gear
  2. Masuk ke halaman Setting, kemudian pilih opsi menu SIM Cards & Mobile Network. Nanti kamu akan melihat tampilan informasi serta Pengaturan kartu SIM operator yang digunakan
  3. Lakukan scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Menu Advanced Setting untuk membuka Pengaturan selanjutnya
  4. Nah, selanjutnya nanti Anda akan menemukan fitur bernama Data Roaming. Tekan menu tersebut kemudian pilih International Roaming untuk mengaktifkan fiturnya
  5. Selanjutnya tinggal pilih Always jika memang dibutuhkan dalam waktu beberapa hari
  6. Jika sudah pulang ke Indonesia dan jaringannya sudah dalam jangkauan lagi, maka cara mematikan data roaming di Xiaomi di atas harus kamu lakukan lagi.

Saat ini fitur roaming sudah tersedia di beragam jenis tipe HP Xiaomi, dan tunggu beberapa saat hingga kartu SIM terhubung dengan sinyalnya. Kamu juga dapat melihat indikator koneksi internet saat sinyalnya sudah terisi penuh.

Jika kamu memiliki keterbatasan dana untuk memperpanjang atau membeli paket roaming. Kiranya kamu dapat memanfaatkan jaringan Wifi yang ada di Hotel atau bahkan Cafe.

Apakah Fitur Data Roaming di Xiaomi Itu Penting?

Untuk fitur data roaming di HP Xiaomi memang terbilang sangat penting, apalagi jika kamu posisinya sedang atau akan ke luar negeri. Dengan hadirnya fitur ini, walaupun memang kamu melakukan pembelian kartu provider di negara tujuan. Namun ternyata fitur roaming tetap dibutuhkan.

Di samping hal tersebut, setiap versi MIUI untuk fitur roaming Xiaomi  ternyata letak menunya berbeda-beda. Namun untuk mempermudah pencariannya, maka kamu dapat memanfaatkan fitur pencarian pada menu Settingnya.

1 Fashion murah

Manfaat Menggunakan Data Roaming di Xiaomi

Seperti telah disebutkan tadi, bahwa data roaming ini berfungsi saat jaringan di HP kamu tidak dalam jangkauan. Atau utamanya lagi adalah ketika kamu sedang berada di luar negeri, dengan begitu maka data roaming harus diaktifkan. Namun, apa saja fungsi dan manfaatnya?

  1. Pengguna Xiaomi dapat mengakses penelusuran menggunakan web browser
  2. Dapat mengakses beragam jenis sosial media, seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook atau bahkan Tiktok
  3. Pengguna akan tetap bisa terhubung dengan kontak WhatsApp secara aktif, pun juga dapat melakukan pembaharuan dengan sebagaimana harusnya
  4. Semua kegiatan yang berkaitan dengan jaringan internet tetap bisa berjalan tanpa ada gangguan, namun harus dilengkapi dengan jumlah kuota yang cukup
  5. Pengguna dapat mengirimkan SMS seperti biasa
  6. Dapat melakukan panggilan video call seperti pada umumnya
  7. Dan terakhir, pengguna tetap bisa melakukan panggilan juga menerima panggilan dari Indonesia.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi

Apakah Mematikan Data Roaming di Xiaomi Berbayar?

Tentu saja tidak, kamu dapat melakukannya dengan mudah pun dilakukan di menu Setting.

Apakah Pengaturan di Atas Berlaku untuk Semua Tipe HP Xiaomi?

Ya, berlaku. Walaupun memang letak settingnya ada dibeberapa menu yang berbeda. Namun kamu bisa memanfaatkan opsi pencarian.

Artikel Menarik Lainnya: