Cara Membaca Not Balok Drum Dengan Tepat

Cara Membaca Not Balok Drum dengan Tepat

Cara Membaca Not Balok Drum dengan Tepat

Cara membaca not balok drum itu tak sulit sama sekali. Melalui cara membaca not balok secara tepat, permainan drum bisa langsung dilakukan. Sehingga, tak ada salahnya untuk mempelajari cara membaca not balok drum dengan baik dan benar buat yang mau serius tekuni dunia seni musik.

Buat yang ingin serius main drum secara professional, membaca not balok memang jadi sebuah keharusan. Khususnya buat yang main di band orchestra. Berikut ini adalah panduan dalam membaca not balok drum dengan baik dan benar.

Cara Membaca Not Balok Drum

Not balok tak hanya untuk pemain piano atau gitar saja. Pada dunia musik, not balok bisa digunakan untuk berbagai alat musik. Salah satunya adalah drum. Proses membaca not balok melalui drum pun harus mengikuti pakem yang sudah ada dan tak boleh sembarangan.

Sudah ada aturan tentang pembacaan not balok dalam drum. Dengan membaca secara baik dan benar not balok yang terpampang, permainan drum bisa selaras dengan alat musik lainnya. Karenanya, pahami dengan baik cara membaca not balok dengan drum.

Membaca not balok dalam drum memang harus diperhatikan dengan baik. Dengan membaca not balok secara tepat, proses bermain akan berlangsung dengan rapi tanpa kesalahan. Semuanya didasarkan pada not di partiture. Ini dia beberapa cara dalam membaca not balok drum.

1. Baca Awalan Not Balok

Langkah pertama adalah membaca awalan not balok. Dalam partiture not balok itu ada informasi awal yang perlu diperhatikan para pemain musik. Mulai dari birama, ketukan, sampai bagian drum mana yang harus dimainkan.

Dalam membaca not balok, hal yang terpenting adalah memahami di mana posisi snare dan bass drum. Pada not balok biasanya disertakan bagian mana dari drum yang harus dimainkan. Misalnya snar dimainkan bersama dengan hi hat.

2. Pahami Pecahan Not Balok

Proses atau tahapan berikutnya adalah memahami pecahan not balok. Selalu pastikan memahami bagaimana sistem pecahan not balok pada sebuah drum. Ada tanda yang menjelaskan mengenai jumlah not pada partiture not balok drum.

Not balok selalu diawali dengan not penuh yang memiliki harga 4 ketuk. Kemudian ada not setengah dengan harga 2 ketuk, not seperempat dengan harga 1 ketuk hingga seperdelapan dengan nilai setengah ketuk.

3. Hitung Not Balok Drum

Menghitung not balok jadi tahapan berikutnya yang harus diperhatikan. Cobalah untuk melakukan perhitungan dengan tepat dan cermat sesuai partiture. Not balok berkisar antara not seperempat, seperdelapan dan seperenambelas.

Perhitungan not balok ini memang cukup rumit. Sehingga, selalu disarankan untuk mulai mempelajari perhitungan ini dari awal. Perhitungan yang tepat akan hasilkan yang sesuai juga.

4. Perhatikan Tanda Istirahat

Dalam partiture not balok drum itu juga ada tanda istirahat. Tanda istirahat ini harus diperhatikan secara baik biar permainan drum sesuai dengan lagu yang semestinya. Hal ini jadi bagian penting juga dalam permainan alat musik drum.

Misalnya seseorang bermain dengan hitungan 1, 2 ,3, 4 kemudian ada tanda istirahat di hitungann3. Maka pada hitungan ketiga tersebut tak perlu memainkan not yang muncul di partiture. Tapi hitungan ketiga tetap berlaku dan dihitung.

Tips Membaca Not Balok Drum

Ada beberapa tips dalam membaca not balok drum dengan tepat. Melalui cara membaca yang tepat, proses bermain drum dengan bekal partiture not balok akan berjalan dengan lancar terus. Ini dia beberapa tips dalam membaca not balok drum dengan baik dan benar.

1. Kenali Semua Bagian dari Drum

Salah satu tips dalam membaca not balok dalam drum adalah mengenali terlebih dulu semua bagian dari alat musik tersebut. Kenalilah terlebih dulu berbagai macam bagian utama dari alat musik drum. Sebab, not balok itu berkaitan langsung dengan bagian drum yang harus dipukul.

2. Atur Ritme Bermain Sambil Baca Not Balok

Tips lainnya adalah mengatur ritme bermain sambil membaca not balok. Pengaturan ritme bermain ini memang amat penting untuk memastikan bahwa tabuhan drum sudah sesuai dengan ritme lagu yang dimainkan. Pengaturan ritme yang tepat memang akan lancarkan proses main.

3. Latihan dengan Rajin

Berlatihlah dengan rajin untuk bisa lebih memahami cara membaca not balok drum. Dengan melatih diri secara baik, segala sesuatunya bisa berlangsung dengan lancar. Maka dari itu, pastikan untuk berlatih dengan rajin biar makin ahli dalam memainkan drum pakai not balok.

4. Pahami Selalu Dinamika

Memahami selalu dinamika juga jadi tips dalam bermain drum pakai not balok. Pemahaman tentang dinamika ini bisa hasilkan permainan drum yang sesuai dengan not balok yang tertulis. Karena itu, tips bermain yang paling tepat adalah memahami dinamika sebuah lagu.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membaca Not Balok Drum

Dalam proses membaca not balok drum, segalanya akan berlangsung dengan menarik. Karena itu, perhatikan terus bagaimana cara melancarkan proses membaca not balok drum. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam membaca not balok drum.

1. Paham Konsep Ketukan dan Birama

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah konsep ketukan dan birama. Dalam permainan drum, ketukan dan birama memang jadi sesuatu yang penting. Jadi, seorang pemain drum itu memang perlu memperhatikan seperti apa ketukan dan birama dalam permainan drum yang mau dilakukan.

2. Hafal dengan Sistematika Not Balok

Menghafal sistematika not balok juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sistematika pembacaan not balok memang perlu diperhatikan dengan baik. Ketika sudah hafal dengan tanda atau ikon dari not balok, permainan drum yang dilakukan akan berlangsung dengan lebih mudah.

3. Memahami Kapan Waktu Berhenti

Memahami kapan waktu untuk berhenti juga penting. Ada tanda kapan harus berhenti atau lanjut. Tanda kapan untuk berhenti memang jadi salah satu yang penting untuk diperhatikan biar permainan drum bisa lancar. Tanda untuk berhenti perlu dipahami ketika mainkan drum.

4. Paham Jenis Lagu yang Dimainkan

Memahami jenis lagu yang dimainkan juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Perhatikan dulu apakah jenis lagu yang dimainkan itu memiliki tempo yang cepat atau lambat. Ini jadi pedoman dalam bermain drum pakai not balok.

Kesimpulan

Itulah tadi panduan dalam membaca not balok drum dengan baik dan benar. Dengan proses membaca secara baik dan benar, permainan drum akan berlangsung dengan sangat baik. Maka dari itu, selalu pastikan paham caranya membaca not balok khusus drum.

Tidaklah sulit untuk membaca not balok saat bermain drum. Memang perlu usaha lebih biar bisa menguasai proses membaca not balok drum. Jika semuanya dilakukan dengan kesabaran dan ketelatenan, membaca not balok drum akan bisa dikuasai dengan mudah.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: