3 Cara Membatalkan Pinjaman Online Optima [Mudah Banget]

3 Cara Membatalkan Pinjaman Online Optima [Mudah Banget]

Bagaimana cara membatalkan pinjaman online Optima mungkin akan sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang sudah menjadi pengguna dari Optima.

Hal tersebut bisa saja terjadi kepada kamu sendiri, karena satu dan lain hal pada akhirnya pinjaman di Optima ingin dibatalkan. Tidak ingin jadi, tidak ingin ada pinjaman. Ada beberapa syarat, ketentuan, cara bahkan alasan orang-orang yang membuat pinjaman di Optima ingin dibatalkan. Apa saja?

Syarat Ketentuan Membatalkan Pinjaman Online Optima

Selama pengajuan belum tercatat di sistem:

Benar, sesuai dugaan kamu. Bahwa syarat ketentuan untuk pembatalan pinjaman Optima ini hanya satu saja. Namun memang benar-benar harus diperhatikan.

Jadi pembatalannya hanya bisa dilakukan dalam rentang waktu setelah pengajuan dan proses verifikasi. Selama pengajuan pinjaman yang kamu lakukan belum tercatat pada sistem, maka pembatalan sangat bisa dilakukan.

Lebih dari 20 menit, 1 jam atau bahkan berhari-hari dari pengajuan pinjaman. Maka pembatalan di Optima tidak akan bisa dilakukan. Jadi kamu tetap harus melakukan pembayaran angsuran pinjaman untuk setiap bulannya.

Bagaimana Cara Membatalkan Pinjaman Online Optima?

Sangat mudah, bahkan super mudah. Yang terpenting tadi, selama pembatalannya masih dalam kurun waktu 20 menit setelah pengajuan. Maka pembatalan akan diproses oleh petugas. Namun, bagaimana caranya?

1. Menghubungi Call Center

Panduan pertama untuk pembatalan pinjaman yang harus kamu lakukan, adalah menghubungi call center atau customer service resmi dari Optima sendiri. Dengan bisa menghubungi nomor 081-388-161-421.

Jika nanti sudah terhubung dengan sambungan telepon dengan pihak petugas, sampaikan maksud dan tujuan kamu. Bahwa ingin membatalkan pinjaman yang belum lama pengajuannya dilakukan.

Untuk melakukan panggilan ini, pastikan agar saldo provider pulsa yang kamu gunakan ada. Atau tersedia. Sehingga sambungan telepon bisa dilakukan, pun tentu kamu bisa terhubung dengan pihak petugas Optima langsung.

2. Memberikan Informasi Data Pinjaman

Setelah diinformasikan maksud dan tujuan kamu untuk membatalkan pinjaman, pastikan agar dapat langsung menginformasikan data lengkap. Terutama data yang sudah didaftarkan saat proses pengajuan.

Seperti nama pengguna, nomor telepon terdaftar, atau bahkan nomor referensi pengajuan yang pasti sudah kamu terima.

3. Tunggu Proses Sampai Selesai

Lalu langkah terakhir yang bisa kamu lakukan, adalah tunggu informasi dari petugas mengenai berhasil atau tidaknya pembatalan kamu ajukan. Jika berhasil, maka nanti otomatis akan muncul pada aplikasinya. Bahwa pinjaman dibatalkan, sehingga kamu tidak berkewajiban untuk membayar.

Nah, itulah uraian mudah terkait dengan bagaimana cara membatalkan pinjaman online Optima harus dilakukan.

Jadi memang sebelum melakukan pengajuan, harus dipikirkan matang-matang. Agar nyaman dikedua belah pihak. Baik itu kenyamanan di kamu sendiri, atau kenyamanan di pihak Optima agar tidak merasa direpotkan.

Di samping hal tersebut, apakah kamu sudah tahu apa sebenarnya alasan orang-orang melakukan pembatalan pinjaman di Optima?

Alasan dan Penyebab Pinjaman Online Optima Dibatalkan

Beberapa penyebab di bawah ini boleh jadi merupakan penyebab orang lain membatalkan pinjaman Optima, atau juga boleh jadi menjadi salah satu alasan dari kamu sendiri.

1. Suku Bunga Optima

Ya, alasan pertama pembatalan yang biasanya terjadi adalah suku bunga yang ditetapkan oleh Optima sendiri. Yakni pengguna merasa bahwa suku bunganya terlalu besar.

Hal ini tentu menjadi suatu masalah. Ketika suku bunga pinjaman besar, kemudian pengguna tidak bisa melakukan pelunasan. Maka otomatis angsuran akan bertambah banyak.

Sebab ketika angsuran yang harus dibayar mengalami keterlambatan, maka otomatis akan ada denda atau tambahan biaya pembayaran.

2. Salah Input Data Pinjaman

Lalu alasan selanjutnya adalah karena pengguna yang salah saat melakukan input data. Sebagian dari pengguna memang mengaku salah memasukkan plafon atau besaran pinjaman yang ingin dilakukan. Atau bahkan tenornya.

Hal ini juga masih berkaitan dengan kesanggupan. Jika salah memasukkan tenor, atau bahkan plafonnya. Jelas akan memengaruhi terhadap nilai angsuran yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, jika alasan ini menjadi penyebab kamu membatalkan pinjaman di Optima. Maka pastikan untuk memilih plafon hingga angsuran secara teliti. Sesuaikan dengan kemampuan, pun juga sesuaikan pengajuannya dengan kebutuhan.

3. Mendapatkan Sumber Pinjaman Lain

Dikarenakan sistem online Optima membutuhkan waktu verifikasi selama 20 menit untuk pengajuannya. Tidak jarang pengguna layanan pinjaman online ini sudah mendapatkan pinjaman dari platform online lain.

Jadi akan merasa bahwa pinjaman di Optima tidak dibutuhkan lagi, dan tentu otomatis ingin melakukan pembatalan. Sehingga pinjaman serta angsuran tidak menjadi dua kali. Atau tidak double.

4. Merasa Tidak Mampu Membayar

Alasan ini sangat memungkinkan menjadi penyebab seseorang melakukan pembatalan sebuah pinjaman yang sudah diajukan. Entah karena tidak begitu berpikir panjang, atau bahkan hal lainnya.

FAQ │ Pertanyaan Tentang Cara Membatalkan Pinjaman Online Optima

Apakah proses pengajuan pinjamannya mudah?

Sangat mudah, kamu bisa melakukan pinjaman dengan mengunduh aplikasi Optima secara resmi di toko aplikasi yang terpasang pada ponsel.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pembatalan pinjaman?

Sangat singkat, yang terpenting kamu memastikan bahwa syarat ketentuannya telah terpenuhi dengan baik.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: