Cara Membatalkan Restart Laptop All Windows Dengan Mudah

Cara Membatalkan Restart Laptop All Windows dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Proses restart terlalu lama, bisakah dibatalkan? Pahami cara membatalkan restart laptop di semua versi windows dan semua merek. Hal ini wajib kamu pahami terutama kalau terjadi gangguan ketika restart.

Biasanya, proses restart lama hingga perlu dibatalkan karena disebabkan oleh beberapa hal. Simak dulu penyebab proses restart lama serta cara membatalkannya.

Penyebab Proses Restart Lama dan Harus Dibatalkan

Proses restart yang terlalu lama memicu penggunanya untuk membatalkan prosesnya. Sebelum itu, kenali dulu beberapa penyebabnya.

1. Baru Melakukan Pembaruan Windows

Proses restart yang lama biasanya karena windows baru di update sehingga butuh proses yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

2. Terdapat Virus

Virus sangat membahayakan perangkat hingga menyebabkan proses restart perangkat jadi terganggu. Kalau ini terjadi, kamu harus segera update windows untuk menghapus virus.

3. Hard Disk Rusak

Jika terjadi proses restart yang lama bisa juga disebabkan akibat kerusakan pada hard disk sehingga terjadi kendala. Kalau ini terjadi kamu harus paham cara membatalkan restart laptop serta mengganti hard disk.

4. Terlalu Banyak Tab di Browser

Ketika melakukan restart sebaiknya tutup semua aplikasi. Kalau kamu melakukan restart pada saat membuka browser apalagi banyak tab browser yang dibuka kemungkinan memperlambat prosesnya.

5. Sistem Jarang Diperbarui

Penyebab lainnya justru karena kamu sudah lama tidak update windows sehingga menyebabkan gangguan. Ini dapat menyebabkan proses membuka aplikasi menjadi lambat dan performa-nya menurun.

Alasan Harus Membatalkan Restart Laptop

Proses terlalu lama tak hanya menghambat pekerjaan, tapi ada beberapa alasan kenapa restart harus dibatalkan.

1. Menghentikan Kesalahan yang Tak Diinginkan

Hati-hati setiap mau restart perangkat pastikan tidak sedang membuka browser atau download aplikasi. Jika terlanjur melakukan restart tanpa sengaja, segera batalkan supaya tidak menimbulkan masalah lebih besar.

2. Harus Membatalkan Kesalahan Update

Daripada menyebabkan kesalahan pembaruan hingga berakibat fatal lebih baik pilih membatalkan update aplikasi.

3. Mencegah Data Terhapus

Proses restart juga perlu dilakukan apalagi kalau belum menyimpan hasil pekerjaan misalnya desain gambar yang belum tersimpan maupun data lain.

4. Memastikan tidak Ada Gangguan ke Program Lain

Kalau kamu takut proses restart yang terlalu lama berpengaruh pada program lain maka segera lakukan pembatalan. Dengan cara membatalkan restart laptop yang mudah kamu dapat melindungi program yang ada.

Cara Membatalkan Restart Laptop Windows 10 hingga 11

Berikut ini cara membatalkan restart laptop pada windows 10 hingga 11 yang dapat dicoba dengan mudah:

1. Gunakan Tombol Power

Cara membatalkan restart laptop yang paling mudah adalah menggunakan tombol power. Tekan tombol power hingga laptop mati, kalau sudah kamu bisa menyalakan lagi dengan menekan tombol power yang lama.

2. Tekan Tombol Windows untuk Membatalkan Restart

Kalau mengalami kendala saat proses restart coba gunakan tombol windows+X+delete secara bersamaan. Tekan dan tahan tombol-tombol tersebut selama 10 detik hingga proses restart dibatalkan. Jika belum berhasil gunakan windows+X+power caranya sama seperti sebelumnya.

3. Gunakan Keyboard Kombinasi

Cara membatalkan restart laptop merek ASUS, Lenovo, Acer, dan merek lainnya sangat mudah. Kamu dapat menggunakan tombol Ctrl+Alt+Del kemudian klik task manager dan pilih end task. Dengan begitu, proses restart akan berhenti dan kamu dapat melanjutkan aktivitas dengan laptop.

4. Gunakan Command Prompt untuk Membatalkan Proses Restart

Cara membatalkan restart laptop lainnya yakni menggunakan CMD atau command prompt. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah, kamu bisa membuka command prompt melalui menu start.

Ketika command prompt sudah muncul, pilih run as administator kemudian ketik dengan cepat Shutdown/a kemudian enter. Proses restart akan dibatalkan dan laptop bisa digunakan lagi dengan nyaman.

Cara Mengembalikan Data Laptop yang Terlanjur di Restart

Bagaimana kalau laptop sudah restart dan tidak sempat dibatalkan? Kamu dapat mengembalikan data-data dengan mudah berikut ini cara-caranya.

1. Pulihkan dengan System Restore

Kalau sudah terlanjur di restart lalu ada data yang belum tersimpan, kamu dapat memulihkannya melalui system restore. Masuk ke menu start lalu klik create a restore point. Selanjutnya, di bagian system protection pulihkan data-data yang sebelumnya terlanjur terhapus.

2. Pulihkan Data

Gunakan Recuva atau aplikasi pemulihan data, aplikasi tersebut dapat mengembalikan data yang belum disimpan seperti teks di Microsoft Word.

Cara Menghentikan Restart Otomatis pada Windows 10 atau 11

Jika sering terjadi restart otomatis, kamu bisa menghentikannya melalui 2 cara berikut ini.

1. Lakukan Reset pada Sistem Operasi

Agar tidak terjadi reset otomatis, sebaiknya atur ulang sistem operasi berikut ini cara-caranya:

  • Buka laptop kemudian cari menu setting
  • Setelah itu pilih update dan security
  • Pilih recovery dan pilih reset this computer
  • Hapus semua file agar tidak ada virus maupun gangguan lainnya

2. Matikan Fast Start up Supaya tidak Terjadi Restart Otomatis

Supaya tidak terjadi restart otomatis, kamu dapat mengatasinya dengan mematikan fast start up simak panduannya:

  • Di bagian start ketik Power & Sleep Setting
  • Lalu pilih open
  • Setelah itu pilih menu additional power setting
  • Pilih opsi “what the power button does”
  • Kemudian pilih change setting that are currently unavailable
  • Nonaktifkan turn on fast startup dan pilih save changes

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Membatalkan Restart Laptop

Bagaimana Cara Membatalkan Restart Laptop Lenovo?

Kamu bisa membatalkan restart dengan menekan tombol power selama 10 detik atau menggunakan command prompt.

Berapa Lama Restart Laptop Windows 10?

Kalau tidak terjadi gangguan pada perangkat, biasanya restart hanya membutuhkan waktu 10-20 detik setelah itu program laptop kembali stabil.

Apakah Semua Aplikasi Harus Ditutup Dulu Sebelum Melakukan Restart?

Tentu saja, kamu harus menyimpan pekerjaan sebelum melakukan restart. Jangan lupa tutup semua program aplikasi supaya tidak menghambat prosesnya. Kalau terlanjur melakukan restart, kamu bisa membatalkannya dengan mudah.

Apakah Membatalkan Restart pada Laptop Aman Dilakukan?

Aman, hal ini tidak akan berdampak buruk pada perangkat. Hal ini bisa menjadi solusi untuk menghindari data-data penting menghilang.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: