Cara Membuat Barcode Qris, Batang dan Garis dengan Mudah

Barcode ini merupakan kode batangan berbentuk garis tersusun yang dapat terbaca oleh mesin . kode ini biasanya di pindai saat melakukan transaksi di kasir. Pembayaran menggunakan barcode juga banyak dilakukan.

Dan kehadiran barcode ini sangat membantu dan sangat penting untuk bertransaksi antara penjual dan pembeli. Lalu bagaimana cara membuat barcode? Yuk simak artikel ini akan dijelaskan caranya.

Tak hanya itu akan dijelaskan pula pengertian, fungsi dan manfaat menggunakan barcode di simak sampai akhir ya!

Mengenal Apa Itu Barcode

Nah, sebelum beranjak ke cara membuat barcode. Kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu yang di maksud dengan barcode.

Jadi, barcode ini adalah kumpulan data optik berupa garis-garis vertikal hitam dan putih sederhana dengan ketebalan berbeda-beda yang terdapat di setiap batangnya.

Selain berbentuk garis ada juga barcode dengan berbagai macam kode yang terdiri dar angka atau huruf untuk mewakili suatu barang agar mudah dikenali dan diidentifikasi.

Meskipun hanya susunan garis-garis barcode ini memiliki banyak fungsi dan manfaatnya lho. Akan saya jelaskan secara lengkap mengenai fungsi dan manfaat dari apa itu barcode. Terus simak ya.

Cara Membuat Barcode untuk Berbagai Kebutuhan

Ada dua cara membuat barcode yang akan saya jelaskan pada artikel ini yaitu cara membuat barcode untuk pribadi dan untuk bisnis, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cara membuat Barcode untuk Pribadi

Yang pertama kita bisa cara membuat barcode untuk keperluan pribadi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk diletakkan di barang-barang pribadi begini caranya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka dulu Google Chrome di hp yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu bisa kunjungi laman situs CreateBarcodes.com untuk membuat barcode secara online
  • Kemudian kamu bisa ikuti wizard narcode untuk membuat barcode digital yang kamu inginkan
  • Selanjutnya kamu bisa tetapkan nama dan nomor seri untuk setiap barang di situs ini untuk menghasilkan barcode pribadi
  • Selanjutnya kamu bisa tempelkan barcode di setiap barang yang kamu miliki untuk penggunaan secara pribadi

Selain menggunakan situs itu, kamu juga bis mencoba situ barcode-generator.ord begini langkah-langkahnya:

  • Buka situs barcode-generator.org untuk membuat barcode
  • Pilih jenis barcode yang ingin di buat (QR UPS-A, code 128 atau code 39)
  • Masukan data barcode di kolon yang telah di sediakan
  • Pilih format output-nya (JPG, PNG, atau SVG)
  • Klik tombol “Create Barcode” tunggu sampai proses pembuatan barcode selesai
  • Tekan tombol “Download” untuk menyimpan barcode

2. Cara Membuat Barcode untuk Bisnis

Selain untuk keperluan pribadi kami juga bisa membuat barcode untuk bisnis, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama kamu buat nomor identifikasi UPC/ISBN untuk produk kamu
  • Kamu bisa membuat dengan angka sama dan bedakan di digit terakhir
  • Setelah mendapatkan nomor ISBN kamu bisa masuk ke link barcode.tec-it.com untuk mebuat barcode kamu
  • Setelah memasukan  data produk beserta rinciannya barcode dapat di unduh langsung dari situs tersebut
  • Ada banyak jenis barcode yang bsia di buat di situs ini yaitu kode linear, Pahrmacy Product Number dan masih banyak lagi yang lainnya

3. Cara Membuat Barcode dengan Barcode Generator

Untuk membuat barcode menggunakan Barcode Generator, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Cari Barcode Generator: Ada banyak alat atau situs web yang menyediakan layanan pembuatan barcode secara online. Cari “Barcode Generator” di mesin pencari dan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Pilih Jenis Barcode: Setiap barcode memiliki format dan tujuan tertentu. Pilih jenis barcode yang ingin kamu buat, seperti kode UPC, kode QR, kode EAN, atau lainnya. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Masukkan Data: Setelah memilih jenis barcode, kamuperlu memasukkan data yang ingin kamu simpan dalam barcode tersebut. Misalnya, jika kamu membuat kode QR untuk URL situs web, masukkan URL yang tepat. Jika kamu membuat kode EAN untuk produk, masukkan nomor EAN produk.
  • Atur Parameter: Beberapa Barcode Generator mungkin memungkinkan kamu untuk mengatur parameter tambahan, seperti ukuran barcode, warna, atau font. Sesuaikan parameter sesuai keinginan atau biarkan pada pengaturan default jika tidak perlu.
  • Generate Barcode: Setelah kamu mengisi data dan mengatur parameter, klik tombol “Generate” atau “Create” untuk membuat barcode kamu. Proses ini akan menghasilkan gambar barcode yang dapat kamu unduh atau salin.
  • Simpan atau Salin Barcode: Unduh gambar barcode yang dihasilkan ke komputer kamu atau salin kode barcode tersebut jika kamu ingin menggunakannya dalam dokumen atau aplikasi lainnya.
  • Cetak atau Gunakan Barcode: Jika kamu perlu mencetak barcode, buka gambar barcode yang diunduh dan cetak menggunakan printer yang sesuai. Jika kamu menggunakan barcode untuk keperluan digital, salin kode atau gunakan gambar barcode sesuai kebutuhan.

4. Cara Membuat Barcode Batang

Untuk membuat barcode batang, kamu dapat menggunakan perangkat lunak atau alat pembuat barcode yang menyediakan opsi untuk jenis barcode batang. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat barcode batang:

  • Pilih Perangkat Lunak atau Alat Pembuat Barcode: Cari perangkat lunak atau alat pembuat barcode yang mendukung pembuatan barcode batang. Ada banyak opsi yang tersedia, baik dalam bentuk perangkat lunak desktop maupun layanan online. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Pilih Jenis Barcode Batang: Ada beberapa jenis barcode batang yang umum digunakan, seperti Code 39, Code 128, EAN-13, dan UPC-A. Pilih jenis barcode batang yang sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya, jika kamu membuat barcode untuk produk ritel, UPC-A mungkin menjadi pilihan yang tepat.
  • Masukkan Data: Setelah memilih jenis barcode batang, masukkan data yang ingin kamu simpan dalam barcode. Misalnya, jika kamu membuat barcode untuk produk dengan kode UPC, masukkan nomor UPC produk.
  • Atur Parameter: Beberapa perangkat lunak atau alat pembuat barcode memungkinkan kamu untuk mengatur parameter tambahan, seperti lebar barcode, tinggi barcode, jenis huruf, atau tipe penulisan. Sesuaikan parameter sesuai kebutuhan kamu atau biarkan pada pengaturan default jika tidak perlu.
  • Generate Barcode: Setelah kamu memasukkan data dan mengatur parameter, klik tombol “Generate” atau “Create” untuk membuat barcode batang. Perangkat lunak atau alat pembuat barcode akan menghasilkan barcode berdasarkan input dan pengaturan yang kamu berikan.
  • Simpan atau Salin Barcode: Setelah barcode batang dihasilkan, kamu dapat menyimpannya dalam format gambar seperti PNG, JPEG, atau SVG. Jika kamu ingin menggunakan barcode dalam aplikasi lain, salin kode barcode tersebut.
  • Cetak atau Gunakan Barcode: Jika kamu perlu mencetak barcode, buka gambar barcode yang dihasilkan menggunakan program pengolah gambar atau aplikasi printer dan cetak menggunakan printer yang sesuai. Jika kamu menggunakan barcode untuk keperluan digital, salin kode atau gunakan gambar barcode sesuai kebutuhan kamu.

5. Cara Membuat Barcode Qris

Untuk membuat barcode QRIS (Quick Response Indonesian Standard), kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih Alat Pembuat Barcode QRIS: Cari alat pembuat barcode QRIS yang mendukung format QRIS. Ada beberapa opsi yang tersedia, baik dalam bentuk perangkat lunak desktop maupun layanan online. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Masukkan Data: QRIS mengandung berbagai informasi seperti kode merchant, nama merchant, jumlah pembayaran, dan informasi lain yang relevan. Masukkan data yang ingin kamu sertakan dalam barcode QRIS. Pastikan untuk memasukkan informasi yang valid dan sesuai dengan pedoman QRIS.
  • Atur Parameter: Beberapa alat pembuat barcode QRIS memungkinkan kamu mengatur parameter tambahan seperti ukuran barcode, jenis koreksi kesalahan, dan tampilan visual barcode. Sesuaikan parameter sesuai kebutuhan kamu atau biarkan pada pengaturan default jika tidak perlu.
  • Generate Barcode: Setelah memasukkan data dan mengatur parameter, klik tombol “Generate” atau “Create” untuk membuat barcode QRIS. Alat pembuat barcode akan menghasilkan barcode QRIS berdasarkan input dan pengaturan yang kamu berikan.
  • Simpan atau Salin Barcode: Setelah barcode QRIS dihasilkan, kamu dapat menyimpannya dalam format gambar seperti PNG atau JPEG. Jika kamu ingin menggunakan barcode dalam aplikasi atau sistem pembayaran, salin kode QRIS tersebut.
  • Verifikasi dan Validasi: Penting untuk memverifikasi dan memvalidasi barcode QRIS yang dihasilkan untuk memastikan kesesuaian dengan standar QRIS. Pastikan semua data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan pedoman yang berlaku.
  • Gunakan Barcode QRIS: Barcode QRIS dapat digunakan untuk menerima pembayaran melalui dompet digital atau aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS. Pastikan barcode QRIS dapat dibaca dengan baik oleh perangkat pemindai atau aplikasi pembayaran yang digunakan.

6. Cara Membuat Barcode Garis

Untuk membuat barcode batang, kamu dapat menggunakan perangkat lunak khusus yang mendukung pembuatan barcode. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat barcode batang:

  • Pilih Perangkat Lunak Pembuat Barcode: Cari perangkat lunak yang menyediakan fitur pembuatan barcode batang. Ada banyak pilihan perangkat lunak yang tersedia, baik dalam bentuk perangkat lunak desktop maupun aplikasi online. Pilihlah perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Pilih Jenis Barcode Batang: Ada beberapa jenis barcode batang yang umum digunakan, seperti Code 39, Code 128, EAN-13, atau UPC-A. Pilih jenis barcode batang yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Masukkan Data: Setelah memilih jenis barcode batang, masukkan data yang ingin kamu simpan dalam barcode. Misalnya, jika kamu membuat barcode untuk nomor produk, masukkan nomor tersebut.
  • Atur Parameter: Beberapa perangkat lunak pembuat barcode memungkinkan kamu mengatur parameter tambahan, seperti lebar barcode, tinggi barcode, warna, atau jenis font yang digunakan. Sesuaikan parameter sesuai kebutuhan kamu atau biarkan pada pengaturan default jika tidak perlu.
  • Generate Barcode: Setelah kamu memasukkan data dan mengatur parameter, klik tombol “Generate” atau “Create” untuk membuat barcode batang. Perangkat lunak pembuat barcode akan menghasilkan barcode berdasarkan input dan pengaturan yang kamu berikan.
  • Simpan atau Cetak Barcode: Setelah barcode batang dihasilkan, kamu dapat menyimpannya dalam format gambar seperti PNG, JPEG, atau SVG. Jika kamu perlu mencetak barcode, buka gambar barcode yang dihasilkan menggunakan program pengolah gambar atau aplikasi printer dan cetak menggunakan printer yang sesuai.

Fungsi dari Barcode

Setelah mengetahui beberapa cara membuat barcode baik untuk pribadi atau bisnis kamu juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari barcode ini, yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Fungsi pertama dari barcode adalah memudahkan proses pembayaran, dalam hal ini kasir tidak perlu memasukkan data produk datu per satu, kini hanya perlu memindai barcode tersebut lewat aplikasi atau mesin pemindai khusus.
  2. Selanjutnya mampu menyimpan seluruh informasi terkait suatu produk antara lain yaitu tanggal kadaluarsa produk, kode produksi, tempat penyimpanan, harga dan lain sebagainya
  3. Memuat sejumlah informasi detail terhadap suatu produk, sehingga barcode para produk juga bisa menjadi pembeda atau penanda barang asli.

Manfaat dari Barcode

Selain fungsi dan cara membuat barcode kamu juga akan mengetahui manfaat dari adanya barcode ini adalah:

  • Pertama tentunya untuk mempercepat proses input data dengan bantuan mesin scanner dibandingkan penginputan secara manual
  • Selain itu tingkat akurasi dan ketelitian yang tinggi dengan menggunakan teknologi barcode
  • Selanjutnya untuk meminimalisir kerugian dan kesalahan pencatatan data, serta menghindari pekerjaan yang diulang-ulang ketika mendata seluruh barang
  • Dan selanjutnya agar dapat meningkatkan kinerja manajemen terutama bagi bisnis skala menengah dan perusahaan berskala besar
  • Lebih efektif dan mampu mengidentifikasi barang mana yang cepat habis dan harus degera di pesan ke supplier/pemasok
  • Mampu melacak barang mana yang slow moving dan tahu barang-barang mana yang tidak perlu di pesan buru-buru
  • Lebih mudah untuk mengetahui barang mana yang di jual dengan promo, diskon dan sudah baik harga jualnya
  • Dapat menyediakan informasi untuk persediaan dan penjualan toko dengan akurat

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membuat barcode untuk bisnis atau pribadi serta pengertian barcode, fungsi dan manfaatnya.

Artikel Menarik Lainnya: