Cara Membuat Cairan Non Newtonian yang Unik dan Mudah

Bagi kamu yang senang melakukan eksperimen, kiranya tahu bagaimana cara membuat cairan non newtonian akan membuat pengalaman baru yang lebih seru dan tentu berkesan.

1 Fashion murah

Non newtonian sendiri merupakan sebuah cairan, atau dapat disebut juga dengan Fluida Non newtonian. Ia tidak akan tahan terhadap tegangan geser, gradient kecepatan hingga temperatur. Fluida non newtonian sendiri biasa disebut dengan oobleck.

fashion muslim murah

Cara Membuat Cairan Non Newtonian dengan Mudah

Singkatnya, Fluida Non newtonian bisa disebut dengan oobleck yang berarti sebuah benda yang dapat berubah jadi cair, juga dapat berubah menjadi padat. Oobleck sendiri menjadi bahan yang gampang untuk dibuat, memiliki karakteristik fisik menyenangkan.

Oobleck bisa menjadi cair saat dipegang secara perlahan ditangan, pun juga bisa saja menjadi padat jika dipukul keras. Nama oobleck sendiri berasal dari buku anak-anak yang disusun oleh Dr. Seuss tahun 1949.

Sudah banyak orang bereksperimen dengan hal tersebut, dengan cara pembuatan yang cenderung sederhana serta mudah.

1. Memasukkan Tepung Maizena 125 Gram

Ya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan tepung Maizena. Masukkan ke dalam mangkuk besar. Kamu dapat mengaduknya dengan tangan, sekitar kurang lebih dari menit saja.

1 Fashion murah

2. Campurkan dengan Air 125 ml

Lakukan pengadukan secara benar, sehingga teksturnya bisa nyaman saat digenggam. Pengadukan dapat dilakukan dengan menggunakan garpu, dapat membantu menghilangkan gumpalan sehingga gampang untuk diaduk.

3. Tambahkan Tetes Pewarna

Ya, agar lebih menarik. Maka kamu bisa menggunakan pewarna makanan, agar lebih lucu dan tentu saja lebih enak untuk dilihat.

Pastikan untuk dapat meneteskan 4 hingga 5 tetes pewarna ke dalam 125 ml air. Walaupun memang tidak perlu, namun pembuatan oobleck dengan pewarna akan membuat banyak orang senang saat memainkannya.

Bahkan akan lebih menyenangkan jika hanya sekadar berwarna polos, atau hanya berwarna putih saja. Pun jika ingin menambahkan pewarna, pastikan agar mengaduknya terlebih dahulu dengan air sebelum ditambahkan bersama tepung jagung atau Maizena. Hal ini dilakukan agar lebih merata.

Kamu boleh menggunakan pewarna sebanyak mungkin, agar hasil oobleck bisa berwarna lebih terang dan lebih menarik.

4. Uji Oobleck

Kemudian cara membuat cairan non newtonian selanjutnya dengan melakukan pengujian terlebih dahulu. Ambil segenggam dan bentuk jadi sebuah bola.

1 Fashion murah

Nah, hal yang sedikit rumit adalah pada tahap ini. Kamu harus mengikuti resep secara lengkap dan tepat. Sebab tidak sedikit orang yang melakukan perbandingannya secara tepat.

Terkait dengan kelembaban, jumlah pewarna hingga suhu air. Tidak begitu memberikan efek perubahan signifikan. Pun pastikan bahwa Oobleck harus terasa sedikit lebih mencair di tangan kamu.

Catatannya, jika kamu tidak dapat membentuk bola (encer). Maka tambahkan lagi saja satu sendok maizena, campur kembali dan uji kembali langsung.

Jika nanti oobleck tidak berair seperti cairan saat digenggam atau diambil, maka berarti campurannya terlalu kental. Tambahkan lagi saja satu sendok makan air ya.

Nah, karena kamu sudah paham bagaimana cara membuat cairan non newtonian dibuat. Maka sekarang saatnya kamu menggunakan atau memainkan Fluida Non newtonian tersebut.

Bagaimana Cara Memainkan Cairan Non Newtonian?

1. Mainkan Oobleck

Caranya tergolong sederhana, kamu bisa langsung ambil menggunakan tangan dan bersenang-senang dengan menguleni. Bisa dipukul, menggulungnya jadi bola kecil, atau bahkan membiarkannya menetes dari tangan ke dalam mangkuk.

1 Fashion murah

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat membentuknya menjadi banyak variasi. Selain itu, kamu pun dapat memadukan adonan menggunakan warna lain, kemudian dibentuk dengan pola tertentu.

Mencoba menyaringnya menggunakan saringan, menggunakan keranjang stroberi atau bahkan hal lainnya. Hal ini dilakukan agar kamu dapat melihat bagaimana oobleck mengalih berbeda dengan air pada umumnya.

2. Melakukan Eksperimen Lain

Jika kamu sudah merasa sukses dengan eksperimennya, maka bisa lihat apa yang terjadi saat menekan secara keras bahan oobleck tersebut. Nah, lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk eksperimen lainnya?

  • Coba buat bola dari oobleck, kemudian genggam secara cepat digenggamannya. Hentikan penekanan, maka oobleck tersebut akan mengalir dari tangan dengan sendirinya
  • Tuangkan oobleck pada piring datar atau piring pie secara tebal, coba tepuk permukaannya menggunakan tangan terbuka. Maka kamu akan terkejut melihat cairan oobleck tersebut akan tetap berada pada piringnya tanpa perubahan
  • Lakukan eksperimen lain dengan oobleck dimasukkan pada ember atau bahkan baskom, coba gerakkan ember saat bagaimana kamu membersihkan beras. Maka apa yang terjadi? Menakjubkan bukan?

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan eksperimennya dengan Fluida Non newtonian atau Oobleck, atau bahan yang menggunakan maizena saja. Hal ini akan sangat menyenangkan, terlebih jika kamu sedang merasa bosan atau sedang ingin melakukan hal sedikit berbeda.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat Cairan Non Newtonian

Apakah Cairan Non Newtonian Aman?

Aman, karena bahan dasarnya hanya maizena dan air saja.

Bagaimana Cara Membersihkan Cairan Non Newtonian?

Mudah, kamu dapat membersihkannya menggunakan air hangat secara perlahan.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu