11 Cara Membuat Cover Novel di HP Mudah & Instan [Gratis]

Hal pertama yang banyak di perhatikan oleh calon pembeli ketika melihat buku bukan tulisannya. Melainkan, cover atau sampul dari novel tersebut. Sehingga membuat cover yang menarik sangatlah penting lalu bagaimana cara membuat cover novel di hp?

Sebetulnya bukan hanya di hp kamu bisa buat cover di laptop juga sangat bisa. Namun ada beberapa aplikasi diantaranya yang memudahkan kamu untuk tak perlu repot-repot susah payah membuat cover dengan berbagai pengediatan. Dan tidak usah repot-repot pula buka-buka laptop atau PC.

Berikut ada beberapa cara membuat cover novel di hp yang sangat rekomended untuk kamu coba. Karena sangat mudah tidak perlu ilmu ngedit yang mumpuni namun kamu akan mendapatkan cover yang ciamik di aplikasi-aplikasi ini.

Cara Membuat Cover Novel di HP dengan & Tanpa Aplikasi

Dan ini dia beberapa cara membuat cover novel di hp dengan dan tanpa aplikasi diantaranya adalah:

1. Menggunakan Aplikasi Canva Pro

Yang pertama kamu bisa menggunakan aplikasi canva pro. Canva merupakan aplikasi pembuat sampul buku gratis yang bisa dijadikan pilhan olehmu. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam template sampul dan stok foto. Semua hanya bisa dilakukan dengan satu klik saja.

Yang keren dari aplikasi ini ini disediakan nuansa kontemporer, modern dan segar. Namun, pastikan kamu memodifikasinya agar sampul kamu berbeda dari yang lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi Affinity Photo

Selanjutnya kamu bisa mencoba aplikasi Affinity photo untuk membuat cover. Kelemahan dari aplikasi ini ada dua yaitu pertama Affinity photo ini lebih sulit untuk memahami pada awalnya dan aplikasi ini tidak bisa mengizinkan untuk “Smart objects” artinya membuat maket 3D buku bisa jadi sangat sulit.

Namun, aplikasi ini jauh lebih murah dan akan sangat berguna jika digunakan dalam waktu yang lebih panjang. Bagi kamu yang mengedit banyak cover ini bisa menghemat biaya pengeluaran kamu karena fitur lainnya hampir sama dengan photoshop.

3. Menggunakan Blurb BookWright

Selanjutnya kamu bisa menggunakan blurb Bookwright. Kamu bisa merancang dan menerbitkan buku cetak dan e-book dari file yang sama. Pada saat yang sama, sesuai di satu tempat. Sebagai bonusnya aplikasi ini juga menyertakan nomor ISBN gratis.

Dan aplikasi ini merupakan satu-satunya aplikasi gratis yang memungkinkan memberi penggunaan nilai dan fleksibilitas desain.

4. Menggunakan Aplikasi GIMP

Aplikasi ini merupakan penyunting gambar lintas platform yang tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OS X. Yang paling penting aplikasi ini sepenuhnya gratis.

5. Menggunakan Aplikasi Affinity Photo

Selanjutnya kamu bisa mencoba aplikasi affinity photo untuk membuat cover. Kelemahan dari aplikasi ini ada dua yaitu pertama Affinity photo ini lebih sulit untuk memahami pada awalnya dan aplikasi ini tidak bisa mengizinkan untuk “Smart objects” artinya membuat maket 3D buku bisa jadi sangat sulit.

Namun, aplikasi ini jauh lebih murah dan akan sangat berguna jika digunakan dalam waktu yang lebih panjang. Bagi kamu yang mengedit banyak cover ini bisa menghemat biaya pengeluaran kamu karena fitur lainnya hampir sama dengan photoshop.

6. Menggunakan Aplikasi PlaceIt

Berikutnya Cara Membuat Cover Novel Di Hp adalah menggunakan PlaceIt. PlaceIt memberikan beragam pilihan template sampul buku dengan alat yang bisa disesuaikan yang bisa membuatnya terlihat menonjol. Meski tidak secantik canva namun PlaceIt fitur terbaik yang bisa di coba.

7. Menggunakan Aplikasi Shutterstock Pro

Aplikasi Shutterstock Pro memungkinkan kamu memilih jutaan gambar dari perpustakaan Shutterstock dan menyesuaikan tipografi dan warna untuk menghasilkan sampul buku yang benar-benar unik dan menarik.

Selain itu ada template bawaan untuk membuat berbagai media, termasuk sampul buku elektronik. Dibandingkan dengan Affinity Shutterstcok Pro ini lebih jauh intuitif dan mudah digunakan untuk kamu yang merasa pemula.

8. Menggunakan Aplikasi Photoshop

Nah, Cara Membuat Cover Novel Di Hp selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah sangat terkenal yaitu photoshop. Photoshop adalah aplikasi yang sangat bagus untuk membuat sampul.

Aplikasi ini juga user friendly, dan mungkin akan kamu terkejut mengingat pada dasarnya aplikasi ini merupakan standar industri sehingga mudah untuk membuat modifikasi di aplikasi ini.

9. Menggunakan Aplikasi Coreldraw

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi coreldraw yaitu software pengolah grafis desainer. Tak hanya di PC kamu juga bisa download aplikasi ini di hp kamu untuk mempermudah pengeditan cover novel kamu. Banyak template gratis di aplikasi ini.

Bukan hanya itu kamu juga akan mendapatkan CDR Gratis, gambar gratis, tutorial menonton dan trik belajar membuat desain di aplikasi ini. Tentunya sangat cocok bagi yang pemula dan belum tahu cara edit cover.

10. Menggunakan Aplikasi Lulu

Aplikasi pembuat sampul di hp ini menghasilkan sampul yang lebih unik dengan menggunakan gambar sendiri. Aplikasi ini diarahkan untuk untuk menghasilkan sampul yang layak untuk buku elektronik dan buku cetak.

Dahulu para pengguna Lulu harus mengunggah desain buku mereka sebagai file PDF pra-desain. Namun cover wizard Lulu yang baru memungkinkan pengguna untuk membuat desain sampul buku sendiri melalui situs dengan memilih dari berbagai tema yang dimuat sebelumnya.

11. Menggunakan Aplikasi QuarkXPress

Terakhir cara membuat cover novel di Hp Aplikasi ini merupakan penerbitan yang asli. QuarkPress merupakan pilihan aplikasi yang solid untuk merancang tata letak dan sampul interior dengan pembaharuan terkini. Aplikasi ini menawarkan lebih banyak fungsi untuk mendesain cover e-book. Emagazine dan konten web.

Artikel Menarik Lainnya: