Cara Membuat Kartu Nama Anak SD dengan Mudah dan Cepat

Cara membuat kartu nama anak SD belakangan cukup dicari oleh para orang tua yang anaknya baru pertama kali masuk Sekolah Dasar. Dengan memiliki kartu nama, anak SD dapat lebih mudah untuk saling berkenalan satu sama lain.

Selain untuk berkenalan dengan teman sekolahnya, kartu nama anak SD juga digunakan agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan maka orang lain bisa menghubungi orang tuanya. Tren penggunaan kartu nama anak SD tersebut mulai menjamur di kota – kota besar.

Cara Membuat Kartu Nama Anak SD Lewat Beberapa Aplikasi

Membuat kartu nama anak SD memang mudah dilakukan sebenarnya, namun untuk hasil maksimal dan lengkap tentu ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Langkah dan cara dalam membuat kartu nama anak SD tersebut dapat kamu perhatikan lewat penjelasan di bawah ini.

1. Memahami Isi dari Kartu Nama Anak SD

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan dalam cara membuat kartu nama anak SD adalah memahami kelengkapan isi di dalamnya. Ada beberapa detail informasi yang sebaiknya kamu perhatikan dan harus ada di dalam kartu nama untuk anak SD tersebut, seperti :

  • Nama anak yang tertulis secara lengkap
  • Nama orang tua
  • Alamat orang tua yang tertulis jelas
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi

Detail data tersebut bisa kamu tambah agar kartu nama semakin lengkap. Terkait dengan nomor telepon yang digunakan, cantumkan nomor dari ibu maupun ayah dua-duanya agar proses menghubungi dalam keadaan darurat mudah dilakukan.

2. Membuat Desain Kartu Nama Anak SD

Setelah memahami isi yang ada dalam kartu nama anak SD, langkah selanjutnya dari cara membuat kartu nama anak SD adalah membuat desainnya. Ada beberapa pilihan cara yang bisa kamu gunakan dalam melakukan desain kartu nama bagi anak SD, seperti :

2.1. Membuat Desain dengan Microsoft Word

Cara paling sederhana dalam membuat desain kartu nama untuk anak SD adalah dengan memanfaatkan aplikasi word. Kamu dapat membuat kotak sesuai ukuran dari kartu nama lalu memasukkan informasi yang dibutuhkan. Tambahkan foto anak agar lebih terlihat detail informasinya.

Bukan hanya dapat membuatnya secara manual, desain yang jadi bagian cara membuat kartu nama anak SD ini dapat dikerjakan lewat template. Di awal halaman word pertama kali saat membukanya, kamu dapat mengetikkan kata Business Card untuk memperoleh template kartu nama.

Edit template yang ada sesuai dengan kebutuhan dan bentuk paling diminati. Pastikan semua informasi yang dibutuhkan memang sudah tersedia di dalam desain kartu nama bagi anak SD dengan menggunakan word.

2.2. Membuat Desain Kartu Nama dengan Canva

Selain menggunakan word, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi editing online yang praktis dan lebih mudah dalam membuat kartu nama. Proses desain dengan Canva jadi satu bagian cara membuat kartu nama anak SD yang dapat diperhatikan melalui ulasan di bawah ini.

  • Download dan install aplikasi Canva di Smartphone
  • Masuk ke aplikasi tersebut dan lakukan proses daftar akun
  • Setelah terdaftar dan login di akun kamu, tuliskan kartu nama pada bagian pencarian
  • Muncul banyak pilihan template yang dapa kamu sesuaikan
  • Untuk akun gratis, pilih template yang tidak mengandung konten premium
  • Setelah memilih, kamu akan masuk ke lembar kerja
  • Lakukan edit pergantian kata yang ada pada aplikasi tersebut secara mudah
  • Export atau download file yang sudah dibuat untuk proses cetak

Cara desain yang jadi bagian dari cara membuat kartu nama anak SD tersebut tentu harus diperhatikan secara tepat agar tidak salah. Beberapa aplikasi desain online juga masih bisa kamu pilih dan temukan di Google Playstore.

3. Mencetak Kartu Nama Anak SD

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan dalam proses membuat kartu nama anak SD adalah mencetaknya. Ada beberapa pilihan proses cetak yang dapat kamu pertimbangkan dengan baik, seperti disebutkan di bawah ini.

3.1. Mencetak Langsung Lewat Printer

Cara pertama yang dapat dilakukan agar bisa mencetak kartu nama dengan baik adalah menggunakan printer. Kamu cukup menyalakan printer yang sudah tersambung dengan laptop dan mulai print atau cetak kartu nama anak SD tersebut.

3.2. Mencetak Lewat Percetakan

Proses cetak kartu nama yang sudah didesain lainnya adalah dengan memanfaatkan layanan percetakan. Datangi percetakan terdekat dan jelaskan keinginan untuk membuat kartu nama lalu serahkan desain. Kamu akan ditawari pilihan cetaknya termasuk jumlahnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Membuat Kartu Nama Anak SD

Apakah semua anak SD wajib menggunakan kartu nama ?

Di beberapa sekolah tertentu mungkin iya namun sebenarnya pembuatan kartu nama ini tidak diwajibkan untuk semua anak SD.

Di mana meletakkan kartu nama anak SD yang tepat ?

Kamu bisa meletakkannya di beberapa tepat seperti saku baju dan celana serta tas yang digunakan saat bepergian.

Artikel Menarik Lainnya: