10 Cara Membuat Lagu dengan Mudah untuk Pemula

Seorang musisi diakui bakatnya lewat lagu yang diciptakan. Bagaimana cara membuat lagu yang enak didengar semua kalangan dan menyentuh pendengarnya? Tak sekadar memikirkan lirik saja, penulis lagu juga harus menulis melodi yang tepat.

Pahami cara membuat lagu dari awal hingga menjadi karya yang bagus dan bisa dinikmati pendengar sepanjang masa.

Cara Membuat Lagu dengan Mudah

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah inspirasi, biasanya karya hadir karena perasaan atau kondisi yang dialami. Kalau kamu mau mengungkapkan perasaan senang atau sedih lewat lagu, pikirkan dari sekarang dan mulai buat draft lirik.

Ikuti 10 cara membuat lagu berikut ini.

1. Cari Inspirasi

Cara membuat lagu tidak terlalu sulit, pertama kamu harus mencari inspirasi.  Inspirasi bisa datang dari cerita orang lain, kondisi diri sendiri, atau hasil mendengarkan karya orang lain.

Kamu harus juga disarankan sering melihat karya musik ternyata baik lagu Indonesia maupun lagu barat. Karya bagus tidak lahir begitu saja, penulis lagu pun pasti cari inspirasi sebelum memulainya.

2. Tentukan Jenis Lagu

Biasanya lagu berasal dari ungkapan perasaan penulisnya, sebagai langkah awal kamu bisa menentukan dulu jenis lagu yang akan dibuat. Tipe-tipe lagu cukup beragam mulai dari romansa, ballad, atau lagu-lagu riang gembira.

Kamu juga dapat menuliskan judul karya sesuai perasaan yang sedang dialami. Contohnya, lagu-lagu ciptaan Andmesh yang menggunakan tema romansa melankolis sesuai perasaannya yang sedang galau.

Kalau kamu sudah menentukan tipe karya yang akan ditulis, nantinya akan lebih mudah menentukan judul, lirik, serta melodinya.

3. Pilih Genre Musik yang Akan Dibuat

Tak hanya menentukan tipe lagu, kamu juga harus menentukan genre lagu. Pilihan genre cukup banyak antara lain pop, hip-hop, RnB, dan masih banyak lagi.

Tentukan kira-kira karya yang mau kamu buat ini masuknya ke genre yang mana. Menentukan genre akan memudahkan karya kamu di dengar orang lain yang merasa berkaitan dengan lagu buatan kamu.

4. Tentukan Judul

Cara membuat lagu untuk pemula salah satunya menentukan judul untuk karya tersebut. Kalau dapat inspirasi buru-buru tulis untuk pengingat.

Kalau kamu sedang berada dalam kondisi yang galau atau sedih, coba tuliskan beberapa kosakata yang nantinya akan menjadi judul. Judul lagu tidak perlu panjang cukup 1-4 kata yang mewakilkan seluruh lirik yang akan dinyanyikan.

5. Mulai Susun Lirik Lagu

Kalau kamu sudah menentukan genre, berikutnya kamu harus menyusun lirik yang tepat. Lirik dapat mencerminkan isi lagu, kalau lagu sedih pilihlah kalimat yang merepresentasikan kesedihan.

Contoh lirik yang sedih dari lagu Lyodra “sikapmu seakan-akan menyuruh diriku pergi” lirik tersebut mengungkapkan perasaan sedih dan kecewa. Inspirasi sangat penting dalam menulis lirik yang dramatis pada lagu.

5.1. Buat Lirik Bait Pertama

Untuk bait pertama, kamu harus membuatnya sangat menarik hingga pendengar penasaran. Selain itu, kalau lagu-lagu galau gunakan frasa yang berkaitan dengan perasaan pendengar begitu pun untuk lagu riang gembira.

5.2. Tentukan Bait Kedua

Di bagian bait kedua, kamu bisa mengulang frasa dari bait pertama atau membuat frasa baru. Posisikan sudut pandang kamu sebagai pendengar agar bisa menciptakan bait kedua yang bagus.

Jika di bait kedua ini bagus, kamu dapat menyusun refrain dengan mudah sehingga orang lain mau mendengarkan lagu hingga selesai.

5.3. Hubungkan Semua Bait dengan Refrain

Agar lagu mengalir dengan natural, kamu harus menghubungkan antar bait. Di tahap ini, mungkin butuh menurunkan atau meningkatkan melodi. Biasanya, melodi akan meningkat untuk membuat kesan lebih emosional.

6. Tentukan Struktur Lagu

Cara membuat lagu sangat mudah, setelah menulis lirik berikutnya tentukan struktur lagu agar lirik tersusun lebih rapi. Secara umum, struktur lagu terdiri dari intro, verse, bridge, chorus, reff, interlude, modulasi, ending, coda, serta outro.

Beberapa lagu hanya menggunakan struktur intro, verse, dan chorus itu tidak menjadi masalah yang penting karya mudah di nikmati pendengar. Dengan kreativitas kamu, struktur yang dihasilkan jadi karya yang bagus.

7. Tentukan Nada serta Kunci Dasar

Sebuah lagu yang enak didengar didukung dengan nada. Maka dari itu, tentukan dulu nada dasar dari sebuah lagu. Nantinya ini akan berpengaruh saat dinyanyikan oleh kamu atau orang lain.

Nada dasar ini nantinya akan mengetahui vokal tertinggi yang dapat dicapai penyanyi. Kalau karya ini akan dinyanyikan oleh wanita, biasanya dimulai dengan kunci G sementara itu untuk pria kunci C.

Kalau untuk permulaan, jangan menggunakan vokal yang sulit atau mengambil nada dasar terlalu tinggi. Buat karya yang lebih santai agar penyanyi dapat menjiwai karya kamu.

8. Buat Nada Awal hingga Akhir

Setelah menentukan struktur lagu yang dibuat, kamu juga harus menentukan nada untuk setiap struktur lagu tersebut. Kembangkan kunci dasar agar nada pada lagu jadi menarik.

8.1. Tentukan Nada Awal

Pertama-tama tentukan nada untuk intro, di sinilah kreativitas kamu diuji. Kalau intro bagus, pendengar mau mendengar seluruh lagu.

Ciptakan nada yang baik untuk intro, nada boleh sederhana namun mudah diingat. Kamu dapat mencoba kunci dasar sambil memainkan alat musik seperti gitar untuk menentukan nada intro.

8.2. Tentukan Nada untuk Melodi

Di tahap ini kamu harus mulai menentukan rangkaian nada secara berurutan serta jarak nada. Penulis harus menyusun nada melodi yang cocok dan bisa menambah rasa pada karya supaya penyanyi lebih mudah menjiwai karya tersebut.

8.3. Buat Nada untuk Bagian Akhir

Untuk bagian reffrain, kamu dapat menambahkan nada berbeda atau diulang dari nada sebelumnya. Bagian ini opsional sesuai kebutuhan penulis, biasanya bagian ini dibutuhkan untuk menambah daya tarik lagu saja.

9. Tambahkan Akord ke Melodi

Kamu juga harus mencoba pola akord untuk menambah melodi pada lagu. Di tahap ini, mainkan melodi sampai kamu menemukan nada yang disukai. Lakukan ini sambil di rekam supaya nanti bisa diingat lagi.

Dalam beberapa bagian, kamu harus mengubah melodi pada bait dan chorus. Untuk menyesuaikannya coba terapkan akord yang belum digunakan. Dengan ini, kamu bisa menambah kekuatan pada lagu yang diciptakan.

10. Rekam Suara Saat Menyanyikan Lagu

Setelah menyusun lirik, mengatur nada, memainkan akord, kamu bisa langsung buat demo lagu. Demo ini merupakan rekaman musik berisi beberapa lagu yang telah kamu buat lengkap dengan nadanya.

Kamu dapat menunjukkan demo ini ke beberapa label atau di unggah di beberapa situs musik. Kalau karya kamu menjual dan enak di dengar pasti ada yang mau beli karya tersebut.

Akhir Kata

Memahami cara membuat lagu akan membantu kamu menciptakan karya yang bagus dan komersil. Bagi kamu yang mau mulai nulis lagu, minimal memiliki kemampuan main alat musik dan menulis lirik yang bagus.

Untuk langkah awal sebaiknya cari inspirasi dulu, sering-sering mendengarkan musik populer untuk memudahkan prosesnya.

Artikel Menarik Lainnya: