Cara Membuat Logo Di CorelDraw Cepat dan Mudah

CorelDraw merupakan software media desain yang bisa digunakan untuk edit visual 2D seperti poster, gambar atau membuat desain seperti Logo. Banyak sekali yang memanfaatkan aplikasi CorelDraw sebagai media desain.

Cara membuat logo di corelDraw tentunya sangat bisa kamu coba, dengan metode yang benar dan imajinasi yang tinggi tentunya membuat logo akan membuahkan hasil desain yang bagus. Apalagi sekarang banyak orang yang membutuhkan sebuah logo.

Membuat logo di CorelDraw menjadi materi penting terutama yang membuka bisnis desain grafis. Untuk itu jika kamu akan mencoba membuat logo di CorelDraw, maka kamu bisa ikuti tutorial nya di bawah ini.

Logo merupakan sebuah tulisan, sketsa atau gambar yang mengandung makna dan bisa mewakili identitas atas suatu bentuk etnis, seperti lembaga, organisasi, perusahaan, daerah, negara, atau produk.

Pada dasarnya logo berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu berasal dari kata Logos yang jika diartikan adalah pikiran, budi, kata, akal, serta pembicaraan. Bentuk logo tentunya unik dan berbeda beda satu sama lainnya.

Dan setelah kamu memahami arti dari logo tersebut kamu tidak akan sembarangan membuat logo tertentu, karena tentunya Logo yang kamu buat harus memiliki makna yang terkandung didalam logo.

Cara Membuat Logo Di CorelDraw

Mendesain logo bukan hal yang mudah, kamu harus memiliki terus mengasah otak kamu agar memiliki imajinasi yang tinggi. Selain itu juga kamu harus terus belajar tentang makna dari sebuah bentuk, warna, simbol dan lain sebagainya.

Maka membuat logo yang penuh dengan makna namun terlihat menarik dan unik dibutuhkan skill yang sering di asah. Namun jika kamu sudah memiliki kerangka logo yang akan kamu buat maka kamu bisa buat di CorelDraw.

Langkah – Langkah membuat logo di CorelDraw adalah sebagai berikut ini.

Sebelum kamu masuk pada menu CorelDraw di Laptop/ Komputer kamu sebaiknya kamu membuat sketsa logo. Agar dalam membuat logo di aplikasi langsung dan akan cepat membuatnya, karena tinggal kamu gunakan beberapa fitur di CorelDraw.

2. Buka Aplikasi CorelDraw Di laptop Atau PC kamu

Setelah sketsa terbentuk maka silahkan kamu buka aplikasi CorelDraw di Laptop/ Komputer kamu. Namun jika kamu belum memiliki aplikasi CorelDraw, kamu bisa download dan install terlebih dahulu di google.

3. Buat Dokumen Baru

Jika Aplikasi sudah terpasang maka silahkan kamu buka aplikasi CorelDraw dan buat Dokumen Baru. Langkah -langkah membuka dokumen baru yaitu dengan cara.

  • Klik menu File
  • Lalu Klik menu New dan atur preset menjadi Default RGB (Red, Green, dan Blue)
  • Lalu rendering intent menjadi 300. Lalu klik OK

4. Atur Ukuran Halaman

Setelah membuka dokumen baru maka kamu akan masuk pada halaman CorelDraw, langkah selanjutnya kamu bisa menentukan ukuran sesuai dengan kebutuhan logo. Untuk itu silahkan atur ukuran halaman yang sesuai.

5. Buat Guideline

Jika halaman sudah terbentuk langkah selanjutnya kamu harus membuat guideline. Guideline merupakan salah satu elemen penting dalam pembuatan logo. Karena dengan guideline akan mengetahui titik tengah pada halaman.

Untuk membuat Guideline dengan cara:

  • Klik menu Layout
  • Lalu pilih Page layout
  • Selanjutnya klik Guidelines
  • Lalu klik books Show guidelines yang terdapat pada kolom display
  • selanjutnya pindah ke kolom horizontal
  • Selanjutnya agar menemukan titik tengah dengan ukuran yang sama maka masukkan di kolom vertikal juga

Setelah menemukan titik tengah maka selanjutnya kamu buat pola. Silahkan pilih pola yang sesuai dengan sketsa gambar yang kamu buat. Membuat pola kamu bisa gunakan peralatan seperti polygon, Rectangular, Artistic Median dan Freehand tool.

Silahkan pilih pola yang sesuai dengan sketsa gambar yang kamu buat.

7. Atur Posisi Pola

Jika pola sudah terbentuk maka langkah selanjutnya kamu tinggal mengatur posisi pola sesuai dengan sketsa logo yang kamu buat, bisa memperbanyak bentuk pola yang sama dengan cara copy (CTRL + C) dan paste jika membutuhkan pola ukuran sama.

Atau menambahkan pola dari fitur yang tersedia dan disini peran guideline sangat penting sekali dalam memposisikan pola di posisi yang sangat tepat.

8. Beri Warna Sesuai Logo Yang Akan Kamu Buat

Setelah pola sudah terbentuk, tentunya logo suka menggunakan warna. Dan cara mewarnai pola sebagai berikut ini.

  • Pertama klik Interactive Fill Tool dan arahkan kursor pada pola yang akan di beri warna
  • Lalu klik menu Fill Color di Property bar dan kamu bisa pilih warna dari color viewers, color sliders, dan juga color palettes

Silahkan kamu tuntaskan pola dengan warna yang sesuai yang kamu harapkan.

9. Tambahkan Tulisan

Jika akan menambah tulisan di logo maka kamu bisa lakukan dengan cara.

  • Klik Text tool yang terletak di Toolbox di kiri dengan simbol membentuk huruf A
  • Silahkan kamu tulis text di logo
  • Lalu tentukan ukuran dan bentuk huruf nya

10. Buat Logo Sebagus Mungkin

Silahkan ulang cara di atas jika logo yang kamu buat masih kurang menarik, manfaatkan fitur yang terdapat di aplikasi CorelDraw.

Dan sekiranya logo telah selesai dibuat maka selanjutnya kamu tinggal simpan logo tersebut di dokumen kamu. Langkah – langkah menyimpan logo nya yaitu

  • Klik menu File
  • Lalu Klik Save atau save As
  • Dan beri nama file yang kamu simpan
  • Jika menggunakan cara cepat tinggal klik CTRL + S
  • lalu beri nama file dan klik OK

Kelebihan Membuat Logo di CorelDraw

Membuat logo di CorelDRAW memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan desainer. Berikut adalah beberapa kelebihan dalam menggunakan CorelDRAW untuk membuat logo:

1. Kemampuan Vektor

CorelDRAW adalah perangkat lunak desain vektor, yang berarti logo yang Anda buat menggunakan CorelDRAW akan terdiri dari bentuk geometris yang dapat diperbesar atau diperkecil tanpa kehilangan kualitas.

Ini sangat penting untuk logo karena logo sering digunakan dalam berbagai ukuran, mulai dari ikon kecil hingga spanduk besar.

2. Beragam Alat Desain

CorelDRAW menyediakan berbagai alat desain yang kuat untuk membantu Anda menciptakan logo yang menarik dan profesional. Alat-alat seperti pensil, bezier, pemotong bentuk, efek, dan lainnya memungkinkan Anda untuk menggambar dan mengubah bentuk dengan mudah.

3. Fitur Typografi

CorelDRAW dilengkapi dengan fitur tipografi yang kuat, termasuk berbagai font, pengaturan teks yang fleksibel, kemampuan untuk mengubah bentuk teks, efek bayangan, dan banyak lagi. Anda dapat dengan mudah menciptakan kombinasi unik dari teks dan grafis untuk logo Anda.

4. Kemudahan Penggunaan

CorelDRAW memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, yang membuatnya mudah dipelajari dan digunakan oleh pemula sekalipun.

Terdapat pula tutorial dan sumber daya online yang melimpah yang dapat membantu Anda memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini.

5. Kompatibilitas File

CorelDRAW mendukung berbagai format file, termasuk format umum seperti AI, EPS, PDF, dan SVG.

Ini memungkinkan Anda untuk berbagi logo Anda dengan klien atau menggunakan logo dalam berbagai proyek desain yang berbeda.

6. Pengaturan Warna yang Fleksibel

CorelDRAW memberikan kontrol yang luas atas pengaturan warna logo Anda. Anda dapat menggunakan palet warna, mengatur transparansi, menggabungkan warna, dan menerapkan efek gradasi dengan mudah.

Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan logo dengan palet warna yang sesuai dengan merek atau identitas perusahaan.

7. Dukungan untuk Imbas di Pantai

CorelDRAW menyertakan alat untuk membuat imbas di pantai (drop shadow) dan efek 3D yang memungkinkan Anda memberikan dimensi dan kedalaman pada logo Anda.

Ini memberikan tampilan yang lebih menarik dan profesional pada logo.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat logo di CorelDraw dengan cepat dan mudah. Kamu bisa buat logo dengan jenis apa pun dan dengan tingkat kesulitan bagai mana pun dengan memanfaatkan fitur CorelDraw.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: