Cara Membuat Nomor Halaman di Word Berbeda Otomatis

Nomor halaman akan memudahkan pembaca untuk membaca sebuah karya tulis, dan tentu bagaimana cara membuat nomor halaman di Word harus dipahami dengan baik.

1 Fashion murah

Karena fungsinya memang sangat penting, bahkan menjadi sebuah hal wajib yang harus ditampilkan disebuah karya ilmiah. Baik itu jurnal, artikel, disertasi atau bahkan skripsi. Namun memang ternyata masih banyak orang belum tahu, bagaimana pembuatan halaman secara otomatis.

fashion muslim murah

Cara Membuat Nomor Halaman di Word Secara Otomatis

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat nomor halaman di Word, terlebih dahulu harus kamu tahu bagaimana cara dasar untuk membuat halamannya.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah membuka file atau dokumen yang ingin dibuatkan nomor halamannya. Agar praktiknya langsung, pun tentu agar lembar kerja kamu langsung memiliki nomor halaman.

1. Klik Menu Insert

Karena file sudah disiapkan, maka langsung saja arahkan kursornya di halaman menu bar dan klik Insert. Kemudian cari menu Page Number dan pastikan untuk cari lagi opsi Header dan Footer.

2. Klik Page Number

Selanjutnya lakukan klik pada Page Number, kemudian pilih posisi nomor halaman yang ingin kamu gunakan. Baik itu sesuai keinginan, atau bahkan sesuai dengan ketentuan dari karya ilmiah yang kamu buat.

1 Fashion murah

3. Tentukan Posisi

Di Microsoft word atau pada Word, ada beberapa pilihan posisi nomor halaman yang bisa digunakan. Mulai dari Top of Page, berarti di bagian atas. Kemudian Bottom of Page, berarti di bawah halaman kerja.

Page Margins dengan posisi di atas atau bawah, dengan mode vertikal bahkan horizontal. Lalu kamu juga dapat menentukan posisinya dengan Current Position, yang letaknya di pojok kiri atas halaman kerja atau dapat diatur sesuai dengan keinginan sendiri.

4. Klik Posisi yang Diinginkan

Karena sudah tahu deskripsinya bagaimana, maka selanjutnya bisa kamu langsung klik posisi tersebut. Setelahnya, nomor halaman akan muncul secara otomatis berdasarkan posisi halaman yang diinginkan.

5. Tentukan Format Nomor Halaman

Di Ms Word, nanti kamu dapat mengatur atau menentukan jenis nomor halaman yang diinginkan. Jika tidak mengatur format nomor halamannya, maka yang akan otomatis ditampilkan adalah angka. Seperti 1, 2, atau bahkan 3 dan seterusnya.

Untuk itu, maka bila ingin mengubah format berupa romawi. Harus pilih kembali ke menu Page Number, sebelum memposisikan dimana nomor halamannya akan ditempatkan. Kamu harus klik Format Page Numbers terlebih dahulu ya.

Cara Membuat Nomor Halaman di Word dengan Format Berbeda

Bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah ketika ingin mengatur halaman, namun dengan posisi atau bahkan format nomor yang berbeda.

1 Fashion murah

Hal ini kerap kali menjadi permasalahan yang sering kali dihadapi oleh para pengguna, termasuk oleh kamu sendiri bukan? Nah, agar nanti format nomor halaman atau bahkan posisinya berbeda. Bisa langsung simak langkah dan panduan selanjutnya.

1. Menentukan Halaman

Buka lagi dengan halaman dokumen Ms Word yang ingin halamannya diatur. Kemudian pilih halaman yang akan diberi nomor dengan format penggunaan berbeda.

2. Menentukan Posisi

Untuk mengatur posisi, kamu bisa klik menu Insert dan memilih Page Number. Selanjutnya tentukan posisi nomor halamannya, baik itu di Top of Page, Bottom of Page, Page Margins atau bahkan Current Position.

3. Menentukan Format

Selanjutnya di menu Page Number, tentukan Format Page Numbers yang ingin digunakan pada nomor halamannya. Baik itu sesuai aturan dokumen, atau bahkan sesuai keinginan.

Lanjutkan prosesnya dengan memasukkan angka di kolom Start at dan klik OK untuk melanjutkan.

4. Klik Opsi Page Break

Setelah ketentuan sebelumnya disetting, maka selanjutnya bisa langsung letakkan kursor diantara halaman yang akan dibedakan format halamannya. Kemudian pilih menu Layout dan klik Page Break.

1 Fashion murah

5. Klik Opsi Next Page

Lanjutkan proses setting dengan klik opsi Next Page, dan kemudian klik nomor halaman sebanyak dua kali. Lanjutkan untuk membuat format nomor halaman yang berbeda. Yakni dengan klik Format Page Numbers seperti di tahap langkah sebelumnya.

Jika berhasil, maka pembuatan format halaman berbeda dalam satu dokumen sudah berhasil kamu lakukan.

Cara Membuat Nomor Halaman di Word dengan Format Romawi

  1. Buka kembali dokumen yang ingin diberikan nomor halaman format romawi
  2. Lanjutkan proses dengan klik menu Page Layout, lalu Breaks, kemudian Next Page
  3. Selanjutnya bisa klik tab Insert dan pilih Header and Footer
  4. Jika menu Header and Footer sudah aktif, maka tinggal pilih menu Navigation. Kemudian link to Previous
  5. Selanjutnya tinggal tentukan posisi Page Number yang diinginkan
  6. Lanjutkan prosesnya dengan memilih penomoran format romawi pada menu Format Page Number dan lanjutkan dengan memilih opsi Start at. Maka otomatis seluruh halaman akan berformat halaman menggunakan romawi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat Nomor Halaman di Word

Apakah Format Halaman Bisa Menggunakan Abjad?

Bisa, kamu tinggal mengaturnya saja pada format page number.

Apakah Format Halaman Bisa Menggunakan Kapital dan Tebal?

Bisa, kamu pun hanya tinggal mengubahnya saja seperti setting sebelumnya.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: