Cara Membuat Poster dengan Photoshop dengan Mudah

Pasti kita semua pernah dong melihat poster dalam kehidupan sehari-hari. poster ini merupakan salah satu karya seni atau produk desain grafis untuk memvisualisasikan sebuah pesan tertentu.

Dan salah satu software yang bisa di buat mendesain poster yaitu Photoshop. Lalu bagaimana cara membuat poster dengan Photoshop? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti dalam membuat poster yang menarik dengan Photoshop tak hanya itu akan dijelaskan pula manfaat dari poster itu apa simak sampai akhir ya!

Cara Membuat Poster dengan Photoshop

Poster yang di buat semenarik mungkin agar banyak mata yang melihatnya. Dan untuk membuat poster ini perlu memiliki keahlian desain grafis. Dan biasanya ahli pembuat poster mematok harga yang cukup lumayan.

Karena butuh ketelitian visualisasi gambar dan kata yang bisa di pahami dan mampu mengajak orang lain untuk mengubah, meninggalkan atau mengerjakan sesuatu.

Untuk membuat poster ini kamu memerlukan software seperti halnya corel draw atau Photoshop dan tahu cara menjalankannya.

Photoshop sendiri merupakan software yang sering digunakan untuk membuat poster dan di bilang cukup mudah di pelajari dengan cepat.

Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa teknik dasar cara membuat poster dengan Photoshop, diantaranya adalah:

1. Buka Aplikasi Photoshop

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Photoshop jika belum ada kamu bisa download terlebih dahulu. Dan jika kamu sudah memilikinya kamu bisa tekan CTRL+N untuk membuat project baru.

2. Isi Ukuran Project

Cara membuat poster dengan Photoshop selanjutnya jika telah terbuka project baru kamu bisa isikan ukuran project di kolom width dan lenght kamu bisa sesuaikan semuanya sesuai kebutuhan kamu.

3. Ubah Warna Background

Jika lembar project baru telah ada dan ukurannya sesuaikan kamu bisa langsung mulai dengan mengubah backgroundnya terlebih dahulu dengan klik “Gradient Tool” dengan tool ini kamu bisa membuat background lebih hidup dan berwarna.

Dan bisa menambahkan efek cahaya di bagian tengahnya. Tekan “Gradiant Tool” pilih warna dan ubah style gradient-nya menjadi lingkaran. Dan tarik dari kanan bawah ke kiti atas untuk memunculkan warna gradiant.

4. Membuat Guide Baru

Dan selanjutnya kamu bisa buat guide di bagian tepi mengatur posisi shape yang persisi nantinya.

Dengan cara klik view dan tambah “New Guide” kamu isa mengatur untuk horizontal 5% dan 95% kemudian untuk vertikal lakukan hal yang sama. Lalu kamu bisa buat new guide dengan format 50% dan 70%.

5. Membuat Bentuk dengan Pen Tool

Setelah itu kamu mulai bisa membuat shape dengan memanfaatkan fitur bernama “Pent Tool” kamu bisa mengikuti pola guide yang sudah di buat tadi atau sesuaikan dengan keinginan kamu saja.

Kamu mulai bisa memasukan warna sesuai dengan selera dan pastikan warna stroke di sini dalam keadaan off.

6. Membuat Bentuk dengan Hiasan

Selanjutnya dengan “Pen Tool” juga kamu bisa memberikan hiasan yang aktraktif agar terlihat menarik dan atur warna sesuai dengan konsep yang ingin kamu buat.

7. Menambahkan Tulisan yang Menarik

Dan selanjutnya kamu bisa membuat tulisan yang menarik perhatian orang yang melihat poster tersebut jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan ada kata persuasif dalam poster tersebut.

8. Gunakan Gambar Pendukung

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan gambar pendukung dan kombinasikan warna yang sesuai dengan tulisan dan backgroud yang telah kamu atur di Photoshop tadi.

9. Memilih Media Poster

Dan terakhir setelah kamu menyelesaikan pembuatan poster di Photoshop dengan langkah-langkah di atas tadi kamu juga bisa mencetaknya menggunakan bahan yang kamu inginkan.

Gunakan bahan yang tidak cepat pudar atau rusak untuk mencetak desain poster. Kamu bisa berkonsultasi ke percetakan langsung untuk media yang bagus untuk poster agar poster dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur.

10. Selesai

Dan cara membuat poster dengan Photoshop pun telah selesai sesuai yang kamu inginkan telah di buat dan kamu bisa menempelkan poster tersebut di mading di mana pun tempat yang cocok untuk menempelkan poster.

Kelebihan Membuat Poster dengan Photoshop

Membuat poster menggunakan Photoshop memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer.

Berikut adalah beberapa kelebihan membuat poster dengan Photoshop:

1. Fleksibilitas Kreatif

Photoshop adalah alat yang sangat kuat untuk desain grafis, yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan berbagai elemen seperti teks, gambar, efek, dan latar belakang dengan cara yang kreatif.

Anda memiliki kontrol penuh atas tampilan dan tata letak poster Anda, sehingga dapat menciptakan desain yang unik dan menarik.

2. Pengeditan yang Presisi

Photoshop memberikan kontrol yang sangat detail dalam mengedit dan memperbaiki gambar.

Anda dapat melakukan koreksi warna, penyesuaian tingkat, menghapus objek yang tidak diinginkan, atau memperbaiki cacat dengan presisi tinggi. Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan gambar yang tajam dan menarik untuk poster Anda.

3. Kemampuan Desain yang Komprehensif

Photoshop adalah perangkat lunak desain grafis yang sangat lengkap dengan berbagai fitur dan alat desain. Anda dapat membuat efek tekstur, mengatur opasitas, menerapkan lapisan, mengatur efek pencahayaan, dan banyak lagi.

Ini memberi Anda kebebasan untuk bereksperimen dan menciptakan efek yang mengagumkan dalam desain poster Anda.

4. Resolusi Tinggi dan Skalabilitas

Photoshop memungkinkan Anda untuk bekerja dengan resolusi tinggi, yang penting jika Anda ingin mencetak poster dalam ukuran besar.

Dengan resolusi yang tepat, Anda dapat menciptakan poster yang tajam dan jelas bahkan saat dilihat dari jarak dekat.

Selain itu, desain poster yang dibuat dengan Photoshop juga dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran, baik itu untuk cetak atau penggunaan digital.

5. Integrasi yang Baik dengan Program Lain

Photoshop dapat bekerja dengan baik dalam sinergi dengan program desain grafis lainnya seperti Adobe Illustrator dan Adobe InDesign.

Ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan elemen desain dari berbagai sumber dan menciptakan poster yang lebih kompleks dan profesional.

Manfaat Membuat Poster

Setelah mengetahui cara membuat poster dengan Photoshop kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat dan fungsi dari membuat poster di Photoshop, diantaranya adalah:

  • Membuat poster di Photoshop cukup mudah di ikuti karena tool yang digunakan cukup mudah dan dapat digunakan oleh para pemula bahkan yang tidak paham desain grafis
  • Di Photoshop memiliki fitur yang cukup lengkap untuk pembuatan poster jadi terbilang rekomended untuk buat poster di software tersebut
  • Manfaat membuat poster sendiri yaitu untuk menarik perhatian publik agar melakukan, meninggalkan atau membeli poster yang kita sebarkan sesuai isi poster
  • Selain itu di manfaatkan sebagai petunjuk informasi
  • Berikutnya yaitu sebagai media kreasi atau media kampanye dan mempromosikan sesuatu
  • Dan sebagai peringatan hari-hari nasional atau lainnya

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membuat poster dengan Photoshop serta manfaatnya semoga dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: