Cara Membuat Poster yang menarik dan Juga Interaktif

Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar dan publikasi antara keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat umum.

1 Fashion murah

Tak hanya itu, poster juga bisa sebagai alat promosi, memberikan pengumuman dan lain-lain. Namun, di antara kalian pastinya akan penasaran bagaimana cara membuat poster.

fashion muslim murah

Kamu bisa membuat poster di berbagai aplikasi penyedia layanan pembuatan poster seperti canva kamu bisa mendesainnya sendiri di sana. Simak sampai akhir ya!

Poster adalah?

Menurut KBBI atau Kamus Besar Indonesia mengatakan bahwa poster adalah plakat yang di pasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Dan pada umumnya, poster adalah media media publikasi yang mengkombinasikan antara gambar dan tulisan.

Dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Selain itu, poster juga bisa dijadikan sebagai alat promosi, memberikan pengumuman, media propaganda, dekorasi atau informasi kepada masyarakat umum.

1 Fashion murah

Sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuat poster. Jadi, itu sebabnya mengapa poster harus bagus dan dapat di nikmati oleh para penggunanya. Agar poster yang kamu buat bisa dinikmati oleh orang lain supaya enak di pandang.

Cara Membuat Poster yang Menarik

Agar poster kamu dapat buat menyampaikan informasi secara baik, perhatikan langkah-langkah cara membuat poster di bawah ini. berikut acuan cara membuat poster yang menarik dan bisa di nikmati oleh khalayak banyak.

Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini untuk cara membuat poster yang menarik:

1. Menentukan Tema

Nah. Langkah pertama untuk cara membuat poster yang menarik adalah kamu perlu menentukan sebuah tema yang akan kamu akan di dalam poster kamu. Apakah poster tersebut merupakan poster promosi, atau poster suatu acara.

Kamu bisa mendesain poster sesuai tema yang kamu inginkan dan pikirkan hal yang paling dekat dengan tema tersebut misal tema hari pendidikan kamu bisa masukan bapak pendidikan kita dan lain sebagainya.

2. Menentukan Tujuan Poster

Selain tema cara membuat poster yang menarik juga kamu perlu memantapkan tujuan dari pembuatan poster tersebut untuk apa. Apakah kamu ingin mengajak orang untuk mengikuti acar tersebut.

1 Fashion murah

Atau membuat orang membeli produk yang kamu promosikan atau ujaran untuk meninggalkan sesuatu. Misalnya, mengajak untuk hidup bersih atau mengajak orang berhenti buah sampah, atau berkerumun.

3. Isi Pesan yang Mudah di Pahami

Selanjutnya cara membuat poster yang menarik kamu perlu memperhatikan apalah gunanya membuat poster jika pesan yang ingin disampaikan tidak sampai dengan baik kepada para pembaca.

Jadi buatla isi poster yang mudah di pahami dan tentunya memberikan perubahan kepada orang yang melihat poster tersebut.

4. Kata-kata yang Menarik

Kemudian selain isi pesannya mudah di pahami kamu juga perlu merangkai kata yang cukup menarik dan dapat mudah di ingat dengan mudah oleh orang lain secara langsung meski hanya sepintas.

Bahasa jangan terlalu kaku dan formal gunakan bahasa sehari-hari agar mengena kepada pembaca. Gunakan juga basah persuasif atau ajakan.

5. Gunakan Gambar Pendukung

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan gambar pendukung dan kombinasikan warna yang sesuai dengan tulisan dan backgroud dari poster tersebut. Dan proses ini bisa menggunakan ahli desain grafis pembuat poster.

1 Fashion murah

Atau kamu yang tidak bisa menggunakan desain ahli grafis kamu bisa membuat poster menggunakan aplikasi canva, begini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama kamu bisa download aplikasi Canva di Playstore
  • Ketik “Poster” di kolom pencarian
  • Nantinya akan muncul beragam jenis template poster yang bisa di pilih
  • Kemudian pilih desain yang kamu inginkan
  • Edit template sesuai keinginan
  • Pengguna juga bisa menambahkan beberapa ornamen dengan klik tanda +
  • Setelah mendesain klik ikon “download” di pojok kanan atas
  • Dan pilih unduh
  • Setelah itu pengguna bisa mencetak desain poster yang kamu buat

6. Memilih Media Poster

Dan terakhir setelah kamu menyelesaikan pembuatan poster dengan langkah-langkah di atas tadi kamu juga bisa gunakan bahan yang tidak cepat pudar atau rusak untuk mencetak desain poster.

Kamu bisa berkonsultasi ke percetakan langsung untuk media yang bagus untuk poster agar poster dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur.

Apa Saja Elemen yang Harus Ada Dalam Poster?

Elemen-elemen yang harus ada dalam poster meliputi:

1. Judul

Judul poster harus mencerminkan tema atau pesan utama yang ingin disampaikan. Judul sebaiknya singkat, jelas, dan menarik perhatian.

2. Gambar/Grafis

Penggunaan gambar atau grafis yang relevan dengan konten poster dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih efektif. Pilih gambar yang berkualitas baik dan memiliki keterkaitan langsung dengan topik yang dibahas.

1 Fashion murah

3. Teks

Teks pada poster sebaiknya singkat, padat, dan mudah dibaca. Gunakan font yang mudah dibaca dengan ukuran yang cukup besar agar dapat terbaca dengan jelas dari jarak tertentu. Teks dapat berupa paragraf pendek, poin-poin penting, atau kalimat-kalimat singkat yang memperkuat pesan poster.

4. Warna

Pilihan warna yang tepat dapat memberikan daya tarik visual pada poster. Gunakan kombinasi warna yang harmonis dan kontras agar poster mudah dibaca dan menarik perhatian. Warna juga dapat digunakan untuk membedakan bagian-bagian penting dalam poster.

5. Logo dan Identitas

Jika ada lembaga atau organisasi yang terkait dengan poster, sebaiknya sertakan logo atau identitas mereka pada poster. Hal ini membantu membangun citra dan memperkuat pesan yang disampaikan.

6. Grafik dan Diagram

Jika ada data atau informasi yang dapat disajikan dalam bentuk grafik atau diagram, gunakan elemen ini untuk memvisualisasikan informasi dengan lebih jelas dan menarik.

7. Slogan atau Tagline

Slogan atau tagline yang singkat dan mudah diingat dapat digunakan untuk menyampaikan pesan utama atau menggugah emosi pembaca.

8. Kontak dan Informasi Tambahan

Jika relevan, sertakan kontak atau informasi tambahan yang dapat membantu pembaca mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang dibahas dalam poster.

1 Fashion murah

9. Tata Letak yang Menarik

Perhatikan tata letak keseluruhan poster untuk memastikan bahwa elemen-elemen tersebut diatur dengan baik dan mudah dibaca. Gunakan ruang kosong dengan bijak untuk menciptakan keseimbangan visual.

10. Pesan yang Jelas

Poster harus memiliki pesan yang jelas dan terfokus. Pastikan bahwa semua elemen yang ada mendukung dan memperkuat pesan tersebut.

Manfaat dan Fungsi Poster

Selain cara membuat poster kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat dan fungsi dari membuat poster diantaranya adalah:

  • Manfaat poster pertama yaitu untuk menarik perhatian publik agar melakukan, meninggalkan atau membeli poster yang kita sebarkan sesuai isi poster
  • Selain itu di manfaatkan sebagai petunjuk informasi
  • Berikutnya yaitu sebagai media kreasi atau media kampanye
  • Dan sebagai peringatan haris hari nasional atau lainnya

Contoh Poster yang Menarik

Berikut adalah contoh-contoh poster yang menarik:

  1. Poster “Keep Calm and Carry On”:
    • Gunakan latar belakang dengan warna yang cerah dan mencolok, seperti merah atau kuning.
    • Tuliskan teks “Keep Calm and Carry On” dengan font yang tebal dan mencolok di tengah poster.
    • Tambahkan elemen dekoratif, seperti mahkota di atas teks atau garis-garis yang membingkai teks.
    • Gunakan kontras warna antara latar belakang dan teks agar teks mudah terbaca.
  2. Poster “Explore the World”:
    • Gunakan gambar dunia atau peta dunia sebagai latar belakang poster.
    • Tampilkan gambar-gambar landmark terkenal dari berbagai negara di sekitar latar belakang.
    • Tuliskan teks “Explore the World” dengan font yang elegan dan berukuran besar di tengah poster.
    • Gunakan warna-warna yang cerah dan mencolok untuk menarik perhatian.
  3. Poster “Save the Bees”:
    • Gunakan gambar lebah atau bunga-bunga sebagai latar belakang poster.
    • Tampilkan teks “Save the Bees” dengan font yang ramah dan alami di atas latar belakang.
    • Sertakan ilustrasi atau gambar yang menunjukkan pentingnya pelestarian lebah.
    • Gunakan warna-warna yang lembut dan alami, seperti hijau atau kuning muda.
  4. Poster “Dream Big”:
    • Gunakan gambar angkasa atau bintang-bintang sebagai latar belakang poster.
    • Tampilkan teks “Dream Big” dengan font yang berukuran besar dan terlihat mencolok di tengah poster.
    • Sertakan gambar-gambar yang mewakili impian dan aspirasi, seperti papan seluncur atau gedung pencakar langit.
    • Gunakan warna-warna gelap untuk latar belakang agar gambar dan teks lebih terlihat.
  5. Poster “Go Green”:
    • Gunakan gambar alam atau pepohonan sebagai latar belakang poster.
    • Tampilkan teks “Go Green” dengan font yang ramah lingkungan dan berukuran besar di tengah poster.
    • Sertakan ilustrasi atau gambar yang menunjukkan aksi-aksi keberlanjutan, seperti daur ulang atau penggunaan energi terbarukan.
    • Gunakan warna-warna hijau dan biru untuk mencerminkan lingkungan dan alam.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membuat poster berikut pengertian serta manfaat dan fungsi dari poster itu sendiri untuk apa. Semoga bermanfaat!

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu