Cara Membuat Titik Titik pada Daftar Isi Microsoft Word

Daftar isi menjadi part atau bagian penting dalam sebuah karya, maka tahu bagaimana cara membuat titik titik pada daftar isi sangatlah dibutuhkan.

Sebenarnya proses pembuatan daftar isi ini tidak begitu sulit, bahkan jika dilakukan manual juga sangat bisa dilakukan. Namun dengan proses yang pasti lebih lama, bahkan hasilnya akan berantakan. 

Cara Membuat Titik Titik pada Daftar Isi Microsoft Word

Ms Word atau Microsoft Word sendiri merupakan salah satu sistem perangkat lunak, mengolah kata yang umumnya dipakai untuk membuat makalah. Artikel, juga skripsi. Daftar isi biasanya akan menjadi penting di makalah, skripsi juga artikel.

Akan menjadi elemen yang menunjukkan letak dimana halaman, hingga posisi pembahasan. Umumnya titik titik daftar isi dapat dilakukan dengan menekan tombol titik pada keyboard. Namun proses ini akan lebih lama, dan lebih baik jika kamu paham bagaimana cara yang lebih otomatis.

Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi Secara Otomatis

Pengerjaan makalah atau skripsi dipastikan memiliki jangka waktu, atau deadline tertentu. Untuk itu, percepat proses pembuatannya dengan permudah bagaimana saat daftar isi kamu buat. Untuk tahu caranya bagaimana, simak penjelasan selanjutnya ya.

1. Setting Awal

Atau melakukan pengaturan awal. Ada baiknya kamu melakukan hal ini terlebih dahulu, karena memang ada beberapa pengaturan awal di Ms Word yang harus diatur atau disetting terlebih dahulu dengan baik. Begini caranya:

  • Pertama, buka terlebih dahulu file atau dokumen Ms Word yang ingin kamu buat titik titik pada daftar isinya
  • Selanjutnya langsung saja masuk di halaman daftar isi yang akan diberi titik titik secara otomatis
  • Kemudian pastikan terlebih dahulu bahwa fitur Ruler sudah diaktifkan. Jika belum, kamu dapat mengaktifkan atau menampilkannya dengan klik menu View pada menu barnya. Selanjutnya centang pada opsi pilihan Ruler
  • Lanjutkan prosesnya dengan menampilkan batas margin kerja, yakni dengan menekan tab File di pojok kiri atas tampilan kerja MS Word. Kemudian cari opsi pilihan Options dibagian bawah
  • Selanjutnya, cari menu Advance dan beri tanda centang pada pilihan Show Text Boundaries.

Hal tersebut dilakukan agar margin kertasnya nampak, sehingga kamu akan tahu batas lebar halaman kerjanya secara keseluruhan dan jelas terlihat.

2. Mengatur Batas Titik Titik

Titik titik yang dibuat tentu saja harus dibatasi, kamu dapat melakukannya dengan cara di bawah ini:

  • Lakukan blok pada semua teksnya, kecuali judul daftar isi
  • Lanjutkan dengan tekan fitur Ruler yang berada pada kiri atas, hingga nanti pilih fitur Right Tab yang memiliki ikon seperti huruf L
  • Cara membuat titik titik pada daftar isi selanjutnya adalah dengan atur batas titik akhir posisi nomor halaman, dilakukan dengan menebak penggaris para opsi ‘Ruler’
  • Atur saja sesuai keinginan juga kebutuhan ya
  • Jika sudah, nanti akan muncul ikon Right Tab, double klik pada Right Tab sampai batas akhir titik. Pastikan juga posisi batas titik sudah sesuai ya
  • Jika sudah, langsung saja pilih Right pada bagian Alignment dan pilih nomor dua pada bagian Leader
  • Hal tersebut dilakukan untuk memberikan titik titik pada daftar isi
  • Selesaikan prosesnya dengan klik Set kemudian Ok

3. Munculkan Titik Titik

Setelah prosedur di atas, kamu pun dapat memunculkan titik titik secara otomatis dengan beberapa langkah di bawah.

  • Pertama, langsung arahkan kursor di akhir kalimatnya dan kemudian tekan tombol Tab pada keyboard. Nanti titik titik akan otomatis muncul di halaman daftar isinya
  • Kamu dapat melakukan hal tersebut pada setiap daftar isi yang ada pada lembar kerja

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa coba kamu lakukan mengenai bagaimana cara membuat titik titik pada daftar isi menggunakan Ms Word secara otomatis.

Pastikan setiap langkahnya dipahami dengan baik, agar hasil daftar isi pada lembar kerja kamu menjadi lebih mudah juga lebih mudah untuk dibaca.

Pentingnya Daftar Isi Dalam Pada Karya Tulis

Tentang bagaimana cara membuat titik titik pada daftar isi, hingga kamu cari tutorialnya bagaimana. Apakah kamu sudah tahu betapa pentingnya sebuah daftar isi dalam sebuah karya ilmiah?

Ya, ternyata karya tulis dengan daftar isi akan membuatnya lebih profesional dan memang sudah ketentuan penyusunannya demikian. Terutama dalam karya tulis yang sifatnya sangat ilmiah.

Daftar isi yang dibuat secara rapi, runut. Maka akan membuat pembaca terkesan lebih mudah untuk memahami mengenai bagaimana isi dari karya tulisnya.

Saat kamu melakukan pengeditan pada dokumen, daftar isi sendiri dapat menguraikan dan pengatur pemikiran. Sehingga tidak nanti tidak akan ada topik atau pembahasan tertinggal. Sistem dari daftar isi juga dapat memberikan kerangka penulisan secara jelas, urut dan tentu tidak membingungkan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi

Berapa Lama Proses Membuat Daftar Isi?

Bisa cepat dan lama, tergantung dari proses dan pemahaman kamu sendiri.

Apakah Panduannya Berlaku untuk Semua Penggunaan Jenis Perangkat?

Sama, selama sama-sama menggunakan Ms Word.

Artikel Menarik Lainnya: