Cara Membuat Wifi Dengan CMD Dengan Mudah

Cara Membuat Wifi Dengan CMD dengan Mudah

Cara Membuat Wifi Dengan CMD dengan Mudah

Cara membuat wifi dengan CMD di window ternyata mudah dan terbukti berhasil dilakukan, tentunya bisa memancarkan jaringan internet ke beberapa perangkat di sekitarnya.

Untuk memancarkan jaringan internet ke beberapa perangkat biasanya menggunakan alat pemancar seperti router/ wifi, atau bisa juga dengan hotspot lewat HP. Namun tahukah kamu bahwa window juga bisa bekerja menjadi pemancar dengan CMD.

Buat kamu yang penasaran mengenai caranya, berikut ini tutorial cara buat Wifi dengan alat tambahan CMD di window lengkap dengan solusi jika terjadi error. Untuk itu pelajari materi nya sampai tuntas di artikel ini.

Cara Membuat Wifi Dengan CMD

Untuk membuat hotspot dengan CMD kamu bisa menggunakan laptop atau pc dngan sistem operasi Windows 7,8,8.1,10, atau 11. Karena untuk perangkat Windows 7 ke bawah belum support tethering.

Perlu kamu ketahui biasanya di laptop sudah ada WiFi receiver yang fungsinya untuk menerima koneksi internet dan memancarkannya kembali. Namun, kalau di PC atau komputer biasanya diperlukan usb wifi receiver untuk menghubungkannya.

1. Atur Wifi Di CMD

Langkah-langkah membuat hotspot dengan CMD kamu bisa ikuti langkah – langkah dibawah ini. Namun sebelum membuat wifi kamu memerlukan kode khusus, berikut detailnya:

  • Pertama, silahkan buka kolom search windows kemudian ketik Command Prompt lalu buka hasi lpencariannya dengan klik Run as administrator.
  • Untuk lebih simpelnya, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + R lalu ketik CMD dan tekan enter.
  • Jika halaman Command Prompt sudah terbuka, silahkan kamu masukkan perintah netsh wlan set hosted network mode=allow ssid=NEOTEKNO=key=Neowebs1te.
  • Selanjutnya, silahkan kamu masukkan nama wifi yang kamu inginkan, dan untuk password minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, kecil angka di dalamnya, lalu klik enter.
  • Tunggu sampi muncul tulisan the hosted network started.
  • Selesai. Kamu sudah berhasil mengaktifkan WiFi di CMD.

2. Atur Akses Internet

Jika kamu sudah berhasil membuat hotspot, maka kamu juga harus mengatur akses internetnya juga. Karena jika tidak maka hp atau perangkat yang tersambung tidak akan menerima koneksi internet.

Untuk atur akses internet , kamu bisa melakukan pengaturan internet dengan langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada kolom search Windows, silahkan ketik Control Panel lalu buka
  • Setelah terbuka, silahkan masuk ke menu Network and Internet kemudian pilih Network and Sharing Center
  • Selanjutnya, silahkan klik koneksi yang kamu jadikan sumber akses internet, baik itu dari modem atau roterWiFi. setelah itu pilih menu proprties
  • Lalu masuk ke tab Sharing, cekis pada opsi Allow orther network users to connect through this computer’s internet connection
  • Selanjutnya, pada kolom Home Networking Connection lalu atur ke koneksi wifi yang telah kamu buat sebelumnya
  • Setelah selesai tinggal klik OK untuk menerapkan

Cara Membuat Wifi Dengan CMD Lewat Menu Setting

Selain membuat wifi melalui CMD, kita juga bisa mengaktifkan wifi melalui menu settings windows. Langah – langkah untuk membuat Wifi dengan menu setting oleh tambahan alat CMD adalah sebagai berikut ini.

  • Pertama-tama, silahkan buka setting widows dengan menekan tombol Windows + I.
  • Lalu, masuk ke menu Network & internet.
  • Klik Mobile hotspot
  • Untuk mengaktifkan wifi, ubah pengaturannya menjadi on.
  • Selesai, kamu bisa mengatur SSID dan password.

Bagai Mana Jika Wifi Terjadi Error

Bukan hal yang aneh jika sebuah sistem mengalami error. Dan mungkin saja error terjadi pada kamu saat mengaktifkan Wifi di windows.

Namu kamu jangan khawatir Jika kamu mengalami error stelah mengaktifkan wifi atau tethering. Karena untuk mengatasi masalah tesebut bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, silahkan buka search Windows kemudian ketik System Configuration lalu buka
  • Pada windows 10 dan 11, kamu bisa mengaksesnya melalui Run dengan menekan tombol Windows + R kemudia ketik MsConfig dan tekan enter
  • Setelah terbuka, silahkan pergi ke tab service, lalu silahkan ceklis semua opsi
  • Jika sudah, silahkan klik Apply lalu klik OK
  • Setelah itu, silahkan restart PC atau laptop

Setelah perangkat menyala, silahkan ulangi lagi langkah untuk mengaktifkan wifi dan melakukan sinkronsasi koneksi internet.

Jenis Windows Yang Support Membuat Wifi dengan CMD

Perlu kamu ketahui tidak semua jenis windows support untuk membuat wifi salah satunya windows XP windows tersebut belum support karena belum memiliki fitur lengkap seperti windows-windows terbaru.

Di antara windows yang support untuk membuat wifi dengan bantuan alat CMD yaitu windows 7, 8, 8.1,10, 11, dan windows-windows di atas nya. Tentunya windows ini support karena sudah memiliki fitur yang lengkap mendukung CMD.

Jika kamu akan membuat Wifi di Laptop atau PC kamu lihat saja windows yang digunakan di software Laptop/ PC kamu. atau kamu bisa install software ke model terbaru.

Akhir Kata

Demikina informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat Wifi dengan CMD. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua dimanapun kamu berada.

Dan kunjungi terus website di mustakim.org karena masih banyak informasi penting dan terupdate.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: