Cara Memelihara Burung Hantu dan Cara Menjinakkannya

Kamu memiliki burung hantu dan bingung bagaimana cara memelihara burung hantu? Yuk, simak artikel ini sampai selesai tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara memelihara dan beberapa tips cara merawatnya.

1 Fashion murah

Hewan nocturnal ini memiliki ciri hidup yang berbeda dari burung biasanya dan biasanya dianggap memiliki hal mistis. Namun, tidak sedikit orang yang menjadikan burung ini sebagai teman hidup. Yuk, baca lengkap untuk mengetahui informasi tentang ini.

fashion muslim murah

Cara Memelihara Burung Hantu yang Benar

Di balik ke populeran burung hantu sebagai hewan peliharaan sayangnya umur mereka tidak begitu panjang, menurut ahli binatang bahwa burung hantu ini hanya dapat dipelihara di rumah bisa hidup maksimal selama 10 tahun.

Dan itu jika perawatannya yang baik sedangkan jika perawatannya buruk maka lebih pendek dari itu. Nah, maka dari itu bagaimana cara memelihara burung hantu yang baik dan benar simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Pilih Burung hantu yang masih Kecil

Cara memelihara burung hantu pertama kamu bisa memilih burung yang masih kecil karena jenis ini lebih mudah di latih dan dijinakkan. Kamu tidak perlu memberikan makanan burung hantu dewasa seperti daging-dagingan cukup jangkrik burung hantu yang kecil akan merasa sehat dan kenyang.

2. Jangan Jemur di Bawah Dinar Matahari

Nah, cara memelihara burung hantu berbeda dengan burung lainnya dimana burung ini menghindari kontak langsung dengan matahari beda dengan burung lainnya yang perlu di jemu agar sehat.

1 Fashion murah

Dimana burung ini lebih aktif di malam hari dan siang harinya akan digunakan untuk beristirahat. Jadi, siang pastikan dia ada di dalam kandang.

3. Selalu Tenang dan Penuh Kasih Sayang

Sama seperti manusia bahwa binatang juga memiliki perasaan. Jika diperlukan tidak baik, mereka akan cepat stres dan akhirnya mati. Begitu juga burung hantu dan coba selalu tenang di sekitarnya dan mengelus kepala mereka sesekali.

4. Ajak Berkomunikasi

Selain memberikan kasih sayang kamu juga perlu mengajaknya berkomunikasi adalah kunci dan cara memelihara burung hantu yang tidak kalah penting. Hewan menganggap ini sebagai niatan baik untuk berteman.

Ajaklah burung hantu berbicara dengan nada yang lembut dan tidak tinggi. Maka dijamin burung hantu lebih aktif, bahagia, dan juga manja dengan pemiliknya.

5. Beri makan Tepat Waktu

Burung hantu adalah jenis burung karnivora atau pemakan daging. Mereka membutuhkan makanan sehat yang mampu memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuhnya..

Hindari menggunakan daging yang sudah di olah atau dikemas. Kamu bisa memberikanya tikus putih, burung emprit kecil atau ikan. Berikan mereka makanan 2 kali sehari dengan jumlah air yang setara dengan porsi makannya

1 Fashion murah

Nah, itulah beberapa langkah cara memelihara burung hantu jadi cukup berbeda dengan burung pada umumnya dan makanannya pun adalah daging-dagingan.

Tips Sukses Menjinakkan Burung Hantu

Selain cara memeliharanya ada beberapa tips bagaimana kamu bisa sukses merawat burung hantu dan ini tentunya merupakan pengalaman dari orang yang telah merawat burung hantu dan burungnya sehat serta bugar, begini caranya:

  • Untuk tips yang pertama kamu bisa menganggap burung hantu ini sebagai patner mulai dari perlakukan, pemeliharaan, agar burung tersebut memiliki kepercayaan kepada pemiliknya dan kamu bisa melihat burung hantu menjadi jinak.
  • Sebaiknya jangan pernah memasukkan burung hantu dewasa dalam sangkar meski terkesan kurang aktif burung ini cenderung stres dan makin sulit di jinakkan jika dipelihara di dalam sangkar
  • Lebih baik menggunakan tenggeran atau parching sebagai tempat nangkring sehari-hari agar proses menjinakkan burung hantu lebih mudah
  • Kamu bisa memberikan jangkrik langsung ke mulutnya agar hubungan kamu semakin dekat dengan burung hantu tersebut
  • Dan jangan pernah memberikan daging olahan lebih baik kamu memberikannya tikus kecil jangkrik atau ikan kecil
  • Jangan pernah menjemu burung hantu di tempat yang pasan dan juga memandikan burung hantu
  • Matikan lampu pada tengah malam dan biarkan burung hantu dalam ruangan karena burung hantu menjadi lebih leluasa melihat dalam keadaan gelap
  • Dan jika terjadi sesuatu jangan mudah panik tetap tenang karena burung hantu ini tidak suka kebisingan dan jika kamu panik biasanya burung hantu juga cepat panik dan itu membuat burung hantu mudah stres.
  • Menggunakan sarung tangan saat berada di dekat burung hantu yang namanya hewan belum jinak tetap harus berhati-hati karena cakarnya cukup tajam

Demikian penjelasan mengenai cara memelihara burung hantu berikut tips menjinakkannya semoga dapat bermanfaat!

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Memelihara Burung Hantu

Apakah boleh memelihara burung hantu?

Burung hantu termasuk hewan yang dilindungi dan sebetulnya tidak untuk dipelihara.

Apa yang ditakuti burung hantu?

Burung ini sangat takut dengan cahaya matahari dan siang hari selalu digunakan untuk istirahat dan tentunya malam hari mulai beraktifitas.

Kenapa burung hantu teriak?

Burung hantu akan mengeluarkan gongongan ketakutannya itu kapan saja ketika merasa terancam.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: