9 Cara Memperbaiki Speaker Mati Hanya dari Rumah [Mudah]

Ada beberapa cara memperbaiki speaker mati yang dapat dicoba di rumah apalagi kalau kerusakannya tergolong ringan. Untuk memperbaikinya, kamu harus mengenal tanda kerusakan serta penyebabnya.

Cara-cara berikut ini dapat digunakan untuk memperbaiki speaker bluetooth kamu yang mati total hingga tidak bisa terhubung ke perangkat lain.

Tanda Kerusakan Speaker Bluetooth dan Penyebabnya

Bila terjadi gangguan pada speaker, tentu pengalaman mendengarkan musik sedikit terganggu. Biasanya, alat ini dihubungkan ke beragam perangkat elektronik lain seperti handphone hingga laptop dengan bluetooth.

Inilah tanda-tanda speaker kamu mengalami kerusakan.

1. Suara yang Dihasilkan Berdengung

Kerusakan yang sering terjadi biasanya bunyi yang dihasilkan mulai berdengung. Hal itu bisa karena debu atau ada kerusakan di bagian komponen.

2. Mengeluarkan Bunyi Kresek-Kresek

Tanda kerusakan lainnya biasanya terdengar bunyi yang pecah hingga kresek-kresek. Kendala ini bisa disebabkan oleh kerusakan komponen bisa karena terbentur atau terjadi korsleting pada perangkat.

3. Tidak Terhubung pada Bluetooth

Speaker mati bisa juga disebabkan karena masalah konfigurasi. Setelah dinyalakan, speaker harus dihubungkan dengan bluetooth supaya bisa digunakan untuk mendengarkan musik.

4. Tidak Bisa Menyala

Jangan panik kalau speaker mati total, pada speaker bluetooth hal ini bisa disebabkan karena baterai yang habis. Akan tetapi, kalau sudah diisi daya masih tetap mati berarti speaker rusak.

5. Overheating

Masalah lainnya adalah terjadi overheating karena kabel di dalam korslet atau terlalu lama saat pengisian daya. Jika ini terjadi, kamu harus membongkar body speaker dan memperbaiki komponen di dalamnya.

6. Tidak Bisa Di charge

Penyebab speaker mati total lainnya karena tidak dapat di charge. Pastikan tidak terjadi masalah pada konektor, kabel charger, maupun adaptor charger.

Syarat Memperbaiki Speaker Mati Total

Bagi kamu yang mau coba memeriksa kerusakan pada speaker atau memperbaikinya pastikan sudah menyiapkan alat-alat berikut ini.

1. Obeng

Siapkan obeng kembang berukuran kecil atau besar tergantung jenis sekrup pada speaker. Nantinya, alat ini diperlukan untuk membongkar speaker.

2. Multimeter

Kamu juga perlu alat yang namanya multimeter untuk menganalisis arus listrik serta hambatan lainnya.

3. Kabel USB dan Adaptor

Diperlukan kabel USB untuk mengisi daya sekaligus memeriksa masalah baterai maupun konektor pada speaker.

4. Terminal Listrik

Jangan lupa siapkan terminal listrik guna memudahkan kalau mau mengisi daya pada speaker.

Cara Memperbaiki Speaker Mati Secara Manual

Jangan panik kalau speaker bluetooth kamu tiba-tiba tidak menyala. Kamu bisa coba cara memperbaiki speaker mati dengan langkah sederhana berikut ini.

1. Isi Daya Hingga 100%

Cara memperbaiki speaker bluetooth yang tidak bisa nyala salah satunya mencoba isi daya hingga full. Gunakan charge USB untuk mengisi daya, biasanya membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mengisi daya pada speaker bluetooth.

2. Ganti Kabel Charger

Speaker mati bisa karena tidak bisa di charge karena kabel USB rusak. Maka dari itu, coba ganti kabel USB untuk mengisi daya supaya speaker dapat digunakan lagi. Setelah mengganti kabel USB untuk charger, silakan isi daya hingga penuh.

3. Perbaiki Masalah Koneksi

Kalau speaker tidak menghasilkan bunyi bisa jadi karena belum terhubung dengan perangkat elektronik lain. Kamu harus menghubungkan speaker pada hp atau laptop menggunakan bluetooth.

Cara menghubungkannya pun sangat mudah pastikan speaker dan hp atau laptop berdekatan supaya terhubung. Kalau ada beberapa perangkat yang sama-sama menyalakan bluetooth biasanya akan mengganggu konektivitas.

4. Ganti Baterai

Bagi kamu yang sering menggunakan speaker bluetooth kemudian tiba-tiba mati total atau baterai cepat habis sebaiknya coba ganti baterai.

Baterai speaker baru mudah ditemukan di toko offline maupun online dan harganya murah. Harga baterai speaker bluetooth di toko online kisaran Rp 16.000- Rp 200.000 tergantung merek yang digunakan.

Cara Memperbaiki Speaker Mati Total Melalui Komponen Bagian Dalam

Speaker mati total yang disebabkan baterai cepat habis dan kerusakan mesin harus diperbaiki dengan membongkar komponennya. Berikut ini cara memperbaiki speaker mati mudah dan dijamin berhasil.

1. Bongkar Speaker Menggunakan Obeng

Langkah pertama, gunakan obeng untuk membuka komponen speaker. Membuka speaker dapat dilakukan melalui body belakang. Biasanya terdapat 8 sekrup yang harus dibuka.

Kalau body speaker sudah berhasil dibuka, langkah berikutnya bersihkan debu-debu di bagian komponen menggunakan kuas kecil. Ini bisa menyebabkan suara yang dihasilkan kresek-kresek bahkan berdengung.

2. Lakukan Pemeriksaan Komponen Elektronik

Pertama perhatikan baterai untuk menganalisis kerusakan karena kerusakan yang paling sering terjadi disebabkan mesin. Setelah dibongkar, coba hubungkan kabel charger ke konektor lalu gunakan multimeter untuk memeriksanya.

Ketika terjadi kerusakan mesin, saat diperiksa oleh multimeter arus listrik tidak mengalir dengan baik ke bagian baterai. Hal tersebut dapat disebabkan karena bagian kutub negatif yang rusak.

3. Lakukan Jumper

Cara berikutnya, kamu bisa melakukan jumper dengan cara solder kabel merah ke bagian kutub negatif. Biasanya dalam speaker bluetooth penempatan kabel selalu dibalik.

Kabel merah ditempatkan pada bagian negatif sedangkan kabel hitam pada bagian positif. Jumper ini teknik untuk menghubungkan kabel merah pada mesin dan bagian power supply.

4. Cek Tegangan

Setelah solder kabel merah pada kutub negatif dan bagian power supply coba tekan tombol power jika sudah menyala artinya berhasil.  Setelah itu, isi daya speaker dalam keadaan masih belum dirangkai ke mesin.

Tunggu pengisian daya antara 1-2 jam sampai terisi penuh. Sambil menunggu pengisian daya, coba cuci bagian casing agar lebih bersih kemudian keringkan. Kalau baterai sudah terisi, pasang kembali semua komponen dan coba aktifkan.

5. Tes Bluetooth

Setelah menekan tombol menyala, buka handphone lalu aktifkan bluetooth. Nantinya, bluetooth pada speaker akan menyala secara otomatis.

Coba putar salah satu musik untuk memeriksanya, kalau speaker sudah mengeluarkan bunyi artinya perbaikan berhasil.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Memperbaiki Speaker Mati

Apakah Speaker Mati Total Bisa Digunakan Lagi?

Bisa setelah diperbaiki, kamu harus memeriksa komponennya terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Memperbaiki Speaker Mati Total Karena Tombol On/Off Rusak?

Tombol power yang rusak bisa diperbaiki dengan mudah, kalau harus diganti dengan tombol baru kamu bisa mencarinya di toko online.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Memperbaiki Speaker?

Dibutuhkan waktu 30 menit – 1 jam tergantung jenis kerusakan yang terjadi.

Artikel Menarik Lainnya: