Cara Memulihkan Data Setelah Reset Pabrik OPPO Reno

Buat kamu yang baru reset HP Oppo Reno dan lupa melakukan backup pasti akan panik. Apalagi jika data dalam HP itu penting. Padahal sebenarnya cara memulihkan data setelah reset pabrik OPPO Reno itu mudah lho.

Kamu bisa gunakan data cadangan terakhir ataupun menggunakan software khusus yang bisa kamu manfaatkan. Di artikel ini Sudah saya jelaskan bagaimana cara memulihkan data setelah melakukan reset pabrik di OPPO Reno dengan mudah.

Cara Memulihkan Data Setelah Reset Pabrik OPPO Reno

Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan data setelah reset pabrik OPPO Reno, yaitu:

1. Menggunakan Cadangan Data OPPO

OPPO Reno menawarkan fitur cadangan data yang berguna yang dapat membantu kamu memulihkan data setelah reset pabrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka “Pengaturan” di perangkat OPPO Reno.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Cadangkan & Setel Ulang”.
  • Ketuk “Cadangkan & Pulihkan” dan pilih “Pulihkan Sekarang”.
  • Perangkat akan memulai proses memulihkan data dari cadangan terakhir yang dibuat.
  • Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, data yang ada dalam cadangan akan dikembalikan ke perangkat kamu .

Metode ini hanya efektif jika kamu telah membuat cadangan data sebelum melakukan reset pabrik. Jika kamu tidak pernah melakukan cadangan sebelumnya, jangan khawatir, masih ada metode lain yang dapat dicoba.

2. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika tidak memiliki cadangan data yang tersedia, kamu masih dapat memulihkan data setelah reset pabrik OPPO Reno menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga. Berikut adalah beberapa perangkat lunak pemulihan data yang terpercaya:

2.1. Dr.Fone – Data Recovery (Android)

Perangkat lunak ini sangat populer dan dapat membantu memulihkan berbagai jenis data yang hilang, termasuk foto, video, pesan teks, kontak, dan banyak lagi.

Ikuti langkah-langkah yang disediakan oleh perangkat lunak ini untuk memulihkan data dengan mudah.

2.2. EaseUS MobiSaver for Android

Perangkat lunak ini juga merupakan pilihan yang baik untuk memulihkan data setelah reset pabrik. Kamu dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak ini di komputer, lalu ikuti petunjuknya untuk memulihkan data yang hilang.

Pastikan kamu mengunduh perangkat lunak dari sumber yang terpercaya dan mengikuti instruksi dengan hati-hati.

Selalu disarankan untuk membuat salinan cadangan dari data yang ditemukan sebelum memulihkan data, untuk menghindari kehilangan lebih lanjut.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data di Play Store

Selain menggunakan perangkat lunak pemulihan data di komputer, kamu juga dapat mencoba aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan:

3.1. DiskDigger

Aplikasi ini memungkinkan kamu memulihkan foto dan video yang hilang setelah reset pabrik. Unduh dan pasang aplikasi DiskDigger dari Play Store, lalu ikuti panduan langkah demi langkah yang disediakan oleh aplikasi untuk memulihkan data.

3.2. MobiSaver

Aplikasi ini juga merupakan opsi yang bagus untuk memulihkan data setelah reset pabrik. Kamu dapat mengunduh dan menginstal MobiSaver dari Play Store, lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang.

4. Menggunakan Penyimpanan Cloud atau Layanan Sinkronisasi

Jika sudah mengaktifkan penyimpanan cloud atau layanan sinkronisasi di perangkat OPPO Reno kamu sebelum melakukan reset pabrik, ada kemungkinan bahwa data kamu telah diunggah atau disinkronkan dengan aman ke penyimpanan online.

Dalam hal ini, kamu dapat mengembalikan data dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi yang terkait dengan penyimpanan cloud atau layanan sinkronisasi yang kamu gunakan, seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.
  • Masuk ke akun kamu atau daftar jika belum memiliki akun.
  • Cari folder atau area yang sesuai dengan data yang hilang, seperti foto, kontak, atau file lainnya.
  • Telusuri folder tersebut dan cari data yang hilang.
  • Jika kamu menemukan data yang hilang, pilih dan unduh kembali ke perangkat OPPO Reno.

5. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau kamu menghadapi kesulitan dalam memulihkan data setelah reset pabrik OPPO Reno, kamu dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional.

Ada perusahaan yang khusus menyediakan layanan pemulihan data untuk perangkat Android. Namun, perlu diingat bahwa layanan semacam ini mungkin memerlukan biaya tambahan dan tidak selalu menjamin pemulihan data yang sukses.

Kamu dapat mencari perusahaan pemulihan data yang terpercaya dan menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proses pemulihan data mereka.

Menghindari Kehilangan Data di Masa Depan

Agar menghindari kehilangan data di masa mendatang, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

1. Rutinlah membuat cadangan data

Selalu pastikan kamu membuat salinan cadangan data penting kamu secara teratur. Kamu dapat menggunakan penyimpanan cloud, layanan sinkronisasi, atau perangkat keras eksternal untuk menyimpan cadangan data kamu.

2. Hati-hati saat melakukan reset pabrik

Sebelum melakukan reset pabrik pada perangkat OPPO Reno, pastikan kamu telah memindahkan semua data yang penting ke penyimpanan lain. Hal ini akan membantu menghindari kehilangan data yang tidak perlu.

3. Gunakan aplikasi pemulihan data yang andal

Sebelum kehilangan data, instal aplikasi pemulihan data yang dapat membantu kamu memulihkan data yang hilang dengan mudah. Pastikan kamu memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

4. Perbarui perangkat lunak secara teratur

Pastikan perangkat OPPO Reno kamu selalu diperbarui dengan versi terbaru perangkat lunak. Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan keamanan dan pemulihan yang dapat membantu melindungi data.

5. Simpan data penting di penyimpanan eksternal

Selain menyimpan data di perangkat, disarankan untuk menyimpan data penting kamu di penyimpanan eksternal seperti kartu SD atau hard disk eksternal. Ini akan memberikan lapisan tambahan perlindungan jika terjadi kehilangan data pada perangkat kamu.

6. Gunakan kata sandi atau kunci layar yang kuat

Untuk melindungi data dari akses yang tidak sah, pastikan kamu menggunakan kata sandi atau kunci layar yang kuat pada perangkat OPPO Reno kamu.

Hal ini akan membantu mencegah orang lain dari mengakses data kamu jika perangkat hilang atau dicuri.

Kesimpulan

Reset pabrik pada perangkat OPPO Reno dapat menyebabkan kehilangan data yang penting. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu dapat memulihkan data dengan sukses.

Mulai dari menggunakan cadangan data OPPO, perangkat lunak pemulihan data, aplikasi pemulihan data di Play Store, hingga menghubungi layanan pemulihan data profesional, ada banyak cara yang dapat kamu coba.

Selain itu, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kehilangan data di masa depan.

Buatlah cadangan data secara teratur, gunakan aplikasi pemulihan data yang andal, perbarui perangkat lunak dengan teratur, simpan data penting di penyimpanan eksternal, dan gunakan kata sandi atau kunci layar yang kuat.

Dengan kombinasi penggunaan metode pemulihan data dan praktik-praktik keamanan data yang baik, kamu dapat memastikan bahwa data kamu tetap aman dan tersedia kapan pun kamu membutuhkannya setelah reset pabrik OPPO Reno.

Artikel Menarik Lainnya: