Cara Menampilkan Speed Internet di Status Bar Android

Cara Menampilkan Speed Internet di Status Bar Android

Cara menampilkan Speed internet di status bar Android sering kali dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar kecepatan download maupun uploadnya. Dalam penggunaannya, HP Android memiliki beberapa fitur dan kondisi yang dapat diatur dengan mudah termasuk menampilkan kecepatan internet.

Kecepatan internet yang ditampilkan di status bar akan membantu kamu mendapatkan informasi secara langsung berkaitan dengan internet. Dengan status bar maka informasi internet yang bisa diperoleh bisa menunjukkan kecepatan internet secara real time.

Menampilkan Kecepatan Internet di Status Bar Android Menguntungkan

Seperti disebutkan di atas, kebutuhan orang untuk dapat menampilkan kecepatan internet di status bar pasti ada tujuannya. Adanya informasi kecepatan internet menjadikan kamu bisa menjaga penggunaan internet secara langsung karena jumlah yang digunakan dapat diawasi.

Agar kamu dapat mengetahui kecepatan internet dari HP Android, maka ada beberapa langkah yang bisa dijalani. Kamu bisa memanfaatkan cara mengecek kecepatan internet lewat Speed Test yang ada di internet. Kondisi pengecekan Speed Test tersebut lebih menyusahkan sehingga tidak banyak orang mau melakukannya,

Karena proses pengecekan dengan Speed Test lebih rumit, banyak yang tidak menggunakan cara tersebut. Kamu sebaiknya memanfaatkan cara lain untuk mengecek kecepatan internet langsung lewat status bar sehingga tahu kapan internet lambat dan cepat.

Cara Menampilkan Speed Internet di Status Bar Android dengan mudah dan Cepat

Seperti disebutkan di atas, menampilkan kecepatan internet lewat status bar lebih diminati. Prosesnya yang cepat dan hasil yang sesuai kebutuhan menjadikan cara menampilkan kecepatan internet tersebut perlu kamu pelajari bila nanti membutuhkannya.

1. Menampilkan kecepatan internet di status bar lewat pengaturan langsung

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk bisa menampilkan kecepatan internet di status bar internet adalah mengaturnya. Kamu bisa melakukan beberapa pengaturan yang tepat untuk memonitor secara real time kecepatan internetnya melalui cara di bawah ini.

  • Buka setting dan temukan menu notifikasi atau bar status
  • Klik tombol enable pada pilihan tampilan kecepatan koneksi
  • Status bar akan aktif memperlihatkan kecepatan internet

Dengan cara menampilkan speed internet di status bar Android tersebut maka secara langsung akan terlihat adanya kecepatan internet yang dihasilkan. Kamu dapat melihat kecepatan tersebut di bagian atas tepatnya samping jaringan data.

2. Menampilkan kecepatan internet di status bar dengan aplikasi

Cara kedua yang dapat kamu jalani untuk bisa menampilkan keterangan kecepatan internet di status bar adalah dengan memanfaatkan aplikasi. Ada beberapa aplikasi pilihan yang dapat kamu manfaatkan untuk bisa menampilkan kecepatan internet secara cepat dan stabil.

Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk membantu menampilkan kecepatan internet di status bar adalah dengan menggunakan Internet Speed Meter Lite. Pilihan aplikasi yang bisa ditemukan di Playstore ini dapat kamu unduh secara gratis. Langkah untuk menampilkan kecepatan data internet dengan Internet Speed Meter Lite dapat diperhatikan di bawah ini.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut dan pastikan sudah terpasang dengan benar dan tepat
  • Buka aplikasi untuk mengaktifkan Speed bar secara langsung dan kamu bisa mengatur beberapa kebutuhan di aplikasi
  • Speed internet akan dapat dilihat secara langsung  setelah aplikasi diinstall

Dengan cara menampilkan speed internet di status bar android, kamu dapat memanfaatkannya dengan lebih sudah lewat aplikasi. Adanya aplikasi pengaturan kecepatan internet tersebut akan terus berkembang memberikan layanan terbaik dan menguntungkan.

Tujuan Orang Menampilkan Kecepatan Internet di Status Bar

Seperti penjelasan mengenai cara dalam menampilkan Speed internet di atas, setiap orang tentu punya tujuan mengapa hal tersebut dijalankan. Berikut ini beberapa tujuan orang dalam menampilkan kecepatan internet di status bar, seperti :

  • Melihat kecepatan secara real time untuk mengetahui kondisi tercepat dan paling lambar saat menggunakan internet
  • Menguji kecepatan internet untuk membandingkan layanan penyedianya mana yang lebih cepat satu dengan lainnya
  • Melakukan penghematan data internet agar tidak borong

Dengan cara menampilkan speed internet yang tepat tersebut, tujuan setiap orang pasti bisa tercapai. Kamu dapat memilih cara menampilkan Speed internet di status bar Android secara mudah lewat dua langkah yang disebutkan di atas.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: