Cara Menanam Bunga Anggrek dan Merawatnya dengan Baik

Cara menanam bunga anggrek itu mudah-mudah sulit karena kamu memerlukan ketelitian dalam merawatnya. Namun, meskipun begitu kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana cara menanam dan merawatnya.

Agar bunga anggrek dapat tumbuh dengan cantik kamu tentunya perlu mengetahui beberapa tips mudah yang akan kami sampaikan pada artikel ini. di simak ya!

Cara Menanam Bunga Anggrek

Nah, perlu kamu ketahui ada beberapa tahapan menanam bunga anggrek agar bunga tersebut tumbuh cantik dan berikut beberapa tahapan yang perlu kamu lalui, diantaranya adalah:

1. Menyiapkan Bibit Bunga Dahulu

Nah, untuk cara pertama dalam menanam bunga anggrek tentunya kamu perlu mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. Dan pembibita ini ada dua cara pertama pembibitan vegetatif dan generatif.

Dimana pembibitan vegeratif ini kamu perlu menyiapkan pot untuk tempat bibitnya kamu bisa melakukan pemecahan dan pemisahan dari induk yang sudah muncul semacam tunas dan akarnya cukup banyak.

Dan jika menggunakan pembibitan generatif kamu perlu melakukan penyemaian biji anggrek tersebut. Lalu jangan lupa sesuaikan kondisi lingkungan dari sisi suhu dan kelembapannya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Jika semua bibit sudah siap cara menanam bunga anggrek selanjutnya adalah kamu menyiapkan media tanam supaya anggrek tumbuh maksimal.

Yaitu campuran tanah, pupuk kandang fermentasi, serabut kelapa, kulit kelapa kering, arang dan pecahan batu bata merah.

Kamu bisa menyusunnya mulai dari pecahan batu bata di bagian paling bawah, lalu kulit kelapa, serabut kelapa, dan terakhir adalah tanah yang sudah dicampur pupuk kandang di paling atas.

3. Penanaman dan pemindahan Bibit

Pemindahan ini akan kamu lakukan saat anggrek sudah berumur tiga bulan. Karena saat sudah mencapai tiga bulan tanaman anggrek telah mempunyai akar kuat dan lebat dan akan membuat anggrek bergerak menyerap air dengan lebih maksimal.

4. Cara Menyiram

Selanjutnya mengetahui cara menanam bunga anggrek kamu juga perlu mengetahui cara menyiramnya. Kamu jangan menyiram air ke arah bunga karena akan membuat sulit mekar dan merusak kuncup bunga.

Jika terasa terlalu kering dan anggrek butuh penyiraman secara langsung dan gunakan penyemprot spray kamu bisa siram di bagian daun, batang sampai bunga.

Nah, itulah cara menanam bunga anggrek yang bisa kamu ikuti dan kamu pastikan tahapanya tidak terlewat agar menghasilakn bunga anggrek yang indah. Mari kita bahas bagaimana cara merawat bunga anggrek agar tumbuh sehat.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Setelah mengetahui cara menanam bunga anggrek selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya, dan berikut beberapa tips cara merawat bunga anggrek agar tumbuh sehat da indah, diantaranya adalah:

1. Ciptakan Suhu yang Tetap untuk Anggrek

Nah, pertama cara merawat anggrek yaitu kamu perlu memastikan suhunya jika berada di daerah tropis berarti udara yang baik cahaya yang banyak dan 12 jam siang berkisar di antara 18,3 hingga 23.8 derajat celcius.

Dan pastikan bahwa perbedaan suhu sebesar 6,66 derajat antara siang dan malam hal ini harus dilakukan segera setelah kamu mulai menanam.

2. Pastikan Anggrek Memperoleh Cukup Sinar Matahari

Banyak jenis anggrek yang menyukai sinar matahari tidak langsung karena sinar matahari dapat menyebabkan mereka terbakar namun jika tidak cukup sinar menyebabkan anggrek tidak berbunga.

Jika warna daun berwarna hijau dan sehat itu berarti cukup sinar matahari. Tapi jika sudah hijau tua berarti anggrek kekurangan sinar matahari.

3. Siram anggrek sekitar setiap 5 hingga 12 hari

Dengan menyiram banyak air kamu akan membunuh anggrek jadi kamu harus melakukan penyiraman secara jarang selama musim kemarau cuaca yang lebih panas mungkin membuat anggrek kamu membutuhkan air lebih sering.

4. Rawat Anggrek denga Rajin

Anggrek memerlukan perhatian yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman atau jenis bunga lainnya. semakin tebal daun anggrek kamu kemungkinan anggrek memerlukan lebih banyak air.

Namun jika tanaman kamu memiliki gelembung lebar, lebih sedikit air lebih baik. anggrek bisa mengatasi kekurangan air tapi tidak sengan kelebihan air.

5. Berikan Pupuk Secukupnnya

Selanjutnya selain cara menanam bunga anggrek kamu juga perlu merawatnya dengan memperhatikan pupuknya. Berikan pupuk sebulan sekali dan jangan terlalu banyak.

6. Jaga Lingkungan Tetap Lembab

Pastikan kelembaban ruangan memiliki kelembabab sekitar 60% hingga 80% setiap waktu.

7. Pahami Setiap Anggrek Berbeda

Setiap jenis anggrek memiliki kebutuhan dan perawatan yang berbeda sehingga kamu perlu memahaminya terlebih dahulu sehingga memilah dan memilih tanaman anggrek.

FAQ| Pertanyaan Seputar Cara Menanam Bunga Anggrek

Bagaimana agar anggrek cepat berbunga?

Sediakan media yang cocok, tempatkan di area ideal, potong bagian yang layu, berikan ruang dan rawat secara teratur.

Apa pupuk anggrek alami yang bagus?

Kamu bisa menggunakan pupuk alami yaitu seperti cangkang telur, air rebusan kentang. Air bekas cucian beras, garam epsom,molase, dan juga susu sapi.

Artikel Menarik Lainnya: