4 Cara Menarik Kesimpulan Penelitian yang Baik dan Benar

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara menarik kesimpulan ini bisa menjadi hal yang sulit jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara menarik kesimpulan penelitian secara benar. Karena kesimpulan harus terdiri dari paragraf yang jelas dan meringkas serta epektif.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui caranya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena akan dijelaskan secara lengkap bagaimana caranya dan kita pahami apa itu kesimpulan serta ciri-cirinya. Simak sampai akhir ya!

Tujuan Kesimpulan

Nah, sebelum membahas bagaimana cara menarik kesimpulan penelitian kamu bisa simak dulu kesimpulan itu apa dan ternyata kesimpulan ini ada jenisnya untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Jadi, kesimpulan adalah tulisan yang terdapat pada akhir sebuah makalah penelitian, esai, atau artikel yang merangkum keseluruhan karya tulis tersebut.

Dan paragraf kesimpulan ini meringkas ide-ide pendukung utama yang didiskusikan, dan menawarkan kesan akhir kamu pada ide sentral. Kesimpulan juga harus mengandung moral cerita atau pengungkapan kebenaran yang lebih dalam.

Dan kesimpulan ini memiliki tujuan yaitu untuk menutup tulisan dan memperkuat gagasan utama yang disajikan di badan mas alah. Struktur kesimpulan adalah salah satu elemen kunci dari penulisan akademik.

Misalnya esai pribadi atau esai argumentatif. Kesimpulan mengikat pernyataan tesis awal yang disajikan bersama dengan poin pendukung dan kesan akhir yang memberikan penutupan pembaca.

Dan kesimpulan yang ditulis dengan baik dapat secara jelas menyampaikan pesan yang sedang coba dibangun oleh penulis. Kesimpulan yang kuat juga dapat memberi pembaca perspektif yang berbeda atau memberi wawasan baru tentang ide lama.

Jenis-Jenis Kesimpulan

Dan kesimpulan ini memiliki jenis-jenisnya dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kesimpulan yang meringkas

Jenis kesimpulan yang meringkas biasanya digunakan untuk memberikan ringkasan yang jelas tentang poin-poin utama topik dan tesis kamu. Jenis ini dianggap sebagai bentuk kesimpulan yang paling umum.

2. Kesimpulan Eksternalisasi

Kesimpulan ini menyajikan poin atau ide yang mungkin tidak dinyatakan secara langsung atau relevan dengan cara kamu mempresentasikan penelitian dan tesis.

Namun, jenis kesimpulan ini bisa epektif karena menyajikan ide-ide baru yang dibangun dari topik yang awalnya kamu sajikan dalam penelitian.

3. Kesimpulan Editorial

Dalam jenis kesimpulan editorial kamu menyajikan ide atau komentar penutup kamu sendiri. jenis kesimpulan ini menghubungkan pemikiran kamu dengan penelitian yang kamu sajikan. Kamu bisa saja menyatakan perasaan kamu tentang hasil atau topik secara umum.

Cara Menarik Kesimpulan Penelitian

Nah, setelah kamu memahami apa itu kesimpulan dan juga jenis-jenis kesimpulan itu sendiri mari selanjutnya kita bahas bagaimana cara menarik kesimpulan penelitian dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nyatakan Kembali Topik Penelitian

Cara menarik kesimpulan penelitian yang pertama yaitu kamu bisa menyatakan kembali topik penelitian kamu. Biasanya, satu kalimat cukup untuk menyatakan kembali topik dengan jelas, dan jelaskan pula mengapa topik ini penting.

Dan bagian dari kesimpulan ini harus jelas dan ringkas dan hanya menyatakan informasi yang paling penting saja.

2. Nyatakan Kembali Tesis

Cara menarik kesimpulan penelitian yang selanjutnya adalah nyatakan kembali tesis makalah penelitian kamu. Kamu dapat melakukannya dengan merevisi tesis asli yang dipresentasikan di bagian pendahuluan makalah.

Dan pernyataan tesis dalam kesimpulan harus diucapkan berbeda dari apa yang kamu tulis dalam pengantar dan unsur ini juga dapat ditulis secara efektif dalam satu kalimat.

3. Rangkum Poin-Poin Utama Penelitian

Cara selanjutnya yang efektif yaitu adalah dengan meringkas poin-poin utama dari makalah penelitian. Sangat membantu untuk membaca makalah kamu untuk kedua kalinya.

Dan hal ini bertujuan guna memilih hanya fakta dan argumen yang paling relevan. Kamu tidak perlu memasukkan terlalu banyak informasi selain argumen atau fakta utama yang kamu sajikan dalam makalah.

Tujuan meringkas poin-poin penting adalah untuk mengingatkan pembaca akan pentingnya topik penelitian.

4. Hubungkan Signifikan atau Hasil dari Poin-poin Utama

Setelah mendiskusikan poin-poin utama dari argumen, selanjutnya kamu dapat mempresentasikan pentingnya poin-poin tersebut sebagai cara membuat kesimpulan lebih lanjut.

Dan misalnya, setelah menyatakan poin utama yang kamu buat dalam argumen kamu dapat mendiskusikan bagaimana dampak topik tersebut mempengaruhi hasil tertentu.

Demikian pula, kamu dapat mempresentasikan hasil studi atau temuan lain yang dapat membantu menambah penekanan pada cara kamu menyajikan pentingnya informasi kamu.

5. Simpulkan pemikiran

Saat menyelesaikan pembuatan kesimpulan, kamu dapat membuat apakah untuk bertindak atau mengajukan ide yang membuat pembaca berpikir lebih jauh tentang argumen kamu.

Kamu juga dapat menggunakan contoh di bawah ini untuk menjawab pertanyaan apa pun yang tidak terjawab di paragraf isi makalah.

“ jika kita tidak dapat memerangi efek buruk pertanian komersial terhadap air bersih kita, ekosistem air tawar dan persediaan air minum kita pasti akan berkurang. Di perlukan lebih banyak penelitian dan inovasi untuk menjaga air berisi kita sambil tetap mendukung kebutuhan pertanian ekonomi”

Ciri-Ciri Kesimpulan yang Baik dan Benar

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara menarik kesimpulan penelitian selanjutnya mari kita simak apa saja ciri-ciri kesimpulan yang baik dan benar, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Ciri yang pertama yaitu kesimpulan harus sederhana, singkat dan jelas didalamnya merangkum beberapa gagasan atau pernyataan yang telah lebih dulu dipaparkan di bagian isi
  • Selanjutnya ciri kesimpulan yang benar memiliki informasi atau pesan yang ingin disampaikan agar dapat menambah pengetahuan orang yang menikmatinya
  • Memberikan ringkasan yang isinya sama dengan apa yang telah dijelaskan, tetapi menggunakan bahasa sendiri yang telah dikembangkan walaupun ringkas jangan ada bagian yang tidak tercantum
  • Selanjutnya ciri kesimpulan yang baik yaitu dimulai dari hal yang khusus menjadi hal yang umum
  • Menggunakan kosa kata baku karena umumnya akan memunculkan kontekstual yang mungkin tidak terdapat dalam kesimpulan tersebut
  • Selanjutnya kesimpulan dapat ditemukan pada akhir kalimat namun biasanya akan berhubungan dengan kalimat utama pada satu paragraf. Untuk menentukan inti, maka gabungan kalimat utama dengan kalimat akhir membentuk suatu kesimpulan
  • Kemudian dapat berupa hubungan sebab akibat atau akibat sebab dan tentunya seseorang tidak akan kesulitan menemukan inti permasalahan yang dibahas
  • Dan yang terakhir ciri-ciri dari kesimpulan yang baik dan benar yaitu harus dibangun berdasarkan ide pokok yang ada pada setiap paragraf, selain itu kata kunci dalam kalimat penjelas dan mencakup seluruh bagian menjadi satu.
  • Penulisa juga bisa menggunkana tehnik parafarse atau menggunakan kalimat sendiri asalkan maknanya tidak berubah

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara menarik kesimpulan penelitian yang bisa kamu lakukan bahwa ada 5 langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa menarik kesimpulan penelitian secara baik dan benar.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dan tentunya bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. Terimakasih!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: